WHAT'S NEW?
Loading...

Apa Saja Harus Disiapkan Kuliah di Jurusan Keperawatan ?| Bloggout

Medianers ~ Informasi terkait sekolah di jurusan keperawatan sudah pernah penulis ulas dengan judul Informasi Detil Tentang Kuliah di Jurusan Keperawatan. Kendati telah dijabarkan secara detil, masih ada pertanyaan tentang hal apa saja yang harus disiapkan kuliah di jurusan keperawatan?

Berdasarkan pengalaman penulis, yg sudah melewati kuliah di Akademi Keperawatan & melanjutkan ke program S1 Keperawatan, terdapat beberapa poin yg perlu disiapkan calon mahasiswa, sebelum tetapkan kuliah pada jurusan keperawatan, diantaranya:

Siapkan Mental dan Fisik

Hal penting yang harus disiapkan calon mahasiswa dari penulis merupakan mental dan fisik yg sehat & bertenaga. Sebab, kuliah pada jurusan keperawatan, Anda tidak saja belajar pada kelas atau di laboratorium. Tapi, menjalani praktik klinis di beberapa pelayanan kesehatan, seperti pada Puskesmas, tempat tinggal sakit generik, tempat tinggal sakit jiwa, & panti jompo pada saat yang cukup usang.

Di lahan praktik, Anda juga dituntut memiliki mental 'baja', yakni berani menghadapi setiap orang baru, tanpa malu-malu serta mampu menjelaskan secara logis terkait pertanyaan yang diajukan oleh keluarga pasien, serta mampu berkomunikasi dengan baik sesuai teori komunikasi terapeutik.

Praktik Keperawatan tadi, relatif menguras energi, pikiran dan kesehatan. Bahkan anda relatif kesulitan mengatur ketika, seperti menjalani praktik sebagaimana Perawat pada rumah sakit, mereka dinas malam, maka mahasiswa keperawatan pula bisa jatah buat dinas malam, sembari menyiapkan laporan harian dan laporan perkara yg cukup menyita waktu, sehingga Anda senantiasa nir mempunyai kesempatan untuk bermain diluar, buat menikmati masa latif beserta teman sebaya.

Siapkan Finansial yg Memadai

Kuliah di Keperawatan, membutuhkan finansial memadai atau dana yg lumayan banyak. Sebab, Anda harus berpindah-pindah loka menjalani praktik klinik keperawatan. Bisa saja Anda tinggal di kota A, kemudian mendapat tugas menjalani praktik pada kota B kurang lebih selama dua bulan. Kemudian, pindah lagi ke kampus menjalani pembelajaran teori. Setelah itu, praktik pulang ke kota C. Begitu seterusnya sampai Anda dinyatakan lulus.

Hubungannya menggunakan finansial merupakan, jika Anda menjalani kuliah keperawatan, umumnya setiap akan menjalani praktik klinik, Anda akan mengeluarkan uang praktik, dan Anda juga akan mencari kontrakan baru, dan kesulitan membawa alat masak, & perlengkapan lainnya. Otomatis Anda akan menentukan jalan instan, yakni semuanya disiapkan oleh pemilik kontrakan, baik fasilitas maupun makan & minum. Biaya bulanan akan membengkak, dibanding hanya kuliah waktu teori saja pada kampus.

Siap Menghadapi Tekanan dan Situasi Pelik

Saat menjalani praktik klinik di rumah sakit, Anda akan dihadapkan berbagai duduk perkara & situasi 'wah'. Bisa saja akan menyaksikan ketua seseorang bocor & berdarah-darah di Instalasi Gawat Darurat (IGD) lantaran kecelakaan, dan Anda pula menyaksikan pasien kanker stadium akhir kesulitan bernafas & sedang sakratul maut pada bangsal perawatan. Semua itu, akan menjadi latihan Anda buat cepat tanggap & bisa memberikan terbaik kepada mereka, melalui supervisi perawat senior atau Clinical Instruktur.

Sewaktu - waktu Anda mampu pada tekanan, Anda dihadapkan dalam ujian praktik, Anda diminta melakukan sesuatu tindakan sesuai teori dan urutan kerja harus sesuai standar. Setelah mempraktikkan, Anda pula diminta menjelaskan secara gamblang, dan diminta menciptakan laporan Asuhan Keperawatan. Semua tugas itu, berlangsung pada waktu singkat saja, umumnya dalam ketika 1 minggu, apabila gagal Anda kembali mengulangi hingga berhasil.

Kendati banyak hal yang harus Anda siapkan untuk kuliah di jurusan keperawatan. Sesungguhnya sesuatu hal menantang untuk dijalani, berdasarkan pengalaman penulis, banyak hal luar biasa yang akan ditemukan, kemudian situasi di lahan praktik akan membuat mahasiswa Keperawatan lebih dewasa dari usianya, sebab sering latihan menghadapi berbagai persoalan yang wajib dicarikan jalan keluarnya.(Nurman)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini