WHAT'S NEW?
Loading...

Kualitas Udara Payakumbuh Tidak Sehat| Bloggout

Medianers ~ Indeks kualitas udara Kota Payakumbuh, Sumbar dinyatakan tidak sehat, Kamis (12/9/2019) oleh sebuah aplikasi pengukur kualitas udara yang disajikan secara real-time bernama AirVisual.

Alat ukur kualitas udara yang bisa diakses secara online tersebut, menyatakan nilai Air Quality Indeks (AQI) Kota Payakumbuh sebanyak 157, berada dalam rentang tidak sehat.

Rentang penilaian AQI yaitu O-500, & mengkategorikan menjadi 6, pertama 0-50 (hijau), maknanya sama menggunakan sehat. Kemudian, kategori kedua 51-100 berarti kualitas udara sedang, & diberi label rona kuning.

Sedangkan kategori ketiga, 101- 150, dalam rentang ini, kualitas udara dinyatakan tidak sehat, label rona orange. Kondisi ini berpotensi mendatangkan gangguan pernafasan dalam anak-anak & orang- orang yg kekebalan tubuhnya sedang menurun.

Dan, kategori keempat yaitu 151- 200, dilabeli warna merah. Situasi ini tergolong berbahaya bagi seluruh usia, lantaran partikel-partikel yang berseliweran di udara dapat membahayakan kesehatan, terutama saluran pernafasan.

Kategori kelima, 201-300 (ungu) artinya sangat tidak sehat, dan keenam 301-500 dilabeli warna merah tua yang maknanya kualitas udara sangat berbahaya. Telah tercemar dan berisiko terkena penyakit jantung dan paru- paru.(AW/ berbagai sumber)

Terkait : Waspada Kabut Asap, Pemko Payakumbuh Himbau Warga Jaga Kesehatan

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini