WHAT'S NEW?
Loading...

Vitamin A Diberikan Secara Gratis di Payakumbuh| Bloggout

Medianers ~ ?Bagi bunda-mak yang memiliki bayi dan balita sanggup segera membawa anaknya ke Posyandu, Pustu atau Puskesmas untuk mendapatkan vitamin A secara perdeo sepanjang bulan Februari ini,? Celoteh Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh, melalui Kabid Kesmas & P3, Hefi Suryani.

?Kegiatan ini adalah program rutin, setahun dua kali yakni Februari & Agustus. Kapsul Vitamin A dibagikan pada bayi pada bawah lima tahun,? Imbuh Hefi Suryani, Selasa (4/2) di Payakumbuh.

Untuk menyukseskan program ini, pihak Dinas Kesehatan mengharapkan adanya partisipasi aktif berdasarkan kaum bunda dengan membawa balita ke posyandu terdekat. Hefi menjelaskan, vitamin A sangat baik buat sistem kekebalan tubuh.

"Vitamin A berfungsi pada proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan antibodi sebagai akibatnya berperan pada sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga berguna bagi kesehatan mata dan kulit, menjaga kesehatan mukosa saluran pernapasan, berperan pada proses perkembangan embrio & reproduksi. Vitamin A jua merupakan antioksidan bertenaga yg bisa menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh,? Ungkapnya.

"Selain diberikan dalam anak usia pada bawah lima tahun, setiap 6 bulan sekali. Vitamin A pula diberikan pada keadaan eksklusif seperti pada anak menggunakan kasus xeroftalmia, campak & gizi buruk, misalnya marasmus, kwashiorkor & marasmik kwashiorkor," tutupnya.

Sementara itu, dikutip dari siaran pers kesmas.depkes.go.id bahwa, "bulan Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A. Pada kedua bulan ini dilakukan pembagian suplementasi vitamin A Kapsul biru (dosis 100.000 IU), untuk bayi umur 6-11 bulan, dan kapsul merah (dosis 200.000 IU), untuk anak umur 12-59 bulan."

Selanjutnya, Vitamin A kapsul merah juga diberikan kepada mak yang pada masa nifas. Jika Kekurangan vitamin A, akan menaikkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi misalnya infeksi saluran pernafasan atas, campak & diare. (Rel/AW)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini