WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Gejala dan Obat Penyakit Gondongan Pada Anak | Bloggout

Gejala-dan-Obat-Penyakit-Gondongan-Pada-Anak

[ 14/03/2020 08:51:48 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Gejala dan Obat Penyakit Gondongan Pada Anak" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 08:51:48, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Gejala dan Obat Penyakit Gondongan Pada Anak:

Gejala Penyakit Gondongan Pada Anak

Obat Penyakit Gondongan Pada Anak

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Gejala dan Obat Penyakit Gondongan Pada Anak" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Obat Tradisional Demam Berdarah Pada Anak

Penyakit gondongan pada anak sebetulnya merupakan penyakit yang akan sembuh sendiri tanpa obat. Namun diperlukan istirahat cukup dan makanan yang terjaga kandungan gizinya.

Pada jaman dahulu, bocah yang menderita gondongan biasanya diberi blau atau bubuk pewarna buat pakaian. Sampai hari ini belum ditemukan hubungan antara penyakit gondongan dan pemberian blau tersebut, karena secara medis memang tidak disarankan. Akan tetapi pada banyak kasus, penderita gondongan yang diberi blau lebih cepat pulih.

Komplikasi tersebut bisa berupa peradangan pada kantong (bagi anak pria), peradangan pada indung telur (pada anak perempuan), peradangan pada pancreas, ginjal dan juga peradangan pada sendi. Obat penyakit gondongan pada anak lebih ditunjukkan buat mengurangi gejalanya. Penderita harus mendapatkan istirahat cukup dan juga makanan bergizi agar kekebalan tubuhnya meningkat.

Anak yang pernah terkena penyakit gondongan, biasanya akan memiliki kekebalan terhadap penyakit ini seumur hidupnya. Hampir semua anak yang pernah menderita gondongan akan pulih sendiri. Namun bukan tidak mungkin ada komplikasi jika penyembuhannya kurang tepat.

Kebanyakan anak bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Gejala awal biasanya deman tinggi disertai sakit kepala, nyeri pada rahang belakang, nyeri otot serta tidak ada nafsu makan. Rahang belakang pun terkadang terasa kaku sehingga anak susah membuka mulutnya. Gejala awal ini diikuti dengan gejala lanjutan berupa pembengkakan di bawah telinga.

Kasus penyakit gondongan jarang ditemukan pada anak di bawah 2 tahun. Ini dikarenakan mereka biasanya masih memiliki antibodi yang baik, terutama anak berumur di bawah 2 tahun yang mendapatkan air susu ibunya. Gejala penyakit gondongan pada anak biasanya tidak terdeteksi dengan jelas.

Percikan ludah dan air seni penderita mengandung virus gondongan. Apajika percikan ini mengenai tubuh orang sehat, maka ia berkemungkinan besar terinfeksi virus tersebut. Khususnya apajika orang sehat tersebut mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Penderita penyakit gondongan biasanya ialah mereka yang kekurangan zat Iodium dalam tubuhnya. Mereka yang mengkonsumsi obat-obatan yang berfungsi menekan hormone tiroid juga memiliki resiko tinggi buat menderita penyakit gondongan. Penyebaran virus gondongan terjadi melalui kontak cairan penderita dengan orang sehat.

Penyakit gondongan atau dalam dunia medis dikenal sebagai Parotitis atau Mumps terdapat di seluruh dunia dan cenderung menyerang bocah. Meski demikian, banyak juga kasus dimana orang dewasa terserang virus ini. Akan tetapi, pada orang dewasa virus gondongan ini cenderung menyerang system syaraf pusat, prostat dan organ tubuh lainnya.

Penyakit gondongan pada anak merupakan suatu penyakit menular. Penyakit ini ditularkan oleh virus Paramyxovirus yang menyerang kelenjar yang terletak dia antara rahang dan telinga. Infeksi yang dikarenakan oleh virus ini mengakibatkan pipi bagian bawah dan leher bagian atas membengkak.

0 comments:

Post a Comment