WHAT'S NEW?
Loading...

Fungsi dan Jenis Needle Holder Bedah| Bloggout

Medianers ~ Needle Holder merupakan alat atau instrumen bedah berfungsi untuk heacting (menjahit). Yakni untuk menjahit luka bekas sayatan, atau luka robek trauma pada kulit, otot, organ, serta jaringan tubuh lainnya. Baik berlokasi di dalam rongga perut, maupun di luar.

Needle Holder terbuat dari stainless steel , dan tahan karat. Needle Holder buat bedah umum, maupun kebidanan , bentuk gagangnya misalnya gagang gunting. Sedangkan gagang Needle Holder buat bedah endoskopi tangkainya berbentuk pistol. Tetapi, kegunaannya sama, yaitu sebagai pegangan, dan ujungnya bermanfaat buat menjepit jarum bedah.

Needle Holder memiliki bentuk, jenis dan ukuran beragam, termasuk panjangnya. Biasanya untuk set bedah minor, cukup menggunakan Needle Holder standar. Panjang kira-kira 15- 20 cm. Dan, untuk set bedah mayor, Needle Holder yang digunakan lebih panjang, ukuran diatas 20 cm. Sedangkan Needle Holder untuk bedah laparoskopi, lebih panjang lagi, lebih 30 cm.

Baca juga : Bentuk dan Fungsi Duk Klem Bedah

Sedangkan buat bedah mata, berukuran Needle Holder lebih kecil, dibanding instrumen Needle Holder bedah umum. Diperkirakan berukuran 6 hingga 12 cm. Tergantung merek, & jenis bedah mata yg akan dilakukan. Needle Holder buat bedah mata, bentuknya juga unik, tidak sama dibanding Needle Holder bedah generik.

Needle Holder mempunyai fungsi sangat krusial, & wajib ada waktu pembedahan. Tanpa Needle Holder, operator (dokter bedah) nir akan mampu menjahit luka. Biasanya, dalam set bedah diisi 2 Needle Holder. Selain berguna untuk cadangan, jua digunakan saling gantian.

1 (satu) Needle Holder digunakan untuk menjahit bagian jaringan tubuh dibagian dalam, seperti organ, otot, dan lemak. Sedangkan Needle Holder ke- 2 difungsikan untuk menjahit kulit. Ukuran Needle Holder ke-2 biasanya lebih kecil dibanding yang pertama. Hal demikian tidak prosedur baku. Bisa saja Needle Holder digunakan saling bergantian, antara 1 dan 2. Artinya, tidak harus seperti narasi di atas. Tergantung situasi, lokasi pembedahan, dan kebijakan rumah sakit. (Penulis :Nurman)

Bentuk-Needle-Holder-Bedah-Umum
Bentuk needle holder untuk bedah umum
Bentuk needle holder untuk bedah mata
Bentuk needle holder untuk bedah mata
Bentuk needle holder untuk bedah endoskopi / laparaskopi
Bentuk needle holder untuk bedah endoskopi / laparaskopi

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini