WHAT'S NEW?
Loading...

Apakah Sebaiknya Saya Pakai Kartu BPJS ?| Bloggout

Medianers ~ Kemarin saya pulang kampung menemui sanak keluarga. Di kampung, saya ditanya oleh salah seorang keponakan tentang penting atau tidaknya menggunakan kartu BPJS.

"Mak Uncu apakah sebaiknya aku pakai kartu BPJS," tanyanya. Saya jawab, "iya. Sebaiknya engkau mengurus kartu BPJS, agar waktu sakit nanti engkau nir repot memikirkan porto berobat."

Lalu ia tanggapi, "istilah teman aku kalau pakai kartu BPJS itu susah berobat di Rumah Sakit, pelayanan yg diberikan tidak memuaskan, petugasnya lebih mengutamakan pasien yg poly uang, benar itu Uncu," tanyanya lagi.

"Ah, temanmu tidak sahih, mungkin beliau pernah punya pengalaman buruk kali," ulas Saya.

Saya pun mengungkapkan, tentang program BPJS Kesehatan, tujuan pemerintah mengeluarkan acara tadi, buat menjamin rakyatnya bisa berobat & menggunakan fasilitas kesehatan yang terdapat diseluruh indonesia. Maka seluruh masyarakat indonesia diseragamkan menggunakan iuran pertanggungan BPJS, baik PNS,Tentara Nasional Indonesia/Polisi Republik Indonesia, karyawan Swasta, & rakyat umum.

Dahulu rakyat yg tidak bisa dapat bantuan menurut pemerintah, seperti kartu Jamkesmas, Jamkesda dan Jamkesko.

Kadang pendistribusian kartu tersebut nir tepat guna, ada yang nir pantas diberikan, ternyata dia dapat, sedangkan yang patut menggunakan nir bisa.

Pun demikian, ada orang yg secara kriteria nir memenuhi syarat diberikan kartu Jamkesmas, tapi sekali sakit, harta yang beliau miliki habis buat berobat.

Jadi pemerintah melalui program BPJS mengakomodasi keluhan itu, menyeragamkan acara asuransi buat rakyat.

Masyarakat yang pernah dapat kartu Jamkesmas secara otomatis akan bisa kartu BPJS Kesehatan, dikenal dengan BPJS sosial.

Sedangkan rakyat menengah ke bawah, & menengah keatas juga dianjurkan memakai kartu BPJS mandiri, dengan membayar asuransi tiap bulan. Besaran asuransi perbulan tergantung kelas rawatan.

Keponakan saya tanya lagi, "apakah banyak pengguna kartu BPJS itu Ncu."

Saya bilang, "hampir 90 % pasien yg berobat ke rumah sakit loka uncu bekerja adalah pengguna kartu BPJS."

Saya masukkan, "Uncu langsung tidak pernah membedakan pelayanan antara pasien BPJS menggunakan pasien umum yg banyak uang, semuanya sama, tanpa kecuali."

Akhirnya, keponakan aku angguk-angguk kepala, dan berencana akan melengkapi kondisi pengurusan kartu BPJS mandiri. (AW)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini