WHAT'S NEW?
Loading...

Ini 4 Kebiasaan Kecil Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak| Bloggout

Masa anak-anak merupakan masa yg paling efektif buat mengajarkan hal yg baik-baik pada anak, terutama etika pada kehidupan sehari-hari. Medianers merangkum 4 hal norma mini yang perlu pada ajarkan dalam anak sejak ia mulai pandai bicara & memahami perkataan orang tua.

Kebiasaan-baik-pada-anak

4 Kebiasaan mini yg perlu di ajarkan dalam anak menjadi berikut:

1. Ajarkan semenjak dini dalam anak mengucapkan salam dan bersalaman.

Agar anak nir canggung mengucapkan salam dan bersalaman dengan orang lain dewasa nanti, maka orang tua bisa melatihnya semenjak dini . Mulailah bersalaman menggunakan orang-orang yang terdapat pada tempat tinggal , dan mengucapkan salam saat masuk rumah atau mau keluar tempat tinggal .

Misal, jikalau ayah atau ibu mau bepergian, maka ajarkan anak dengan bersalaman sebelum berangkat, serta mengucapkan salam," Assalamualaikumdanquot; lakukan hal demikian setiap hari, setiap mau berangkat dan setiap akan masuk rumah sehabis bepergian.

Kemudian, salami setiap tamu yang berkunjung ke rumah anda atau ketika anda bertamu ke suatu tempat dan bertemu karib kerabat,  sebagai contoh yang baik, dan minta juga anak melakukan hal yang sama, agar ia terbiasa saat beranjak dewasa .

2. Ajarkan anak sejak dini mengucapkan istilah maaf.

Jika orang tua melakukan ke kekhilafan pada anak, misal memarahinya karna anak nir bisa damai, terus ribut & nir mampu dilarang sampai perabotan tempat tinggal berantakan, meskipun sudah ditegur anak terus ribut dan menciptakan kekacauan, akhirnya anda menghentikan menggunakan cara kekerasan, seperti menjewer, mencubit, atau menarik lengan serta mengintimidasi agar dia berhenti ribut.

Setelah anda melakukan, anda menyesal. Maka kesempatan baik berkata pada anak, bahwa anda " minta maaf nak, ayah/bunda sudah khilaf membuatmu ketakutan dan menangisdanquot;, misal. Beritahukan pula dalam anak, bahwa kesalahannya, dan ajarkan pula dia mengucapkan istilah "maafdanquot; , karena sudah melakukan kesalahan. Agar beliau tahu bahwa penawar kesalahan adalah kata "maafdanquot;.

Tiga. Ajarkan anak semenjak dini mengucapkan terima kasih.

Saat anda minta bantuan pada anak, misal minta tolong mengumpulkan mainannya yang berserakan, atau minta tolong mengambilkan sesuatu yang dekat dari jangkauannya, maka siapkanlah pada anak, " Terima kasih fulan" sebaiknya  sebutkan nama anak saat mengucapkan kata "terima kasih", demikian juga ketika anda memberikan sesuatu pada anak, minta juga ia mengucapkan   "terima kasih bunda" atau "terima kasih ayah", misal.

Begitu seterusnya, setiap waktu dan setiap hari, supaya tertanam pada alam bawah sadar anak bahwa mengucapkan kata terima kasih pada orang lain ,sebuah keharusan, di waktu orang lain sudah membantu atau memberikan sesuatu dalam kita.

4. Ajarkan anak semenjak dini memberi kalimat kebanggaan.

Ketika anak berhasil melakukan sesuatu seperti yang anda inginkan, maka jangan pelit mengucapkan kalimat kebanggaan pada anak, misal anak bisa menghabiskan makanannya, sebaiknya berikan kebanggaan, " pintar anak mak yadanquot; serta menghadiahinya ciuman. Atau saat anak habis mandi & mengenakan sandang, jangan pelit katakan " Cantiknya/ gantengannya anak ayah, wangi lagidanquot;, misal.

Di saat orang tua tidak pelit memberi kalimat pujian pada anak, maka anak terbiasa dan percayalah anak juga akan mudah memberi pujian pada orang tua, dan orang lain,  karena kalimat pujian tertanam dialam bawah sadar nya , sehingga ia juga mudah memberikan pujian pada orang lain. Sesungguhnya kalimat pujian dapat memotivasi dan meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

Banyak norma lain yg perlu diajarkan pada anak, 4 norma mini pada atas medianers share hanya sebagian mini berdasarkan kebiasaan lain yg perlu diajarkan dalam anak. 4 norma kecil pada atas, tak jarang terpakai dalam kehidupan sehari-hari, & tak jarang juga terlupakan sang banyak orang pada bersosialisasi.

0 comments:

Post a Comment