WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal Bidan dan Kebidanan| Bloggout

Medianers ~ Kebidanan (Midwifery) merupakan cabang ilmu yang terbentuk dari peleburan berbagai disiplin Ilmu (multi disiplin) yang terkait dengan pelayanan kebidanan meliputi ilmu kedokteran, ilmu keperawatan, ilmu sosial, ilmu perilaku, ilmu budaya, ilmu kesehatan masyarakat, dan ilmu manajemen untuk dapat memberikan pelayanan kepada ibu dari masa pra konsepsi, masa hamil, ibu bersalin / post partum, dan bayi baru lahir.

Pelayanan kebidanan meliputi pendeteksian keadaan abnormal pada ibu dan anak, melaksanakan konseling & pendidikan kesehatan terhadap individu, famili & warga . Menurut Guilland and Pairman filosofi kebidanan mencakup 4 aspek yaitu, hamil,bersalin & masa nifas merupakan insiden alamiah (natural) & fisiologis (normal).

Baca Juga : Bidan Zaimatul Halimah, Buka Praktik Bidan Mandiri Syari’ah

Seseorang yg sudah melewati pendidikan akademi kebidanan (Akbid) atau D IV kebidanan, dianggap Bidan. Dahulu, Bidan tamatan SPK, & merogoh pendidikan diploma 1 kebidanan.

Sedangkan, menurut WHO Bidan adalah seseorang yg telah diakui secara reguler dalam program pendidikan kebidanan sebagaimana yg diakui yuridis, dimana dia ditempatkan & telah merampungkan pendidikan kebidanan dan sudah mendapatkan kualifikasi dan terdaftar disahkan & mendapatkan ijin melaksanakan praktik kebidanan.(AW/)

Terkait : 3 Fakta Unik Tentang Perawat, Bidan dan Dokter

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini