WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah 13 Penyebab Tekanan Darah Tinggi Dan Cara Mengatasinya

Info Terkini |Penyebab Tekanan Darah Tinggi & Cara Mengatasinya - Kondisi tubuh kadang mengalami penurunan. Ada kalanya kita mengalami sakit kepala atau rasa berat di tengkuk, mumet (vertigo), jantung berdebar-debar, praktis Ielah, penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), atau mimisan. Sewajarnya kita perlu memeriksakan kondisi tubuh kita. Karena mampu saja gejala-gejala di atas merupakan gejala hipertensi / tekanan darah yang tinggi. Jika memang benar, ada baiknya kita mengetahui penyebab-penyebab tekanan darah kita mampu tinggi dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan begitu, kita mampu menjaga kesehatan tubuh kita.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi & Cara Mengatasinya

Faktor-faktor penyebab tekanan darah tinggi

Beberapa faktor penyebab tekanan darah tinggi di bawah ini perlu kita ketahui. Dengan begitu, kita mampu mengetahui penyebabnya dan mampu mengatasinya dengan tepat.

1. Keturunan

Kita perlu mencari tahu, apakah di dalam keluarga kita ada yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau tidak. Faktor keturunan memang tidak mampu dihindari, namun bukan berarti kita tidak mampu mengatasinya.

Dua. Usia

Semakin bertambah usia kita, maka kita akan semakin rentan terhadap serangan tekanan darah tinggi. Namun kita tetap mampu mengendalikan biar jangan melewati batas atas yang normal. Pada perempuan, mereka akan lebih berpotensi mengalami tekanan darah tinggi di usia 64 tahun ke atas.

Tiga. Garam

Garam bersifat menahan air. Terlalu sering mengkonsumsi masakan yang memiliki kandungan garam yang tinggi, mampu menyebabkan tekanan darah kita lebih praktis naik. Oleh karena itu, perhatikan nutrisi-nutrisi yang terkandung pada masakan yang kita konsumsi. Garam mampu meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

4. Kolesterol

Pada perkara ini, kolesterol akan tertimbun pada dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh kandungan lemak yang berlebih dalam darah.Hal ini mampu membuat pembuluh darah menyempit dan alhasil tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin dengan menghindari hiperbola mengkonsumsi masakan yang mengandung banyak lemak. Aturlah referensi makan yang sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan secara teratur.

5. Obesitas atau Kegemukan

Tekanan darah tinggi juga mampu diakibatkan oleh obesitas. Jika kita memiliki berat tubuh 30 persen lebih berat dari berat tubuh ideal, kemungkinan besar kita akan mengalami serangan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, rutinlah memeriksakan berat tubuh kita untuk mengontrol naik turunnya berat badan. Jika berat tubuh kita berlebih, lakukan diet secara sehat.

6. Stres

Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga mampu memicu tekanan darah tinggi. Situasi stres akan melepaskan hormon stres yang akan menyempitkan pembuluh darah dan mempercepat detak jantung, sehingga tekanan darah akan meningkat. Namun kondisi tekanan darah yang meningkat jawaban  stres ini akan normal kembali dikala stres sudah menghilang. Jadi, stres akan meningkatkan tekanan darah tinggi hanya pada dikala itu, atau hanya terjadi sementara. Dapat disimpulkan, stres yang berkepanjangan juga mampu menyebabkan masalah tekanan darah tinggi yang berkepanjangan pula.

7. Rokok

Merokok juga mampu meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok mampu meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan dikala memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

8. Kafein

Kafein mampu menyebabkan peningkatan tekanan darah, walaupun hanya bersifat sementara, adalah dikala di tubuh kita mengandung kafein dari minuman-minuman yang kita konsumsi. Diduga, kafein mampu memblok hormon yang berperan menjaga biar arteri tetap melebar. Atau kafein mampu menyebabkan kelenjar adrenal untuk memproduksi lebih banyak adrenalin, yang mampu menyebabkan tekanan darah naik. Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman cola mampu menyebabkan peningkatan tekanan darah.

9. Alkohol

Alkohol (etanol) dalam jumlah besar terbukti mampu meningkatkan tekanan darah. Kenaikan tekanan darah ini disebabkan alkohol dalam darah mampu merangsang pelepasan hormon epinefrin (adrenalin) yang membuat pembuluh darah menyempit dan juga menyebabkan penumpukan natrium dalam darah.

10. Kurang Olahraga

Tekanan darah tinggi mampu diatasi dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolah raga, kita mampu memaksimalkan tubuh yang jarang bergerak, sehingga tekanan darah dalam tubuh mampu kembali normal. Namun, kita perlu waspada untuk tidak melakukan olahraga berat jika kita menderita tekanan darah tinggi. Cobalah untuk berolahraga ringan mirip jogging, senam, dan olahraga favorit lainnya.

Cara / Tips Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jika kita memang sudah menderita hipertensi, kita perlu merubah beberapa surat keterangan hidup kita yg kurang baik, diantaranya :

a. Mengontrol Pola Makan

Hindari konsumsi garam berlebih. Takaran yang pas merupakan saru sdt setiap harinya. Selain itu, kurangi jua porsi kuliner yg menandun banyak lemak. Cobalah buat mengkonsumsi lemak hanya 30% menurut jumlah kalori yang kita butuhkan per harinya.

B. Tingkatkan Konsumsi Potasium & Magnesium

Kurangnya konsumsi kuliner yg mengandung potasium dan magnesium adalah keliru satu penyebab hipertensi. Maka menurut itu, perbanyak konsumsi butir dan sayuran yg memiliki poly kandung potasium atau magnesiumnya.

C. Tingkatkan Aktivitas

Cobalah buat melakukan lebih poly acara ringan Anda. Atau bila perlu lakukan olah raga ringan setiap harinya sekitar 30-45 mnt. Rutinitas ini bisa menurunkan hipertensi.

D. Mengukur Tensi

Rutinkan diri kita buat mengukur tensi darah, dengan begitu kita akan mengetahui perkembangan kesehatan tubuh kita, sehingga kita bisa melakukan pencegahan dini izin nir mengalami hipertensi.

E. Mencegah Komplikasi

Setelah kita didiagnosa mengidap hipertensi, kita dianjurkan buat melakukan inspeksi organ utama, terutama pembuluh darah, jantung, otak, mata, & ginjal, buat menetahui adanya komplikasi jawaban hipertensi.

Mengatasi Hipertensi dengan Ramuan Herbal

1. Bawang Putih

Ambil dua biji bawang putih lalu kupas kulitnya. Kunyahlah bawang putih tadi sampai halus, lalu minum air putih hangat satu cangkir. Lakukanlah pengobatan ini 3 kali sehari.

Dua. Mengkudu

Ambil 2 butir mengkudu yang telah matang. Cuci & parut, kemudian saring airnya buat diminum sebanyak 2 - tiga kali setiap hari.

3. Bunga & Daun Jeruk Nipis

Ambil 20 bunga jeruk nipis dan 30 helai daun jeruk nipis. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas. Kemudian gunakan ramuan tadi buat 3 kali minum dalam sehari. Campurkan menggunakan madu murni biar cita rasanya sedikit lebih enak.

Baca jua :

10 Cara Ampuh dan Sehat Menambah Berat Badan secara Alami

11 Macam Makanan yang Baik & Efektif buat Menurunkan Berat Badan secara Sehat dan Alami

10 Cara Ampuh & Praktis Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari

Demikian itulah pembahasan artikel Penyebab Tekanan Darah Tinggi & Cara Mengatasinyakali ini. Semoga ulasan yang sederhana ini mengatakan manfaat untuk mengatasi gangguan hipertensi pada tubuh. Sampai jumpa ^_^

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini