WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal Bentuk dan Fungsi Klem Arteri (Artery Forceps)| Bloggout

Medianers ~ Ketika orang awam melihat peralatan instrumen bedah, akan menyatakan mirip gunting semua. Padahal, gagangnya saja yang mirip gunting, sedangkan ujungnya memiliki fungsi, bentuk dan nama yang berbeda.

Seperti klem arteri contohnya, gagang mirip gunting, sedangkan ujungnya berfungsi untuk menghentikan perdarahan di arteri, sebab di ujung klem, terdapat 2 sisi bagian pada bergerigi sebagai akibatnya mampu memfiksasi menggunakan kuat ketika dijepitkan.

Klem Arteri beragam namanya, terdapat yang menamakan klem bengkok, ada juga yang menyebut artery forceps, dan ada jua yg menamainya sebagai pean.

Dan, arteri klem dimaksud pula terdapat 2 bentuk, terdapat yang lurus dan ada yang berbentuk lengkung. Yang berbentuk lengkung paling acapkali digunakan, ditempat penulis bekerja seringkali diklaim namanya, sebagai klem bengkok.

Secara universal, baik yang bengkok maupun yang lurus, disebut sebagai klem arteri, karena sesuai dengan fungsinya untuk mengklem arteri (memfiksasi) pembuluh arteri yang terputus, baik karena luka sayatan operasi, maupun karena insiden kecelakaan atau karena benda lainnya.(Nurman)

Baca Juga : Penemu Hak Pengait dan Fungsi Langenbeck Bedah

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini