WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Mengenal Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini | Bloggout

Mengenal-Gejala-Gagal-Ginjal-Sejak-Dini

[ 14/03/2020 09:13:08 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Mengenal Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:13:08, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Mengenal Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini:

Inilah gejala gagal ginjal yang perlu diketahui

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Mengenal Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Macam-macam Kelainan Pada Mata

Selain itu hipertensi, mual, muntah, ruam dan gatal pada kulit, tidak nafsu makan, berat badan turun, mudah lelah dan letih juga merupakan gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai. Artikel lainnya artikel lainnya inilah makanan yang baik buat kesehatan ginjal.

walaupun ada pula seseorang penderita gagal ginjal mengalami nokturia (sering buang air kecil malam hari), walau beberapa kasus seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis biasanya akan mengalami penurunan kadar urine. Bahkan ada pula yang tidak produksi urine sama sekali. Gagal ginjal pada tahap awal biasanya urine akan berbusa karena banyak mengandung protein.

Berkurangnya jumlah urine

Gejala gagal ginjal berikutnya ialah terjadinya pembengkakan tubuh. Hal ini terjadi karena cairan yang semestinya dikeluarkan, tertimbun di dalam tubuh karena terganggunya organ sekresi. Oleh karena itu, hal ini mengakibatkan bagian tubuh tertentu seperti pergelangan kaki, kaki, tangan serta wajah mengalami pembengkakan.

Terjadi pembengkakan tubuh

Tak hanya penderita penyakit jantung dan paru-paru saja yang mengalami gejala sesak napas, seseorang yang mengalami gagal ginjal biasanya juga akan mengalami hal ini. Ginjal yang sudah tidak berfungsi mengakibatkan cairan di dalam tubuh menutup saluran paru-paru. Sehingga hal ini mengakibatkan penderita mengalami sesak napas. Tak hanya itu aja, gagal ginjal juga mengakibatkan seseorang mengalami anemia. Kurangnya kadar oksigen yang di bawa oleh sel darah merah mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen serta mengakibatkan sesak napas.

Sesak napas

Gejala yang pertama ialah sakit pinggang. Sudah menjadi rahasia umum jika sakit pinggang merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh penderita gagal ginjal. Seperti yang kita ketahui, salah satu faktor gagal ginjal adanya batu ginjal. Jika tidak segera ditangani, batu ginjal tersebut akan terjerat dan terjebak di dalam ureter. Dan hal ini akan mengakibatkan rasa nyeri dan sakit pada daerah pinggang.

Sakit pinggang

Lalu apa saja faktornya? Beberapa hal yang dapat mengakibatkan gagal ginjal ialah diabetes yang tidak terkontrol, penyakit prostat, batu ginjal dan lainnya. Agar tehindar dari gagal ginjal yang parah, berikut ialah gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai sejak dini.

biasanya gagal ginjal ada 2 macam, yaitu gagal ginjal akut dan kronik. Gagal ginjal akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARF) akan terjadi saat ginjal tiba-tiba berhenti menyaring sisa metabolisme. Sedangkan gagal ginjal kronik (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) akan terjadi dan tumbuh secara perlahan-lahan.

Mengenal gejala gagal ginjal sejak dini, merupakan salah satu hal paling penting yang harus dilakukan setiap orang agar terhindari dari berbagai macam penyakit pada ginjal. Ini karena ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi buat menyaring darah dari sisa atau limbah metabolisme. Namun jika ginjal gagal melakukan hal tersebut, maka keadaan ini akan disebut sebagai gagal ginjal.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini