WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6 Bulan | Bloggout

Makanan-Pendamping-ASI-untuk-Anak-Usia-6-Bulan

[ 14/03/2020 09:12:15 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6 Bulan" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:12:15, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6 Bulan:

  • Bayi sudah dapat duduk sendiri tanpa bantuan dengan kepalanya telah tersangga oleh tubuhnya dengan baik.
  • Bayi sudah mulai tertarik dengan makanan yang Anda konsumsi.
  • Bayi sudah bisa meraih makanan dan memasukkan makanan tersebut ke mulut karena telah ada koordinasi antara mata, mulut dan tangannya.
  • Bayi dapat menelan makanan. jika tidak dia akan mengeluarkan makanan itu kembali keluar dari mulutnya.
  • Untuk lebih jelasnya berikut ialah beberapa makanan pendamping Air susu ibu buat anak usia 6 bulan yang dapat dicoba.

Rekomendasi MPAir susu ibu buat anak usia 6 bulan

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6 Bulan" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Penyebab Susah Buang Air Besar

Nah itulah beberapa makanan pendamping Air susu ibu buat anak usia 6 bulan yang bisa Anda coba. Artikel lainnya artikel mengenai Makanan sehat buat bayi 6 bulan.

Selain dibuat jus, wortel juga dapat dimakan secara langsung. tak ada salahnya memberikan bayi wortel rebus. Makanan ini kaya akan vitamin A dan antioksidan yang baik buat tubuh si kecil.

Wortel

Selain buah-buahan, Anda juga bisa memanfaatkan kacang panjang sebagai hidangan buat pendamping Air susu ibu. Jenis sayuran ini kaya akan serat dan vitamin B kompleks. Dan pastinya vitamin dan nutrisi tersebut sangat bagus buat tumbuh kembang bayi. Agar si kecil lebih mudah mengonsumsinya, Anda bisa membuatnya menjadi bubur.

Kacang panjang

Berikutnya ialah dengan memberikannya buah pisang. Selain disukai oleh orang dewasa, bayi juga sangat menyukai buah yang satu ini. Anda bisa membuat bubur dari buah pisang. Kandungan nutrisi dalam buah pisang seperti vitamin A, asam folat, fosfor dan kalsium dapat menjaga kesehatan dan perkembangan si kecil. Sebenarnya Anda juga tidak perlu menjadikannya sebagai bubur karena pisang sudah memiliki tekstur yang halus. sehingga Anda bisa langsung memberikannya kepada si kecil dengan cara mengerukknya dengan sendok sedikit demi sedikit.

Buah pisang

Makanan pendamping Air susu ibu berikutnya ialah ubi jalar. Biasanya bayi yang mulai mengonsumsi makanan pendamping hanya akan diberikan bubur. Akan tetapi Anda juga dapat memberikannya ubi jalar. Karena ubi jalar juga makanan sehat yang mengandung nutrisi tinggi yang dapat menjaga tumbuh kembang si kecil.

Ubi jalar

Bolu bisa Anda dapatkan di toko roti terdekat, selain itu Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah campurkan bahan-bahan seperti susu tepung terigu, gula pasir, mentega telur sesudah tercampur kemudian masukkan telur dan aduk hingga rata. Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian. Lalu goreng dengan sedikit minyak.

Bolu kecil

Selain nasi tim, makanan buat pendamping Air susu ibu berikutnya ialah bubur susu. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan, seperti tepung beras, susu bubuk dan gula pasir. Masak ketiga bahan tersebut hingga matang. Setelah itu Anda dapat memberikannya pada anak.

Bubur susu

Yang pertama ialah nasi tim. Cara membuat nasi tim pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan beras, ikan, bayam, minyak kelapa, santan dan garam secukupnya. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan air lalu masak sampai matang. Setelah matang, Anda dapat memberikannya pada si kecil. Selain bayam, Anda juga dapat menggantinya dengan wortel maupun jenis sayuran yang lain.

Nasi tim bayi

Kapan bayi dapat dan siap dikenalkan oleh makanan? Seperti yang kita ketahui pertumbuhan bayi memang sedikit unik, sehingga tidak dapat dibandingkan antara satu sama lain. Akan tetapi jangan khawatir, karena ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa bayi telah siap mengonsumsi MPAir susu ibu. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah ciri bayi 6 bulan yang sudah siap mengonsumsi MPAir susu ibu.

Inilah tanda bayi sudah siap makan

Pada saat pertama kali memberikan makanan buat pendamping Air susu ibu, pastikan Anda memberikannya makanan yang halus atau lumat dan sebaiknya makanan yang diberikan ialah makanan buatan Anda sendiri seperti bubur dan lainnya. biasanya, bayi sangat menyukai makanan yang memiliki rasa manis, oleh sebab itu jika Anda ingin memberikanya sayuran mulailah memberikannya sayuran yang memiliki rasa manis seperti wortel maupun ubi manis.

Saat memberikan makanan pendamping, makanannya pun harus bervariasi selain buat memenuhi kebutuhan nutrisinya hal ini juga bertujuan agar bayi mulai mengenal berbagai variasi makanan. Cara memulai memberikan makanan buat pendamping Air susu ibu ialah dengan menggunakan ibu jari sebagai sendok, dan perhatikan reaksi bayi. Biasanya ada yang langsung membuka mulut dan ada pula yang mengeluarkan makanan yang diberikan, hal ini berarti refleks menjulurkan lidahnya belum hilang. Cobalah berulang kali memberikan makanan ke bayi sampai bayi dapat mengonsumsi tekstur makanan baru tersebut.

Air susu ibu merupakan asupan nutrisi terbaik bagi bayi yang harus diberikan hingga bayi berumur 2 tahun atau lebih. Akan tetapi sesudah bayi berumur 6 bulan, ia harus mendapatkan makanan tambahan. Orang tua sudah bisa mengenalkan makanan pendamping Air susu ibu (MPAir susu ibu) sebagai tambahan nutrisinya. Alasan pemberian MPAir susu ibu saat sudah berumur 6 bulan ialah pencernaan bayi yang sudah mulai sempurna, kematangan mekanisme menelan, kemampuan bayi buat duduk dan pertumbuhan gigi geligi.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini