WHAT'S NEW?
Loading...

Luar Biasa Manusia Punya Tiga Ginjal| Bloggout

Tempo lalu sahabat saya bilang, "bapak X punya 3 (3) ginjal." Mendengar pernyataan sahabat tersebut saya sebagai kaget, "Kok mampu ?" Tanya aku . " Karena ia transplantasi ginjal" jawabnya. " Ginjal yang rusak nggak dibuang ya?" Bantah saya. Nah, dia pun resah, "Kok kamu nggak tau sih, kamu kan Perawat Kamar Operasi, masa nggak tau?" Ulasnya.

Meskipun aku bekerja pada Kamar Operasi, aku sahih-benar tidak tau, lantaran ketika kuliah, saat pembinaan Perawat Kamar Operasi hingga saat ini belum pernah melihat atau melakukan transplantasi ginjal/cangkok ginjal apa lagi membaca teorinya.

Pemahaman saya selama ini, transplantasi ginjal adalah mengganti ginjal yang tidak mampu melakukan fungsinya dengan ginjal yang sehat. Dalam kondisi normal manusia punya dua ginjal satu di bagian kiri dan satu lagi di bagian kanan, garis tengahnya adalah tulang punggung. Misal, jika ginjal  kiri rusak maka ginjal kiri di buang dan di ganti dengan ginjal yang sehat.

Apabila ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai  filtrasi dan reabsorbsi, yakni membuang sampah yang tidak di butuhkan tubuh melalui urine dan menyerap kembali yang dibutuhkan tubuh untuk di alirkan keseluruh tubuh melalui darah, dikenal juga dengan gagal ginjal, maka pasien terus-menerus dilakukan tindakan cuci darah di Rumah Sakit.

Bagi yg mampu, tentunya mencari ginjal tambahan buat pada cangkok. Sedangkan yg nir sanggup, yah tetap cuci darah terus-menerus.

Saat pencangkokan, ternyata pakar bedah menanamkan satu lagi ginjal yang sehat dalam perut kanan bagian bawah. Tanpa membuang ginjal yang tidak bisa menjalankan kegunaannya. Tujuan menambah ginjal adalah supaya ginjal yg sehat bisa meringankan kerja ginjal yg sudah rusak.

Ginjal sanggup saja di buang satunya lagi apabila terkena infeksi yang bisa mengakibatkan komplikasi hebat. Sepanjang ginjal tidak mengalami infeksi, maka ginjal tetap dipertahankan & akhirnya ginjal pasien sebagai 3. Sungguh luar biasa, insan sanggup hayati dengan 3 ginjal dalam tubuhnya.

Nah pertanyaanya, bagaimana dengan orang yang mendonorkan ginjalnya, Apakah ia bisa bertahan hidup dengan satu ginjal? Cari jawabannya di artikel ini " Bisakah manusia hidup dengan satu ginjal? "

0 comments:

Post a Comment