WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah 14 Cara Alami Dan Cepat Menyembuhkan Gondongan

Info Terkini | 14 Cara Alami & Cepat Menyembuhkan Gondongan - Gondongan yakni penyakit pembengkakan pada kelenjar air liur yang berada di sisi wajah dan bagian bawah telinga, mengakibatkan muka akan membesar dan tampak mirip hamster. Umumnya, penyakit ini menyarang belum remaja yang belum melakukan vaksin MMR (mumps, measle, rubella), namun tidak menutup kemungkinan orang remaja juga mengalaminya.

 Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Gondongan Inilah 14 Cara Alami Dan Cepat Menyembuhkan Gondongan

Penyebab Penyakit Gondongan

Seperti flu, penyakit pembengkakan kelenjar ar liur ini juga terjadi selesai serangan virus adalah paramyxovirus. Media penyebaran bisa beraneka ragam, mulai menurut alat-alat makan, gagang pintu, bahkan cukup lewat udara. Barang-barang yg telah tercemar virus paramyxovirus akan sanggup menggunakan mudah membuatkan virus pada pemakainya.

Virus penyebab penyakit gondongan sanggup ditangkal dengan vaksin MMR yang diberikan dalam bayi berusia lima-18 bulan dan memiliki jarak enam bulan dari ketika derma imunisasi campak. Tetapi, meski tanpa memakai vaksin ini, seseorang hanya akan terserang gondongan sekali seumur hidupnya.

Gejala penyakit gondongan

Beberapa gejala yang akan dirasakan penderita gondongan yakni pegal-pegal, kelelahan, demam, pusing berat, dan hilangnya nafsu makan. Demam tinggi yang terjadi pada penderita gondongan akan meningkat hingga mencapai 39,44 derajat celcius. Selain itu, hal yang paling menonjol dari penyakit ini yakni munculnya pembengkakan pada kelenjar air liur secara bertahap dan meninbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Pembengkakan ini terjadi di area sekitar rahang bawah, terkadang hanya satu sisi ataupun kedua sisi wajah.

Gejala lain penyakit ini yakni bibir yang mengering. Disebabkan oleh pembengkakan kelenjar air liur, maka ekspresi jua akan mengalami gangguan, keliru satunya terasa kemarau. Penderita akan merasa kesulitan menelan masakan juga minuman lantaran tiap kali melakukan hal demikian, cita rasanya akan nyeri. Beberapa penderita pula dilaporkan mengalami gangguan pada perut karena penyakit ini.

Walaupun terkesan minim bahaya, namun gondongan dapat mengakibatkan efek yang lebih parah dari hanya sekadar pembengkakan di bawah rahang. Pada beberapa kasus tertentu, gondongan dapat mengakibatkan kerusakan syaraf, hilang pendengaran, radang penkreas, bahkan kematian. Penyakit ini akan lebih berbahaya bila diderita oleh ibu yang sedang mengandung dengan usia janin yang memasuki 12-16 minggu.

Obat penyakit gondongan sendiri belum ada secara niscaya, namun dokter umumnya memberitahuakn ibuprofen ataupun paracetamol buat meredakan pusing & demam.

14 Cara Alami & Cepat Menyembuhkan Gondongan

Selain mengonsumsi obat pereda sakit, ada beberapa cara mengobati penyakit gondongan secara alami, yaitu:

1. Perbanyak minum air putih

Menjaga asupan cairan badan menggunakan mengonsumsi air putih yakni pilihan bijak, terutama jikalau penderita sedang dalam syarat demam tinggi. Air putih bermanfaat buat menjaga suhu badan biar tidak panas secara ekstrem.

Selama menderita gondongan, tidak disarankan meminum juz butir karena hal ini akan merangsang kelenjar parotid buat menghasilkan air liur lebih poly sehingga justru memperparah rasa sakit.

Dua. Mengompres bagian bisul menggunakan air hangat

Tindakan ini bisa dilakukan buat mengurangi pembengkakan sekaligus membuat sel-sel lebih relaks. Syaraf cenderung akan menangkap stimulan panas daripada rasa sakit, sebagai akibatnya ketika mengompres bagian yang sakit, maka rasa sakit akan berkurang.

3. Beristirahat dengan relatif

Istirahat menggunakan berbaring yakni istirahat terbaik. Apabila bosan, Anda bisa mengatasinya menggunakan membaca kitab , menonton televisi, mendengarkan musik, atau program ringan lainnya. Hindari melakukan acara berat karena akan membuat badan lebih lelah dan proses penyembuhan membutuhkan waktu lebih lama .

4. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Asupan nutrisi yg baik & berimbang akan membuat proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Salah satu asupan nutrisi yang baik yakni madu & sari kurma. Madu dianggap selama berabad-abad bisa mengobati batuk dan penyakit tenggorokan, pada bidang medis sendiri madu terbukti dapat mengurangi bisul dan mengobati luka.

5. Mengolesi bagian bisul menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun mirip menggunakan minyak alami yang diproduksi sang kulit, sehingga mudah diserap menggunakan baik ke dalam kulit. Minyak zaitun biasanya tidak mengakibatkan alergi. Zat antioksidan dan antiinflamasi yg terdapat pada minyak zaitun diduga mampu membuat kulit sebagai halus. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun pula sanggup memberi Anda manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan terselesaikan gondongan.

6. Mengonsumsi habbatussauda (jinten hitam)

Jinten hitam, baik yg berupa minyal ataupun minyak yang dimasukkan kapsul, mengandung antibakteri dan sanggup menaikkan sistem kekebalan tubuh, cocok buat melawan virus penyebab gondongan.

7. Hindari berinteraksi intens menggunakan orang sehat

Percikan air seni maupun air ludah penderita gondongan kemungkinan besar mengandung virus yg bisa menularkan ke orang lain yang bukan penderita.

8. Mengonsumsi masakan lunak

Gondongan mengakibatkan rahang bawah terasa nyeri sehingga penderita akan kesulitan membuka mulut, sakit pada mengunyah & menelan makanan. Namun, penderita harus permanen mengonsumsi asupan masakan biar cepat pulih. Sebagai jalan tengah, mengonsumsi masakan lunak yakni pilihan sempurna izin rahang tidak berkecimpung terlalu aktif & nyeri nir terasa parah.

9. Mengobati gondongan menggunakan jahe

Rimpang jahe terkenal sebagai obat herbal yg memberitahuakn sensasi hangat dan menenangkan bagi tubuh. Selain bisa dikonsumsi secara pribadi, pengunaan irisan rimpang jahe dalam bagian yg bisul bisa mengurangi rasa nyeri yg disebabkan penyakit ini.

10. Mengobati gondongan dengan biji klabet

Masker alami menurut biji klabet dan biji asparagus yang ditumbuk halus hingga menciptakan pasta sanggup dipakai sebagai alternatif olesan di daerah yang bengkak. Pakai tipis-tipis dalam bagian atas kulit yg membengkak.

11. Mengobati gondongan dengan blau

Blau cuci yakni semacam zat padat berwarna biru bau tanah yg dicampurkan ke air buat membilas cucian. Blau pada dasarnya akan memberi warna biru, namun pada sandang putih, warna biru pucat justru akan memberi efek ?Cerah? Dalam baju. Blau yang ada di pasaran diproduksi pada 2 bentuk: padat & serbuk. Bahan pembuatannya terdiri menurut 3 unsur ialah biang blau, tepung soda (sodium citrate) & tepung sagu (aci).

Secara medis, penyembuhan gondongan memakai blau belum ditemukan benang merahnya. Namun, bahan ini sebagai andalan turun temurun dalam zaman dulu & dianggap untuk mengobati penyakit gondongan. Caranya menggunakan mencampur blau menggunakan sedikit air lalu mengolesinya pada bagian yg bengkak.

12. Mengobati gondongan menggunakan kunyit

Campuran kunyit dan abu margosa sebagai pasta juga dianggap dapat meringankan pembengkakan. Oleskan secara merata pada bagian yg membengkak, tunggu sampai mengering. Lakukan treatment ini 2 kali merupakan pagi hari sesudah mandi dan malam hari sebelum tidur.

13. Makan kuliner berprotein

Makanan mengandung protein dikenal luas sebagai asupan terbaik buat memulihkan kondisi badan yang drop. Protein akan bekerja cepat menjadi membarui sel-sel yang rusak/mati terselesaikan penyakit yg menyerang. Protein pula digdaya mempercepat proses penyembuhan poly sekali macam penyakit. Protein sendiri yakni zat yg sanggup memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga mengonsumsi olahan protein mirip tempe, memahami, ayam, daging, ikan, juga telur sangat direkomendasikan.

14. Mengobati gondongan menggunakan daun blimbing wuluh

Daun blimbing wuluh yg praktis ditemui dapat menjadi alternatif buat menyembuhkan gondongan. Ambillah beberapa helai daun, lalu tumbuk menggunakan satu siung bawang putih. Pasta kental ini juga bisa digunakan buat olesan gondongan.

:

Cara Mengatasi Insomnia menggunakan Praktis dan Cepat

Cara Mengatasi Kram Praktis & Alami

Sebenarnya, tidak ada obat paten untuk menyembuhkan penyakit gondongan , apotek juga tidak menyediakan obat penyakit ini secara khusus. Penyembuhan gondongan sangat tergantung pada daya tahan badan dalam melawan virus. Istirahat yang cukup, masakan seimbang, dan pikiran yang hening terang akan membuat proses penyembuhan berjalan lancar.(/EW)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini