WHAT'S NEW?
Loading...

Pedoman Tahap Tumbuh Kembang Bayi 0-12 Bulan| Bloggout

Tumbuh kembang bayi tiap bulan hendaknya perlu di pantau oleh orang tua. Yang perlu di amati adalah berat badan, panjang badan, perkembangan gerakan motorik dan sensorik anak, serta sejauh mana perkembangannya  bulan ke bulan agar orang tua tau hal apa yang terbaik untuk dilakukan selanjutnya. Jika mendapati anak tidak tumbuh dan berkembang dengan baik.
Tumbuh kembang bayi sangat cepat tiap bulannya, baik pertambahan berat badan maupun panjang badan.Medianerstelah menjelaskannya di "Tumbuh Kembang Anak: Berat Badan dan Panjang Badan Anak usia 0-3 bulan ." Namunmedianersmerasa perlu menambahkan dan melengkapi tentang tahapan tumbuh kembang anak dari usia 0 bulan  hingga 12 bulan.
Selain melengkapi tumbuh kembang bayi bulan ke bulan, medianers juga berusaha melengkapi tumbuh kembang anak tentang perkembangan motorik dan sensorik dari 0-12 bulan. Penjabarannya sebagai berikut:
Tumbuh Kembang Bayi 1 Bulan
Sejak bayi berumur 0 bulan, dengan berat badan lahir normal 2500 gram atau 2,5 kg akan terus tumbuh dan berkembang. Perkembangan berat badan yakni bisa mencapai lima,7 kg hingga usia 1 bulan. Sedangkan panjang badan sanggup mencapai 56,8 cm buat bayi laki-kaki. Sedangkan bayi wanita berat badan (bb) 5,lima kg & panjang badan (pb) 57,6 centimeter.
Pada fase 0-1 bulan, aktifitas motorik sudah berkembang dengan baik, seperti anggota gerak tangan dan kaki bergerak aktif (motorik kasar). Sedangkan motorik halus anak pun sudah mampu tumbuh dengan baik seperti menoleh ke kiri dan kanan. Dan, bereaksi terhadap bunyi-bunyian seperti lonceng.  Kemampuan sensorik bayi juga mulai berkembang, seperti menatap wajah ibu saat diberi ASI atau seakan memperhatikan saat di ajak bicara oleh ayah dan ibu.
Tumbuh Kembang Bayi dua Bulan
Pada usia 2 bulan, bayi laki-laki memiliki berat badan ideal 4,dua kg - 6,9 kg dan wanita 4,0 kg - 6,7 kg. Sedangkan panjang badan normal bagi anak laki-laki 54,4 centimeter- 62,6 centimeter, dan bayi wanita usia dua bulan panjang badan 53 centimeter- 61,1 cm.
Pada usia 2 bulan, gerakan motorik kasar bayi sudah mulai mengangkat kepala saat tengkurap. Sedangkan kemampuan sensorik mulai berkata-kata seperti, " Ooo ooww.." serta bisa tersenyum spontan.
Tumbuh Kembang Bayi tiga Bulan
Pada syarat normal anak pria umur tiga bulan rentang berat badan normal adalah lima kg- 8 kg, sedangkan anak perempuan 4,6 kg- 7,5 kg. Kemungkinan panjang badan anak laki-laki usia tiga bulan adalah 57,3 centimeter- 65,6 centimeter. Bagi anak wanita usia 3 bulan panjang badannya 53,6 centimeter - 64 cm.
Pada usia tiga bulan, perkembangan motorik anak semakin semakin tinggi, kepala anak telah mampu beliau tegakkan di waktu duduk, dan sudah mampu memegang mainan. Sedangkan sensorik anak juga berkembang pesat, anak telah sanggup tertawa & berteriak, serta memandang anggota geraknya, misalnya jari & tangan.
Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan
Usia bayi pria 4 bulan diperkirakan berat badan lima,6 kg-8,7 kg. Dan perempuan 5 kg- 8,3 kg. Sedangkan panjang badan bayi laki-laki diperkirakan berada pada rentang 59,7 cm - 68 cm dan bayi wanita usia 4 bulan panjang badan 57,8 centimeter - 66,4 centimeter.
Pada usia 4 bulan motorik kasar anak diharapkan telah mampu tengkurap dan terlentang sendiri di bawah supervisi orang tua.
Tumbuh kembang bayi 5 bulan
Pada umur 5 bulan bayi laki-laki diperkirakan berat badannya 6 kg-9,tiga kg. Dan bayi perempuan lima,4 kg-8,9 kg. Sedangkan panjang badan bayi pria usia 5 bulan merupakan 61,7 cm - 70,4 centimeter & panjang badan bayi wanita 59,6 centimeter - 68,5 centimeter.
Pada usia lima bulan, perkembangan motorik bayi adalah sudah mampu meraih & menggapai mainan yg menarik baginya, serta aktifitas sensorik anak pula berkembang baik seperti menoleh bila pada panggil atau mendengar bunyi-bunyian.
Tumbuh kembang bayi 6 bulan
Pada usia 6 bulan, berat badan bayi laki-laki merupakan 6,3 kg - 9,8 kg. Berat badan bayi perempuan adalah 5,8 kg - 9,tiga kg. Sedangkan panjang badan anak usia 6 bulan merupakan, pria 63,dua cm - 71,9 centimeter & wanita 61,dua cm - 70,3 cm.
Usia 6 bulan, gerakan motorik anak telah sanggup duduk sendiri tanpa berpegangan, serta mencari & mengambil mainan/benda yg ia jatuhkan. Pada termin ini, bayi jua sanggup memasukan kuliner/biskuit sendiri ke pada mulut.
Tumbuh kembang bayi 7 bulan
Bayi laki-laki usia 7 bulan berat badannya adalah 6,7 kg - 10,3 kg. Dan bayi wanita 6 kg- 9,8 kg. Sedangkan panjang badan anak umur 7 bulan adalah pria : 64,8 centimeter - 73,8 cm dan wanita 62,7 centimeter - 71,9 centimeter.
Pada usia 7 bulan, anak telah sanggup mengkoordinasikan antara tangan kanan & kiri, ketika merogoh mainan. Serta mengeluarkan bunyi, " Maa maa..."
Tumbuh kembang bayi 8 bulan
Bayi laki-laki umur 8 bulan, berat badannya adalah 6,9 kg - 10,7 kg. Dan bayi perempuan 6,2 kg - 10,dua kg. Sedangkan panjang badan anak usia 8 bulan adalah, pria 66,dua cm - 75 cm, & bayi perempuan 64 centimeter - 73,5 centimeter.
Pada usia 8 bulan, anak telah mampu berdiri sembari berpegangan atau dengan alat bantu, misal berdiri menggunakan memegang tangan kursi.
Tumbuh kembang bayi 9 bulan
Bayi pria usia 9 bulan, berat badannya adalah 7,2 kg - 11,1 kg & bayi perempuan 6,lima kg - 10,6 kg . Sedangkan panjang badan anak pria usia 9 bulan merupakan, 67,5 centimeter - 76,3 cm & panjang badan bayi wanita 9 bulan merupakan 65,tiga cm - 75 centimeter.
Pada usia 9 bulan, anak telah sanggup melambaikan tangan pada seorang sambil tersenyum.
Pada usia 10 bulan, berat badan bayi laki-laki idealnya 7,4 kg - 11,4 kg dan bayi perempuan 6,8 kg - 10,9 kg. Sedangkan panjang badan idealnya bayi laki-laki adalah 68,7 centimeter - 77,9 centimeter, dan bayi wanita 66,5 cm - 76,4 cm.
Masa umur 10 bulan, bayi telah mampu memukul mainan menggunakan kedua tangan, dan bisa bertepuk tangan sembari ketawa-ketiwi.
Tumbuh kembang bayi 11 bulan
Bayi laki-laki usia 11 bulan, berat badan normalnya berada pada rentang 7,1 kg - 11,7 kg, dan bayi perempuan 6,9 kg - 11,2 kg.  Sedangkan panjang badan anak laki-laki umur 11 bulan adalah 69,9 cm  - 79,2 cm, dan panjang badan anak perempuan 11 bulan adalah 67,7 cm - 77,8 cm.
Pada usia 11 bulan, idealnya anak telah mampu memilih dan meminta mainan & makanan.
Tumbuh kembang bayi 12 bulan ( 1 tahun)
Anak usia 12 bulan atau 1 tahun adalah fase yg berharga bagi kedua orang tua, akan merayakan 1 tahun usia anaknya. Pada tahap ini, tumbuh kembang anak menjadi perhatian penuh bagi ke 2 orang tua.
Berat badan ideal anak umur 12 bulan merupakan Laki-laki 7,8 kg - 12 kg, dan berat badan anak perempuan 12 bulan merupakan 7,1 kg - 11,5 kg. Sedangkan panjang badan anak laki-laki usia 1 tahun adalah 71 cm - 81,5 centimeter & anak wanita 1 tahun panjang badannya merupakan 68 centimeter - 79,2 centimeter.
Pada usia 12 bulan anak sudah mampu berdiri tanpa berpegangan, & memasukan mainan ke cangkir, dan mulai pandai bermain dengan orang lain.
Kesimpulan Pedoman Tahapan tumbuh kembang bayi usia 0 - 12 bulan
Pedoman ini hanyalah sebagai panduan bagi Ayah dan Ibu dalam memantau perkembangan dan pertumbuhan anak 0 - 1 tahun, baik pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun perkembangan motorik dan sensorik anak.
Angka-angka tentang berat badan dan panjang badan anak yang medianers tuliskan tidaklah mutlak, itu hanya berdasarkan kesepakatan sebagaimana yang di susun oleh WHO Growth Chart, 2005. Kerjasama dengan Divisi Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI, RSCM, 2011. Yang mana tabel tumbuh kembangnya medianers jadikan sebagai referensi.
Bilamana Ayah , bunda dan pembaca menemui keganjilan pada tumbuh kembang anak dari membandingkan menggunakan pedoman ini, maka sebaiknya konsultasikan " si butir hatinyadanquot; ke pelayanan kesehatan terdekat.









































0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini