WHAT'S NEW?
Loading...

Fungsi Laringoskop dan Tujuan Pemasangan ETT dalam Pembiusan | Bloggout

Medianers ~ Laringoskop merupakan instrumen penting bagi petugas kesehatan atau tenaga medis yang bekerja di kamar operasi. Seperti dokter spesialis anestesi, penata anestesi, dan perawat anestesi. Sebab, Laringoskop berfungsi membuka jalan nafas bagian atas. Dimasukan melalui mulut, agar Endotracheal Tube (ETT) bisa masuk ke trakea (jalan nafas bagian bawah dekat paru-paru).

"Laringoskop sering difungsikan saat pasien bius umum. Laringoskop digunakan untuk membuka jalan nafas atas. Setelah jalan nafas terbuka dicari dulu epiglotis. Setelah itu terlihat trachea, atau nampak warna putih, berarti itu pita suara. Nah, kalau sudah kelihatan baru masukan ETT," kata Adrizal,S.Tr.Kep.An,. selaku penata anestesi di RSUD dr Adnaan WD, Kota Payakumbuh, (14/3/2020).

Laringoskop-dan-ETT
Laringoskop membuka jalan nafas, agar pemasangan ETT lancar.
"Apa bila ETT telah masuk ke trakea, maka dipastikan dengan mendengarkan udara yang masuk ke paru-paru melalui stetoskop, tujuannya apakah benar telah masuk ke saluran nafas bawah, atau apakah masuk ke saluran pencernaan, lambung. Idealnya, ETT masuk ke saluran nafas bagian bawah, " tambah Adrizal.

"Tujuan pemasangan ETT adalah, untuk pemberian nafas buatan secara mekanik atau respirator, dan juga memudahkan petugas untuk melakukan penghisapan sekret secara adekuat melalui pipa ETT, setelah pembiusan selesai dilakukan," tutup Adrizal pada Medianers.(Nurman)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini