WHAT'S NEW?
Loading...

Mata Perih dan Gatal, Ini Saran dr.Rina Herlina, Sp.M| Bloggout

Medianers ~ Seorang pasien berusia 64 tahun mengeluhkan, " aku mengalami gangguan pada ke 2 belah mata. Kiri & kanan. Terutama, di sebelah kanan. Merasa perih, dan gatal-gatal semenjak kurang lebih 4 tahun yg kemudian," pungkasnya.

Ia menambahkan, " terasa perih apa bila kena angin waktu naik motor, atau kena debu & asap. Terkadang aku tidak tahan rasa gatalnya, seakan ingin digaruk-garuk. Seperti ada yang mengganjal dimata," tambahnya.

Menanggapi keluhan pasien tadi, Medianers meminta tanggapan pada dr. Rina Herlina, Sp.M selaku dokter spesialis mata, pada RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh, Sumatera Barat, Jumat (17/1).

mata-perih-berair-gatal-gatal

Setelah melihat foto dan menyimak beberapa keluhan, dr. Rina Herlina, Sp.M berkesimpulan, " terlihat mata kanan pasien mengalami Pterygium Grade 1. Yang ditandai dengan tumbuhnya selaput pada bagian putih bola mata, " katanya.

"Penderita Pterygium lebih sensitif terhadap paparan alergen dari luar. Seperti, sinar ultraviolet, angin, debu, & asap. Upayakan mata terhindar dari paparan alergen tadi. Apabila beraktifitas pada luar tempat tinggal , usahakan menggunakan kacamata pelindung," imbunya.

"Apa bila terasa gatal, & perih, hindari mengucek mata. Sebab akan menimbulkan iritasi dan mata merah. Sebaiknya kompres & tempelkan kain yg telah dibasahi air dingin pada kelopak mata," sarannya.

Apabila sakit masih berlanjut, dr. Rina Herlina, Sp.M menyarankan buat memeriksakan ke dokter mata. "Pterygium Grade 1 sanggup diobati menggunakan anugerah tetes mata, dengan pemakaian nir melebihi menurut 1 bulan," ungkapnya.

"Seandainya tidak ada kemajuan, dan keluhan masih berlanjut, tindakan terakhir adalah dilakukan operasi pengangkatan selaput yang menempel di bagian putih bola mata," tutupnya. (Nurman)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini