WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah 5 Tips Bangun Dari Kegagalan Dengan Cara Positif

Bangkit dari kegagalan - Setiap orang niscaya pernah mencicipi kegagalan, lantaran kegagalan tidak selalu pada hal hal besar. Gagal membangun hubungan, gagal mempertahankan nilai yang baik, gagal mendapatkan pekerjaan merupakan beberapa pola kegagalan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari hari. Namun ada hal yang menarik yang bersama-sama masuk dalam logika, saya mengutip dari salah satu pebisnis dunia pemilik Virgin group yang membawahi lebih dari 400 perusahaan ternama dunia. Dalam pernyataanya saya sedikit mengutip "Sebenarnya tidak ada seorangpun yang benar benar gagal dalam apapupun yang dikerjakannya, seburuk apapun kondisinya mereka belum benar benar gagal saat masih mengusahakan apa yang mereka impikan. Kegagalan sejati hanya milik mereka yang berhenti berusaha & tidak melanjutkan apa yang sudah diusahakannya".

 Setiap orang niscaya pernah mencicipi kegagalan Inilah 5 Tips Bangkit dari Kegagalan Dengan Cara Positif

Bagaimana orang orang sukses dan berpikir positif menyikapi suatu kegagalan? Mereka mempunyai keyakinan bahwa kegagalan ialah cara berguru memahami sesuatu dan menjadikannya sebagai pengalaman & pelajaran berharga untuk tidak jatuh pada lubang yang sama untuk kedua kalinya. Sedang mereka orang orang pesimis dan tidak siap dengan kegagalan akan mengutuk keadaan sambil mencari-cari alasan penyebab kegagalan mereka. Bagi pebisnis sukses, cara mereka untuk berdiri dari kegagalan dan kembali menatap masa depan ialah salah satu hal kunci. Sikap mirip itu bisa dipelajari, bisa dibiasakan. Berikut ialah beberapa tips & cara menyikapi kegagalan dengan positif untuk berdiri mirip dikutip dari Entrepeneur.com:

Jangan menyembunyikan kegagalan

Menyembunyikan dan memendam perasaan akhir suatu kegagalan justru akan menjadi tekanan dan bisa menciptakan stres. Memang tidak gampang untuk mendapatkan kenyataan bahwa kita telah mengalami kegagalan, tidak gampang pula untuk mendapatkan bahwa banyak yang tahu kita mengalami kegagalan. Tetapi mencoba mendapatkan kegagalan dengan hati terbuka justru akan memotivasi diri sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga untuk perbaikan hidup yang lebih positif dan yang lebih baik.

Cari penyebab dan solusi bukan mencari kambing hitam

Setelah kita bisa membuka hati dan mendapatkan kegagalan maka langkah selanjutnya untuk menyikapi kegagaan dengan cara yang positif ialah dengan mencari tahu segala penyebab dan solusi, bukan justru mencari kambing hitam. Walaupun banyak faktor "X" yang mungkin ikut mempengaruhi kegagalan tetapi faktor terbesar yang besar lengan berkuasa terhadap kegagalan kita ialah diri kita sendiri. Daripada membuang energi dan waktu untuk mencari kambing hitam atas kegagalan maka lebih baik gunakan waktu dan energi yang kita buang untuk mencari dan mengidentifikasi penyebab logis kegagalan kita selanjutnya kita bisa mengetahui cara dan solusi sempurna untuk menciptakan langkah langkah perbaikan.

Menyusun dan menciptakan planning yang lebih matang untuk memperbaiki kegagalan

Mengutip pernyataan Richard branson pemilik Virgin Group bahwa "tidak ada orang yang benar benar gagal saat mereka masih mengupayakannya" maka pernyataan bahwa kegagalan ialah keberhasilan yang tertunda ialah benar adanya dengan tanda kutip "Bagi mereka yang terus mau berguru dari kesalahan dan terus mengusahakannya dengan gigih". Mereka yang bisa berguru dari kesalahan akan semakin kecil peluang untuk jatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya dan akan lebih berpengalaman dari sebelumnya, sehingga menciptakan karakternya semakin kuat.

Jika mendapati kegagalan diibaratkan dengan masuk ke dalam kubangan lumpur, untuk bisa melanjutkan perjalanan kita harus mencari cara untuk tidak kembali jatuh sembari mencari cara untuk membersihkan diri mungkin dengan mandi dan membereskan noda-noda lumpur. Tak perlu menunggu dan mengharapkan seseorang untuk tiba membawa air dan handuk yang bersih. Setiap mendapati kegagalan selalu cari penyebab, belajar, rencanakan lebih baik untuk menyelesaikannya, kemudian lakukan dengan baik.

Cara pandang dan berpikir lebih optimis

Untuk mendapatkan hasil yang positif maka sudah sewajarnya kita berpikir dan berbuat lebih positif. Orang yang punya kemampuan untuk mendapatkan kegagalan biasanya memandang kegagalan disebabkan oleh sesuatu langkah yang salah dan itu bisa dibenahi, bukan menyalahkan sesuatu di luar kendali mereka mirip rasa malas, pengetahuan dan lain-lain. Ketika mereka bisa berpikir secara positif maka hal itu akan mempengaruhi tindakan mereka juga dalam jalur yang positif dan saat seseorang berpikir secara positif disertai dengan optimisme, bertindak dengan lebih positif maka akibatnya juga akan lebih positif. Pemikiran yang optimis dan tindakan yang positif bisa menggusur awan gelap kegagalan menjadi cahaya terperinci menuju keberhasilan.

Gigih dan pantang mengalah dalam perjuangannya untuk bangkit

Jika cara pandang dan optimisme berada di ranah mental, gigih berada di ranah tindakan. Bagaiman melaksanakan sesuatu dengan yakin dan pasti, dengan optimis. Orang-orang yang gigih dan pantang mengalah terlihat dari cara mereka berdiri saat berkali-kali jatuh dalam lubang kegagalan.

0 comments:

Post a Comment