WHAT'S NEW?
Loading...

Kapan Perban Luka Operasi Sectio Caesaria Harus Diganti| Bloggout

Medianers ~ Selain pertanyaan mengenai, apakah benang jahitan operasi sectio caesaria (SC) wajib dilepas ? Pasien pula tak jarang bertanya, kapan perban penutup luka operasi caesar harus diganti?

Berdasarkan liputan dr. Vivi Ruliyanty, Sp.OG bahwa," perban atau kain kas yang menutup luka bekas operasi sectio caesaria harus diganti di hari ke 3 & ke 10," katanya, Rabu (15/1)

Terkait : Cara Jitu Perawatan Luka Operasi Caesar

"Tujuan mengganti perban pada hari ke tiga adalah buat menilai perkembangan penyembuhan luka, apakah luka mengalami infeksi atau progress penyembuhan misalnya apa," imbuhnya.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan lulusan Fakultas Kedokteran Unand itu, memaparkan, " di hari ke 10 juga dilakukan penggantian perban. Seandainya jahitan menggunakan teknik simple interupted suture, maka benang jahitan akan dilepas," paparnya.

Terkait : Apakah Benang Jahitan Operasi Caesar Harus Dilepas

"Tetapi, apa jika benang jahitan diendapkan pada bawah kulit atau tidak terlihat secara kasat mata, maka benang tidak dilepas. Sebab benang akan diserap oleh tubuh," tukuk dokter yg suka senyum itu.

Dr. Vivi Ruliyanty, Sp.OG menegaskan, " perban penutup luka bekas sayatan operasi sectio caesaria selama pada perawatan, atau sehabis pasien pulang, hingga hari ke 10, tidak boleh basah. Sebab, mampu memicu terjadinya infeksi," ujarnya. (Nurman)

Terkait : Penyembuhan Luka Sectio Caesaria Menggunakan Selaput Plasenta

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini