WHAT'S NEW?
Loading...

Tips Merawat Bayi Usia 1 Bulan| Bloggout

Medianers ~ Alangkah bahagianya seorang suami ketika mendapatkan kabar bahwa anak pertama lahir sehat dan istri selamat. Apalagi proses kelahiran berjalan lancar secara normal. Barangkali hari itu, adalah momen paling berbahagia dalam hidupnya.

Setelah kelahiran oleh bayi yang diidam-idamkan, dengan segala keterbatasan ke 2 orang tua akan kembali belajar & bertanya - tanya, lantaran memiliki bayi merupakan pengalaman perdana. Muncul pertanyaan, "bagaimana cara merawat bayi usia 1 bulan atau dibulan pertama?"

Baca juga : Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Berbagai referensi tentunya dicari dengan serius, baik dari nenek si bayi yg sudah berpengalaman, juga dari bidan, perawat atau dokter atau berdasarkan sahabat, sanggup pula dari buku bacaan, dan tak ketinggalan hasil browsing secara online.

Pastinya, kehidupan bayi pada bulan pertama sangat mengharukan & sangat menyenangkan bagi kedua orang tua, juga bagi kerabat lainnya. Kemungkinan bayi tiap sebentar akan dijenguk.

Baca juga : Pedoman Tahap Tumbuh Kembang Bayi 0-12 Bulan

Kembali kepada pertanyaan di atas, sesungguhnya bagaimana cara merawat bayi dibulan pertama? Adapun menurut Dan Brennan, MD dalam tulisannya yang dilansir WebMD, bahwa Tips Merawat Bayi Usia 1 Bulan sebagai berikut:

1. Kontak Kulit dengan Bayi

Pada bulan pertama, bayi suka disentuh. Maka orang tua bisa memberikan kontak kulit kepada bayi, contohnya dengan memegang & mengayun, atau memberinya pijatan lembut. Itu akan membuat bayi Anda merasa terhibur & merasa dicintai.

2. Melatih Gerakan Bayi

Orang tua jua dapat memberikan gerakkan ringan dalam kaki bayi dengan cara gerakan misalnya bersepeda selama beberapa mnt setiap pagi selesainya mandi. Latihan ringan tadi akan membantu melatih otot-otot bayi buat merangkak & berjalan senantiasa.

Tiga. Orientasi Waktu pada Bayi

Selama beberapa minggu pertama, cendrung seluruh bayi yg baru lahir yg ingin mereka lakukan merupakan tidur. Bahkan, bayi yang baru lahir tidur 15 sampai 16 jam sehari. Jam-jam itu mungkin tidak menentu, lantaran bayi belum diubahsuaikan menggunakan daur siang & malam yang normal.

Anda bisa membantu bayi mengikuti keadaan menggunakan membatasi kegiatan pada siang hari, & menjaga semuanya permanen tenang, gelap, dan membosankan di malam hari. Sehingga bayi akan mendapatkan petunjuk, bahwa siang hari itu buat bermain & malam adalah buat tidur.

Baca juga : Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Demikianlah beberapa tips merawat bayi usia di bulan pertama, berdasarkan referensi dari berbagai sumber yang medianers sarikan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan bidan, perawat dan dokter di pelayanan kesehatan terdekat untuk penjelasan lebih lengkap.(Editor: Nurman )

Baca juga : Tumbuh Kembang Anak : Berat Badan dan Panjang Badan Usia 0-3 Bulan

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini