WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah 5 Tips Melepaskan Trauma, Mendapatkan & Berguru Dari Kegagalan

Belajar dari kegagalan -  Hadapi kegagalan dan jangan pernah membuatnya menghentikan langkah kita, setidaknya itulah yang ditulis Susan tadarnito Contributor sekaligus penulis banyak sekali buku Leadership & Comunnication. Kita perlu menyadari bahwa tidak ada yang lepas dari sebuah kesalahan, alasannya yaitu kita hanyalah insan biasa yang tidak akan pernah lepas dari kesalahan dan kekhilafan. Sebagian besar dari kita tahu bahwa kegagalan yaitu realitas kehidupan, dan pada tingkat tertentu, kita perlu memahami bahwa itu benar-benar membantu kita tumbuh. Dari kegagalan demi kegagalan yang kita lalui akan menumbuhkan pelajaran yang berharga dan menciptakan kita menjadi lebih berkompeten dan besar lengan berkuasa dimasa mendatang.

 Hadapi kegagalan dan jangan pernah membuatnya menghentikan langkah kita Inilah 5 Tips Melepaskan Trauma, Menerima & Belajar Dari Kegagalan

Semua orang menyeramkan kegagalan dan berharap tidak pernah melaluinya. namun itu yaitu hal yang tidak mungkin terjadi alasannya yaitu kegagalan selalu ada dalam hidup kita. Mari kita hadapi kegagalan dan belajarlah dari kegagalan tersebut. Namun bagi sebagian orang sangat sulit melepaskan syok dari kegagalan dan pada karenanya takut untuk memulai, melangkah atau melanjutkan planning kita dari awal. Mengapa begitu sulit untuk melepaskan, memaafkan diri sendiri dan melanjutkan hidup pasca kegagalan kita? Dan bagaimana kita bisa menjaga semangat tetap tumbuh ketika kita menemui kegagalan, berikut tipsnya untuk anda menyerupai ditulis oleh Susan?

Jangan menciptakan kegagalan merupakan hal personal

Memisahkan kegagalan dari identitas Anda. Hanya alasannya yaitu Anda belum menemukan cara sukses melaksanakan sesuatu (belum) tidak berarti Anda gagal. Atau hanya alasannya yaitu anda kali ini gagal jangan pernah merasa bahwa dimasa mendatang anda akan terus mengalami kegagalan. Kegagalan yaitu kesuksesan yang tertunda selama anda bersabar dan menjadikannya pembelajaran. Bahkan bahwasanya tidak ada kata gagal ketika anda masih mengupayakannya, bukan? Ini benar-benar pengalaman yang terpisah, namun banyak dari kita mengaburkan garis antara mereka. Personalisasi kegagalan sanggup mendatangkan malapetaka pada diri kita dan keyakinan. Yakinlah bahwa kegagalan bukan jati diri anda, melainkan hal yang bahwasanya membantu anda berguru lebih kuat.

Sebagai pola saja: Ada seorang laki-laki yang gagal dalam bisnis pada usia 21, kemudian ia gagal dalam pemilihan legislatif pada usia 22, gagal lagi dalam bisnis pada usia 24, gagal menikah alasannya yaitu maut tunanganya pada usia 26, mempunyai gangguan saraf pada usia 27, gagal lagi pada pemilihan kongres pada usia 34, gagal menjadi senator pada usia 45, gagal menjadi Wapres pada usia 47 dan terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat pada usia 52. Pria ini Abraham Lincoln. Dia menolak untuk membiarkan kegagalannya mendefinisikan jati dirinya dan terus berjuang melawan rintangan yang signifikan untuk mencapai kejayaan. Tidak ada kata gagal selama anda terus berusaha.

Terima kegagalan, berguru dan beradaptasi

Seharusnya kegagalan menjadikan pembelajaran, perencanaan yang lebih baik dimasa mendatang dan menjadikan anda lebih analitis. Jangan hingga kegagalan mengakibatkan perasaan marah, frustrasi, depresi, trauma, menyalahkan atau bahkan penyesalan. Mengapa Anda gagal? Apa yang bisa saya lakukan untuk hasil yang lebih baik? Apakah kegagalan sepenuhnya di luar kendali Anda? Mungkin itulah pertanyaan pertanyaan faktual yang bisa membantu anda tetap semangat dan menciptakan anda berguru dari kegagalan.

Thomas Edison tercatat dalam bukunya gagal sebanyak 10.000 kali sebelum karenanya menemukan bola lampu. Seperti dikutip dari bukunya ia mengatakan, "Saya telah menemukan 10.000 cara dan hal itu tidak bekerja. Saya tidak berkecil hati, alasannya yaitu setiap perjuangan yang salah saya buang yaitu langkah saya untuk maju." Makara pantaskah anda mengharapkan kesuksesan besar tapi sudah mengalah 2-3 kali gagal? Wright bersaudara menghabiskan bertahun-tahun bekerja untuk menciptakan prototipe pesawat dan ribuan kali gagal hingga prototipenya masih digunakan untuk menciptakan pesawat hingga ketika ini.

Berhenti meratapi kegagalan

Menyesali kegagalan Anda tidak akan mengubah hasil. Bahkan, ketika anda hanya berkutat dan terus meratapi kegagalan hal itu hanya menghentikan langkah anda untuk maju. Anda tidak bisa mengubah masa lalu, tetapi Anda sanggup membentuk masa depan Anda. Semakin cepat Anda mengambil langkah maju yang positif, semakin cepat Anda meninggalkan dan melupakan kegagalan anda.

Lupakan kata orang & lanjutkan

Ketakutan kita akan kegagalan berakar pada rasa takut kita dihakimi dan kehilangan rasa hormat dan harga diri orang lain alasannya yaitu kegagalan kita. Ingat, ini yaitu hidup Anda, bukan milik mereka. Orang lain mungkin berhak menyampaikan semau apa yang ada dipikiran mereka, tapi anda dikaruniai 2 tangan yang bisa anda gunakan menutup pendengaran ketika orang lain berbicara jelek perihal diri anda. Bukalah pendengaran anda untuk orang orang yang menciptakan anda maju dan jangan terpengaruh dengan orang lain yang justru menciptakan anda terjatuh.

Cobalah sudut pandang baru

Cobalah sudut pandang yang lebih faktual ketika anda gagal. Salah satu hal terbaik yang sanggup Anda lakukan yaitu untuk mengubah perspektif Anda dan sistem kepercayaan jauh dari negatif sebagai pola ( "Jika saya gagal, itu berarti saya bodoh, lemah, tidak mampu, dan saya ditakdirkan untuk gagal") dan ubah sudut pandang itu menjadi lebih faktual ( "Jika saya gagal, berarti satu langkah lebih erat untuk sukses; saya lebih cerdas dan lebih cerdas alasannya yaitu pengetahuan saya sudah diperoleh melalui pengalaman dari kegagalan ini").

Memang, salah satu tidak sanggup menemukan kisah sukses bersejarah atau saat-hari yang tidak juga kisah kegagalan besar. Dan kalau Anda bertanya orang-orang yang telah membedakan diri melalui prestasi mereka, mereka akan memberitahu Anda bahwa kegagalan yaitu enabler penting dari keberhasilan mereka. Itu motivator mereka. guru mereka. Sebuah watu loncatan sepanjang jalan mereka untuk kebesaran. Perbedaan antara mereka dan rata-rata orang yaitu bahwa mereka tidak menyerah.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini