WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal Coronavirus (CoV) dan Cara Mencegah Penularan| Bloggout

Medianers ~ Coronavirus (CoV) merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit, mulai berdasarkan flu biasa, sampai penyakit yang lebih parah, misalnya Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV). Dan, Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV).

Jenis virus yg ditemukan di Wuhan, China diduga berjenis Coronavirus Novel (NCoV), yaitu termasuk jenis virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia. Sebab, rantai penularan virus tadi melalui zoonosis, ialah ditularkan antara fauna & manusia.

Investigasi jelas WHO (Badan Kesehatan Dunia) melaporkan bahwa, SARS-CoV ditularkan menurut kucing ke insan & MERS-CoV berdasarkan unta dromedaris ke insan. Dan, terdapat juga, beberapa coronavirus yang dikenal tersebar pada fauna, tapi belum menginfeksi manusia.

Tanda-tanda umum infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi bisa menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, & bahkan kematian.

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi termasuk mencuci tangan secara teratur, menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur dengan saksama. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin. (Sumber : WHO/ Editor : Nurman)

Terkait : Tiongkok KLB Pneumonia, PDPI Sarankan Pencegahan dengan Cara Ini

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini