WHAT'S NEW?
Loading...

3 Keistimewaan Profesi Perawat | Bloggout

Medianers ~ Ada seorang teman bertanya pada penulis, "apa sih keistimewaan profesi Perawat? " tanyanya. Hemat penulis, banyak keistimewaan yang dimiliki profesi perawat, namun penulis cukup menjabarkan sebanyak 3 keistimewaan profesi perawat, diantaranya;

1. Perawat menjadi profesi istimewa di daerah tertinggal

Hidup di daerah tertinggal atau terpencil, dan jauh dari fasilitas dan akses pelayanan kesehatan sungguh bukan pilihan menarik bagi masyarakat. Namun, telah terlahir di daerah dimaksud akan terasa berat meninggalkannya.

Masyarakat akan tetap hidup dan bertahan di daerah terpencil, dan mereka menyukuri dengan keadaan, serta menunggu pembangunan di segala bidang, agar daerahnya juga bisa maju dan memiliki segala fasilitas yang dibutuhkan.

Secara perlahan pemerintah tentunya akan berkeinginan melakukan pembangunan, dan cara instan pembangunan di bidang kesehatan adalah mengirim tenaga kesehatan di daerah tersebut, melalui program nusantara sehat, termasuk pemerintah daerah juga memiliki program untuk mengirim tenaga kesehatan pada daerah jauh dari akses.

Perawat merupakan salah satu tenaga kesehatan yang akan dikirim secara bergantian dalam jangka waktu tertentu oleh pemerintah, dan akan diganti secara berkala. Akan terasa istimewa menjadi seorang perawat, sebab profesi perawat dihargai oleh masyarakat. Dan, kehadiran perawat akan menjadi istimewa di daerah terpencil, pedalaman maupun tertinggal.

2. Profesi perawat menjadi istimewa di instansi berbeda

Profesi perawat menjadi istimewa di instansi berbeda maksudnya adalah, perawat bisa menjadi Polisi dan TNI, juga bisa bergabung menjadi tim Search and Rescue. Namun, jiwa 'perawat'-nya tidak akan hilang dengan 'uniform' atau sebutan baru.

Memiliki dasar pendidikan Keperawatan dan disumpah menjadi profesi perawat, lalu lulus tes menjadi polisi atau TNI, sungguh hal istimewa. Betapa tidak, selain mampu merawat dan mengobati pasien, juga memiliki penampilan yang gagah dan pemberani.

Juga dihargai oleh sejawat, masyarakat dan instansi tempat bekerja, karena memiliki dua keahlian, mampu menjadi pelayan kesehatan, dan terlatih sebagai Polisi maupun TNI.

3. Profesi perawat istimewa di daerah bencana dan konflik

Banyak orang menghindari atau mengungsi dari daerah bencana atau daerah konflik. Tetapi, profesi perawat tidak, mereka bahkan ditugaskan ke daerah tersebut. Sebagai penolong orang-orang yang membutuhkan bantuan kesehatan dan kemanusiaan.

Di daerah konflik, profesi perawat sangat istimewa, dilindungi oleh undang- undang internasional, tidak boleh disakiti, dan hal-hal buruk lainnya. Sebab, perawat netral tidak berpihak ke salah satu pihak, tapi menolong orang yang sedang mengalami kesakitan dan tidak peduli yang ditolong berasal dari pihak manapun.

Baca juga : Apa Perbedaan S1 Keperawatan dengan Profesi Ners ?

Demikianlah, 3 Keistimewaan Profesi Perawat menurut penulis. Mungkin masih ada keistimewaan yang lainnya dimiliki profesi perawat. Namun, luput dari pikiran dan pengetahuan penulis. Bagi pembaca yang ingin menambahkan, dipersilahkan. (Nurman)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini