WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat MengonsumsiIkan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh - Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang mampu ditemukan di seluruh perairan Indonesia. Ikan gabus biasa did didanau,rawa,sungai, dan saluran-saluran air hingga kesawah-sawah. Ikan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil,serangga, dan aneka macam hewan air lain termasukberudu dankodok. Ikan Gabus terkenal dengan bentuk kepalanya yang mirip ular. Itu sebabnya Ikan Gabus dalam Bahasa Inggris disebut Snakehead. Namanya juga sangat majemuk tergantung tempat dimana ia berada. Bocek (Riau),Aruan,Haruan (Banjar), Kocolan (Betawi), Bogo (Sunda), bayong,bogo,licingan (Banyumas), Kutuk (Jawa), Kabos (Minahasa). Tapi jangan salah, dibalik bentuknya yang agak menyeramkan, ikan satu ini memiliki rasa yang sangat gurih. Ikan Gabus sangat di gemari oleh masyarakat di pelbagai daerah. Banyak sekali olahan kuliner dari ikan yang satu ini. Masyarakat di Jawa kerap mengolahnya menjadi botok, ikan asap, lalapan, bahkan lodeh.

Perlu anda ketahui bahwa selain rasanya yang gurih, ternyata Ikan Gabus menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan gabus dimasyarakat saat ini telah diasosiasikan dengan obat. Ikan gabus diolah menjadi aneka macam jenis kuliner lalu di sajikan kepada keluarga yang sakit, terutama bagi yang pasca operasi. Sebenarnya, pemahaman masyarakat tentang ikan gabus sebagai obat telah dikenal sejak nenek moyang kita dahulu terutama dibeberapa tempat di Sulawesi selatan mirip wajo, pinrang dan takalar, mereka menyarankan atau berusaha menyajikan kuliner ikan gabus kepada keluarga yang sakit dengan keyakinan bahwa mampu membantu penyembuhan. Walaupun saat itu mereka tidak mengetahui kandungan yang terdapat dalam ikan gabus. Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi Ikan Gabus bagi kesehatan tubuh?

8 Manfaat Mengonsumsi Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kadar Albumin

Penelitian Ikan Gabus secara klinis terutama mengenai albumin ikan gabus sudah banyak dilakukan yaitu diantaranya hasil penelitian bahwa ekstrak ikan gabus mempunyai kandungan albumin yang tinggi. Harus anda ketahui bahwa albumin memelihara fungsi ginjal dan mengurangi edema (sembab) pada susukan pencernaan

2. Mempercepat Penyembuhan

Lantaran kandungan albumin yg tinggi, Ikan Gabus sanggup membantu menyembuhkan luka. Saat terjadi inflamasi (radang), jumlah kadar albumin pada plasma darah akan menurun. Sehingga jumlah kadar albumin yg menurun wajib segera dikembalikan, Karena albumin mempunyai banyak sekali fungsi yang sanggup meredakan tanda-tanda inflamasi & mempercepat kesembuhan luka.

3. Meningkatkan Asupan Gizi Bagi Penderita Malnutrisi

Penelitian yang dilakukan menggunakan menyampaikan kapsul tepung ikan gabus pada penderita malnutrisi ODHA bisa menaikkan asupan zat gizi menurut penderita tadi, hal ini mengatakan adanya pemugaran gizi penderita malnutris ODHA dengan adanya pertolongan kapsul tepung ikan gabus.

4. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Pemberian protein albumin ikan gabus selama 30 hari mampu meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) lansia. Selain itu sanggup menaikkan kadar albumin, asupan energi, dan karbohidrat lansia

5. Sumber Protein

Ikan gabus dengan kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik menjadi sumber protein dalam asupan makan sehari-hari. Per 100 gram, kadar protein  ikan gabus / ikan kutuk mencapai 25,2 gram. Bandingkan dengan kadar protein telur yang hanya 12,8 gram, daging ayam 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram per 100 gram. Protein dalam badan memiliki fungsi selain sebagai sumber energi, juga berfungsi sebagai zat pembangun dan zat pengatur.

6. Menambah Berat Badan

Sehubungan dengan tingginya kandungan protein dalam Ikan Gabus, menjadikan Ikan Gabus menjadi penambah berat badan yang alami. Sebab, bagi mereka yang ingin menambah berat badan tanpa khawatir risiko terkena penyakit yaitu dengan banyak mengonsumsi kuliner berprotein.

7. Meningkatkan Status Neurologis Bagi Pengidap Stroke

Pada penderita stroke, pertolongan kapsul ikan gabus menjadi komplemen menggunakan kandungan albumin tinggi sanggup mempertahankan status gizi & mempertinggi status neurologis pasien stroke.

8. Sumber Kalori yang Pas Bagi Pengidap Diabetes

Kesulitan yg serimg dialami pengidap diabetes yaitu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuhnya. Padahal kita memahami bahwa badan pula butuh kalori. Kabar buruknya, masakan berkalori kebanyakan pula mengandung gula yg tentu berbahaya bagi penderita diabetes. Ikan Gabus mampu jadi pilihan yang pas karena kandungan kalori yg tinggi dalam dagingnya.

: Cara Menambah Berat Bada Secara Alami dan Aman

Jadi apa lagi yang anda tunggu? Rasanya sayang sekali bila anda tidak mengonsumsinya. Mengingat banyaknya manfaat mengonsumsi Ikan Gabus bagi badan kita. Selain itu, rasa yang nikmat dan juga pengolahan yang simpel menjadi nilai plus dari ikan unik satu ini. Terima kasih dan supaya artikel tentang 8manfaat mengonsumsi ikan gabus bagi kesehatan tubuh ini mampu menambah wawasan anda. Lebih jauh lagi, supaya kita semakin peduli dengan kesehatan badan kita.

Created By :Alvin Fatkurrochman

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini