WHAT'S NEW?
Loading...

Ini 12 Indikator Keluarga Sehat Nan Perlu Anda Ketahui| Bloggout

Medianers ~ Taukah Anda apa saja indikator keluarga sehat ? Indikator yang dimaksud juga bagian dari 'Program Indonesia Sehat' yang akan berakhir tahun 2019, sebagaimana diusung kabinet kerja tertuang dalam agenda ke-5 Nawa Cita.

Menurut Peraturan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat menggunakan Pendekatan Keluarga di lampiran dua, laman 72, bahwa ada 12 Indikator Keluarga Sehat, diantaranya;

1. Keluarga Mengikuti Program Keluarga Berencana (KB)

Keluarga mengikuti acara KB merupakan jika famili adalah pasangan usia subur, suami atau isteri atau keduanya, terdaftar secara resmi menjadi peserta/akseptor KB & atau menggunakan alat kontrasepsi.

Dua. Ibu Melakukan Persalinan pada Fasilitas Kesehatan

Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan merupakan jika di famili terdapat mak pasca bersalin (usia bayi 0-11 bulan) dan persalinan mak tadi, dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, bidan praktek partikelir).

Tiga. Bayi Mendapat Imunisasi Dasar Lengkap

Bayi menerima imunisasi dasar lengkap adalah bila di famili terdapat bayi (usia 12-23 bulan). Bayi tadi telah menerima imunisasi HB0, BCG, DPT-HB1, DPT-HB2, DPT- HB3, Polio1, Polio2, Polio3, Polio4, Campak.

4. Bayi Mendapat Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif

Bayi menerima ASI tertentu merupakan apabila pada keluarga masih ada bayi usia 7?23 bulan & bayi tadi selama 6 bulan (usia 0-6 bulan) hanya diberi ASI saja (ASI eksklusif).

5. Balita Mendapatkan Pemantauan Pertumbuhan

Balita menerima pematauan pertumbuhan merupakan jika dikeluarga terdapat balita (usia 2?59 bulan 29 hari) & bulan yang lalu ditimbang berat badannya di Posyandu atau fasilitas kesehatan lainnya dan dicatat dalam KMS/kitab KIA.

6. Penderita Tuberkulosis (TBC) Paru Mendapatkan Pengobatan Sesuai Standar

Penderita tuberkulosis paru menerima pengobatan sinkron baku adalah bila di keluarga masih ada anggota keluarga berusia ? 15 tahun yg menderita batuk dan telah dua minggu berturut-turut belum sembuh atau didiagnogsis sebagai penderita tuberkulosis (TB) paru.

Dan penderita tadi berobat sesuai dengan petunjuk dokter/petugas kesehatan.

7. Penderita Hipertensi Melakukan Pengobatan Secara Teratur

Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur adalah bila di pada keluarga masih ada anggota keluarga berusia ?15 tahun yang didiagnogsis sebagai penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) & berobat teratur sinkron menggunakan petunjuk dokter atau petugas kesehatan.

8. Penderita Gangguan Jiwa Mendapatkan Pengobatan dan Tidak Ditelantarkan

Penderita gangguan jiwa menerima pengobatan & tidak ditelantarkan merupakan jika pada keluarga terdapat anggota famili yang menderita gangguan jiwa berat & penderita tersebut tidak ditelantarkan dan/atau dipasung serta diupayakan kesembuhannya.

9. Anggota Keluarga Tidak Ada yg Merokok

Anggota famili tidak terdapat yang merokok merupakan jika nir ada seseorang pun dari anggota keluarga tersebut yg tak jarang atau kadang-kadang menghisap rokok atau produk lain berdasarkan tembakau.

Termasuk pada sini adalah bila anggota famili nir pernah atau telah berhenti berdasarkan kebiasaan menghisap rokok atau produk lain menurut tembakau.

10. Keluarga Sudah Menjadi Anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Keluarga telah menjadi anggota JKN adalah apabila semua anggota famili tersebut memiliki kartu keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan &/atau kartu kepesertaan premi kesehatan lainnya.

11. Keluarga Mempunyai Akses Sarana Air Bersih

Keluarga memiliki akses wahana air bersih merupakan bila famili tadi memiliki akses & menggunakan air leding PDAM atau sumur pompa, atau sumur gali, atau mata air terlindung buat keperluan sehari-hari.

12. Keluarga Mempunyai Akses atau Menggunakan Jamban Sehat

Keluarga memiliki akses atau memakai jamban sehat adalah apabila keluarga tadi memiliki akses dan menggunakan sarana buat buang air besar berupa kloset leher angsa atau kloset plengsengan.

Demikianlah 12 Indikator Keluarga Sehat yang penulis himpun dari Lampiran 2, Peraturan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.(AntonWijaya / Ilustrasi : pixabay.com )

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini