WHAT'S NEW?
Loading...

3 Pendekatan Perawatan Lansia| Bloggout

Medianers ~ Menjadi lanjut usia (lansia) merupakan hal sangat mungkin terjadi dalam kehidupan. Manakala seorang diberi umur panjang sang Yang Maha Kuasa. Menurut Siti Nur Kholifah, SKM, M.Kep, Sp.Kom, pada kitab berjudul Keperawatan Gerontik, (2016)," jumlah lansia di Indonesia tahun 2014 mencapai 18 juta jiwa, & diperkirakan akan meningkat menjadi 41 juta jiwa pada tahun 2035. Serta lebih dari 80 juta jiwa pada tahun 2050. "

Masih dari Siti Nur Kholifah, "tahun 2050, satu dari empat penduduk Indonesia adalah penduduk lansia dan lebih mudah menemukan penduduk lansia dibandingkan bayi atau balita." Dengan meningkatnya jumlah lansia pada Indonesia, berpotensi akan menambah masalah baru, yg membutuhkan pengetahuan cara mengatasi pertarungan, serta pendekatan perawatan lansia.

Siti Nur Kholifah menuliskan pada bukunya, bahwa ada tiga pendekatan perawatan lansia diantaranya, 1 pendekatan fisik, 2 pendekatan psikologis, & 3 pendekatan sosial. Sebab, secara fisik, psikologis, & sosial, lansia akan mengalami perubahan serta penurunan kualitas yang membutuhkan perhatian dari orang terdekat, keluarga serta pengambil kebijakan.

Adapun pendekatan fisik yang disarankan Siti Nur Kholifah adalah, perawatan dalam lansia dapat dilakukan menggunakan pendekatan fisik melalui perhatian, kebutuhan, & kebersihan diri lansia demi menjaga kesehatan lansia yang rawan sakit.

Perawatan-lansia-adalah
Ilustrasi oleh canva
Sedangkan pendekatan psikologis disarankan adalah tentang pendekatan kesabaran. Perawat atau orang awam dapat berperan sebagai pendukung. Hendaknya memiliki kesabaran dan ketelitian dalam memberi kesempatan dan waktu yang cukup banyak untuk menerima berbagai bentuk keluhan agar lansia merasa dihargai.

Untuk mewujudkan itu, Siti Nur Kholifah menganjurkan menggunakan prinsip triple S, yaitu sabar, simpatik dan service. Bila ingin mengubah tingkah laku dan pandangan lansia terhadap kesehatan, perawat atau awam bisa melakukannya secara perlahan dan bertahap.

Selanjutnya, lakukan pendekatan Sosial. Yakni ajak berdiskusi dan bertukar pikiran, & cerita merupakan salah satu upaya perawat atau orang awam dalam melakukan pendekatan sosial dalam lansia.

"Pendekatan sosial ini, merupakan

pegangan bagi perawat bahwa lansia merupakan makhluk sosial yg membutuhkan orang lain," tulis Siti Nur Kholifah.

Dalam pelaksanaannya, perawat dapat membentuk interaksi sosial, baik antar lansia, juga lansia dengan perawat. "Perawat memberi kesempatan seluas-luasnya pada lansia buat mengadakan komunikasi & melakukan rekreasi. Lansia pula perlu dimotivasi buat

membaca surat liputan dan majalah," saran Siti Nur Kholifah, pada buku Keperawatan Gerontik page, 9. (Editor : Nurman)

Terkait : 4 Perubahan Hidup Dirasakan Lansia

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini