WHAT'S NEW?
Loading...

Apa Perbedaan S1 Keperawatan dengan Profesi Ners ?| Bloggout

Medianers ~ Masih banyak juga masyarakat awam bingung dan bertanya tentang apa perbedaan S1 Keperawatan dengan profesi Ners? Bahkan, ada yang menanyakan tentang apa kepanjangan gelar S.Kep,.Ns?

Tidak itu saja, apabila dikumpulkan ada juga pertanyaan seperti ini: Perbedaan Ners dan Perawat? Profesi ners merupakan ? Apa itu D3 Keperawatan? Apa itu Perawat Ners? Dan, Apa itu jurusan profesi Ners?

Jika dipikir-pikir bagi yang memahami, pertanyaan demi pertanyaan yg medianers tuliskan, tentunya agak menggelikan, karena masih bingungnya masyarakat awam, non kesehatan tentang gelar profesi Perawat.

Untuk itu, medianers mencoba mengulas dengan sederhana, semoga penjelasan berikut bisa dipahami, seperti apa jawaban dari pertanyaan tentang,"Apa Perbedaan S1 Keperawatan dan Profesi Ners."

Jawabannya adalah, S1 Keperawatan yaitu Sarjana Keperawatan, yang mana pendidikannya ditempuh selama 8 semester di fakultas ilmu keperawatan atau di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) yang ada program studi keperawatan.

Apabila seorang mahasiswa/i mampu menyelesaikan pendidikan tepat waktu, yakni selama 8 semester atau lebih kurang selama 4 tahun, maka yang bersangkutan akan diwisuda dan berhak menyandang gelar S.Kep,(Sarjana Keperawatan) dan gelar tersebut ditempatkan dibelakang namanya.

Sedangkan Ners merupakan gelar profesi,disingkat Ns, gelar diletakan di depan nama. Untuk melanjutan acara profesi Ners, seseorang wajib dulu menempuh pendidikan S1 Keperawatan.

Dan, acara profesi Ners ditempuh selama dua semester. Untuk menuntaskan acara Ners, mahasiswa harus menjalani praktik di pelayanan kesehatan, misalnya rumah sakit generik, puskesmas, tempat tinggal sakit jiwa, panti jompo, praktik komunitas ke warga , dan lain-lain.

Sebelumnya, medianers juga membahas dan telah menerbitkan di medianers terkait itu, dengan judul,"Apa yang Dimaksud dengan Pendidikan Ners?"

Setelah melewati beberapa siklus praktik selama 2 semester, mahasiswa/ mahasiswi kembali di wisuda dengan gelar Ns (Baca: Ners). Dan, akan ditempatkan di awal nama, dapat medianers contohkan: Ns.Budi,S.Kep, dan yang menyandang gelar tersebut berhak mendapatkan pekerjaan di rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya, dengan catatan harus lulus uji kompetensi perawat dan memiliki STR perawat.

Tetapi, apa bila seorang hanya mendapatkan ijazah dan gelar S.Kep saja, tanpa Ns, & sebelumnya nir pernah mengenyam pendidikan keperawatan baik menjadi lulusan D3 Keperawatan (Akper) maupun berdasarkan SPK, maka gelar S.Kep saja kesulitan menerima pekerjaan di layanan kesehatan, misalnya rumah sakit, klinik maupun Puskesmas yg pekerjaannya herbi tindakan keperawatan. Sebab, lulusan tersebut nir mampu menerima STR, karena belum menjalani pendidikan profesi Ners.

Dengan penjelasan diatas, semoga pembaca bisa memahami apa perbedaan S1 Keperawatan dengan profesi Ners. Kemudian muncul pertanyaan baru, apakah tamatan S1 Keperawatan dan profesi Ners bisa disebut sebagai perawat?

Baca juga : Informasi Detil Tentang Kuliah di Jurusan Keperawatan

Maka jawabannya adalah tamatan S1 Keperawatan yg dasarnya menurut SLTA lalu melanjutkan ke fakultas keperawatan & bergelar S.Kep maka orang tersebut adalah calon Perawat, & belum sanggup disebutkan menjadi seorang Perawat, sedangkan seorang yg sudah menuntaskan pendidikan Ners, maka orang tersebut telah layak dianggap sebagai perawat.(Nurman)

Baca juga : Beda Perawat Ners dengan Tamatan Akper

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini