WHAT'S NEW?
Loading...

Tahukah Anda Kapan Sekolah Perawat Pertama Kali Berdiri Di Indonesia?| Bloggout

Kriteria-perawat-profesional
Ilustrasi : Silaturahmi Perawat/ Dok: Medianers
Sebelum Belanda menjajah Indonesia, pribumi tidak mengenal apa itu Perawat , apalagi mengenyam pendidikan di sekolah Perawat, seperti sekarang ini.

Masa itu, yang di ketahui hanya, bagaimana cara merawat orang sakit dengan segala keterbatasan. 'Orang pintar' merawat dan mengobati mengandalkan naluri, yang dikenal dengan " mother insting" ( naluri keibuan).

Setelah Belanda menguasai nusantara, sekitar tahun 1819, pada Jakarta didirikan beberapa rumah sakit, keliru satu antara lain adalah Rumah Sakit Stadverband , kini bernama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Selain RSCM, berdiri beberapa rumah sakit swasta, seperti Rumah sakit PGI Cikini, Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Rumah Sakit St. Boromeus Bandung dan Rumah Sakit Elisabeth Semarang. Karena adanya Rumah Sakit tersebut, maka didirikan pula sekolah perawat.

Tahun 1906, Rumah Sakit PGI Cikini menyelenggarakan pendidikan juru rawat, kemudian tahun 1912, RSCM ikut menyelenggarakan pendidikan juru rawat.

Jadi, pertama kali sekolah perawat berdiri di Indonesia, bukan pada sumatera, bukan di Surabaya, bukan jua pada Sulawesi. Tapi sekolah Perawat pertama kali berdiri di Jakarta, pada Rumah Sakit PGI Cikini.

Tahun 1906 sekolah Perawat baru sebatas pendidikan okupasional. Tahun tersebut merupakan pondasi bersejarah lahirnya cikal bakal. Seperti sekarang ini, menjamurnya pendidikan Akademi Perawat, dan Fakultas Ilmu Keperawatan.

Dari Juru Rawat menjelma menjadi Sekolah Perawat Kesehatan, Akademi Keperawatan dan Pendidikan Tinggi Keperawatan lainnya, tersebar di berbagai propinsi di Indonesia, hingga melahirkan berbagai kriteria perawat profesional. Dan, Perawat juga memiliki keahlian sesuai peminatan dan bidangnya.

Bahkan program pendidikan tinggi Perawat pada Indonesia mencapai tingkatan 3, doktoral , yg pada selenggarakan pada Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia.

Sekian, ulasan Medianers tentang sejarah pertama kali Sekolah Perawat berdiri di Indonesia. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini