WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah 10 Cara Ampuh Dan Praktis Mengatasi Rasa Ngantuk Di Pagi Hari

Info Terkini | Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari - Mengantuk ialah hal yang manusiawi. Apalagi di saat kita merasa benar-benar lelah dan letih. Namun, terkadang mengantuk itu bisa menjadi hal yang tak masuk nalar apabila kita sering mengalaminya. Misalnya saja saat kita sedang mendengarkan guru di kelas, saat bekerja, atau bahkan saat kita sedang mengerjakan peran yang menumpuk. Hal itu sangat mengganggu sebab kita harus melawan rasa ngantuk yang berat di saat kita harus merampungkan pekerjaan kita.

Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari Inilah 10 Cara Ampuh Dan Gampang Mengatasi Rasa Ngantuk Di Pagi Hari

Ada berbagai faktor penyebab rasa ngantuk yang kita alami sulit sekali dihilangkan. Misalnya saja sebab faktor energi yang terkuras simpulan bekerja keras, begadang semalaman, atau sebab kondisi badan kita kurang mendukung. Sebenarnya, ada banyak cara ampuh dan simpel untuk mengatasi rasa ngantuk yang terjadi pada diri kita.

10 Cara Ampuh & Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari

1. Aturlah Pola Tidur

Jagalah teladan tidur Anda menggunakan baik. Tidur yg baik dilakukan selama lebih kurang 7 jam setiap harinya. Jika ketika tidur kita kurang, terang kita akan merasa ngantuk. Selain itu, tidur siang yg terlalu lama akan mengakibatakn kita sulit tertidur pada saat malam, sehingga kita akan tertidur lebih malam berdasarkan jam tidur normal.

2. Batasi Jarak dengan Alat Elektronik

Jauhkanlah diri Anda dari alat-alat elektronik yang ibarat televisi, komputer, speaker, dan alat-alat lain yang memiliki radiasi terlalu tinggi yang mengakibatkan kita lebih cepet lelah. Ditambah, jauhkanlah smartphone Anda dari posisi Anda tidur, sebab tanpa kita rasakan secara langsung, radiasi smartphone bisa mengurangi kualitas tidur Anda. Ada baiknya bila kita mengaturnya menjadi airplane mode atau lebih baik bila dimatikan.

Tiga. Matikan Lampu Kamar Tidur

Usahakan matikan lampu saat kita hendak tidur. Cahaya almpu yang terlalu jelas sanggup membuat kita sulit unutk tertidur. Selain itu, terangnya cahaya lampu membuat mata kita beerja terlalu keras sekali pun kita sudah tertidur. Karena terkadang beberapa jenis lampu mempunyai kentara cahaya yg sebagian bisa menembus kelopak mata. Bagi Anda yg nir terbiasa tidur dalam keadaan gelap, Anda bisa mematikan lampu kamar & menggantinya menggunakan lampu tidur. Hal itu lebih baik sebab lampu tidur nir mempunyai intensitas cahaya yang terlalu tinggi.

4. Lakukan kegiatan

Terkadang kita merasa berat saat akan bangun di pagi hari. Bahkan, kita masih merasa lesu dan tak garang sesudah bangun. Ketika bangun pagi, cobalah duduk sebentar di ranjang sambil mengatur nafas kita. Setelah itu, lakukanlah kegiatan pagi yang Anda senangi, misalnya menonton acara televisi, berjalan keliling rumah, atau berolah raga ringan, semoga badan kita tergerak dan pikiran kita terangsang sehingga mengurasi rasa ngantuk yang mengakibatkan kita menjadi malas.

5. Peregangan / Berolah Raga

Kita pasti sering terserang rasa ngantuk saat baru mulai berlativitas, misalnya saat kita baru beberapa jam duduk di meja kantor, atau beberapa jam berada di kelas. Untuk mengusir rasa ngantuk, kita bisa melakukan peragangan tubuh. Manfaatnya ialah semoga hormon endorfin kita meningkat dan memperlancar sirkulasi darah di tubuh. Hal ini akna membuat badan kita terasa lebih nyaman dan bertenaga. Selain itu, rutin berolah raga akan meningkatkan sistem ketahanan badan kita, sehingga kita tidak simpel mengantuk di pagi hari.

6. Tahan nafas

Ketika kegiatan di ruangan sangat kondusif, misalnya di saat ujian di kelas atau di kantor masih ada sedikit orang, suasananya terlalu sepi sehingga kita lebih mudah mengantuk. Terkadang sutuasikita tak memungkinkan untuk melakukan olah raga ringan atau bahkan hanya sekekdar melakukan peregangan biasa. Cobalah menarik nafas melalui hidung dalam-dalam kemudian tahan hingga batas kemampuan kita. Kemudian keluarkan melalui lisan secara perlahan-lahan saja, jangan langsung mengeluarkan semua. Kegiatan ini akan memicu kerja jantung sedikit meningkat, sehingga penitikberatan yang terjadi bisa mengusir rasa ngantuk.

7. Aturlah Menu Sarapan Pagi

Biasakanlah unutk sarapan pagi semoga perut kita terisi tenaga yang cukup untuk melakuakn kegiatan kita di pagi hari. Jangan haya sekedar meminum kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk. Karena jka kita hanya minum kopi saja di pagi hari, perut kita masih belum terisi penuh. Selain itu, kopi hanya berdampka sementara terhadap rasa ngantuk kita. Ada berbagai hidangan yang tepat dan sehat ibarat yogurt, susu, oatmeal, sereal, telur, roti gandum dengan selai kacang, pepaya, atau pisang, yang bisa kita pilih dan kita variasikan unutk sarapan pagi.

8. Segelas Air Putih

Minumlah segelas air putih buat membarui cairan badan yg hilang, terutama waktu kita bangun pagi sehabis semalaman cairan badan kita terkuras saat kita tidur. Ada baiknya kita meminum air putih masbodoh sebab lebih digdaya dibandingkan menggunakan air hangat. Tetapi, tak terdapat salahnya apabila kita ingin minum segelas air hangat.

9. Mandi

Sebagian besar orang menganggap ini ialah cara yang paling efektif unutk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari. Dengan mandi, kita bisa membersihkan badan kita dan menyegarkannya kembali. Setelah beberapa jam tertidur, badan kita pasti akan terasa lesu dan tidak bersemangat. Oleh sebab itu, mandi di pagi hari ialah cara yang sangat ampuh. Selain itu, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mandi di waktu pagi-pagi buta (sekitar waktu Shubuh) ialah waktu yang sangat efektif untuk menyeharkan badan kita. Tentunya hal ini juga membuat badan kita segar lebih lama.

10. Sunbathing

Siapa yg nir mengenal kata sunbathing? Yah, sunbathing atau yang lebih akrab dianggap menjadi berjemur adalah aktivitas yang poly dilakukan sang masyarakat. Selain sanggup memperkuat tulang-tulang kita, berjemur pada pagi hari juga bisa memperlancar peredarah darah kita, sebagai akibatnya pikiran kita sanggup lebih kuat buat konsentrasi.

:

Cara Mengatasi Mata Minus menggunakan Aman dan Cepat

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Cepat

Demikian itulah artikel Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari , cobalah untuk melakukan beberapa cara yang menurut Anda paling mudah dan ampuh untuk mengatasi rasa ngantuk Anda di pagi hari. Semoga bermanfaat ^_^

0 comments:

Post a Comment