WHAT'S NEW?
Loading...

Membandingkan IGD Indonesia dengan Malaysia| Bloggout

Medianers ~ Di Indonesia, bernama Instalasi Gawat Darurat, disingkat IGD, atau Unit Gawat Darurat, (UGD). Sedangkan di Malaysia disebut sebagai Jabatan Kecemasan dan Trauma. Memang, agak janggal di telinga sebutan IGD-nya Malaysia. Sebetulnya, kata IGD ini secara Internasional disebut juga dengan Emergency Departments.

Di Malaysia, tenaga kesehatan yang bertugas di Jabatan Kecemasan dan Trauma disebut sebagai Pakar perubatan dan kecemasan. Disadur dari Wikipedia  , narasi pekerjaannya seperti ini, "perubatan kecemasan, juga dikenali sebagai kemalangan dan perubatan kecemasan, adalah khusus perubatan yang berkaitan dengan penjagaan penyakit atau kecederaan yang memerlukan perhatian perubatan segera," demikian tertulis.

Narasi lanjutnya merupakan, " ahli perubatan kecemasan menjaga pesakit yang nir berjadual dan tidak dapat dibezakan menurut semua peringkat umur. Sebagai penyedia talian pertama, tanggungjawab primer mereka merupakan buat memulakan pemulihan dan penstabilan dan untuk memulakan penyiasatan dan campur tangan buat mendiagnosis dan merawat penyakit pada fasa akut."

Sedangkan di Indonesia, berdasarkan informasi dari Wikipedia bahwa, "Unit Gawat Darurat atau Instalasi Gawat Darurat sebagai, salah satu bagian di Rumah Sakit yang menyediakan penanganan awal bagi pasien yang menderita sakit dan cedera, dapat mengancam kelangsungan hidupnya. Di UGD dapat ditemukan dokter dari berbagai spesialisasi bersama sejumlah perawat dan juga asisten dokter," demikian. (Editor: Nurman)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini