WHAT'S NEW?
Loading...

Ini Daftar Organisasi Spesialisasi Perawat di Bawah Naungan PPNI| Bloggout

PPNI lahir pada 17 Maret 1974. Kurang lebih 3 bulan lagi, sejak tulisan ini diposting, PPNI akan berusia 43 tahun. Di usia matang tersebut, PPNI telah melahirkan puluhan anak (organisasi sayap) baik bernama ikatan juga himpunan seminat yang akan medianers ulas satu-persatu. Diantaranya:

Peserta sarasehan setuju buat menciptakan organisasi peminatan keperawatan jiwa yg kemudian diresmikan berdirinya dalam tanggal 9 Oktober 1995 dengan nama organisasi Himpunan Perawat Jiwa Indonesia disingkat HPKJI & terpilih Drs.Haruman, BS menjadi Ketua Umum HPKJI.

Pada tahun 2006 terjadi perubahan nama organisasi menjadi Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI). Nama tersebut disepakati pada Musyawarah Nasional tahun 2006 di RSJP Magelang yg sekaligus mengukuhkan Drs.Haruman, BS menjadi Ketua Umum IPKJI. Drs.Haruman, BS sempat memimpin HPKJI / IPKJI selama dua priode (1995-2010). Saat ini, ketua umum IPKJI merupakan H. Supriyanto,SPd,M.Kes (2012- Sekarang).

Sedangkan misinya, " Menguatkan manajemen dan kepemimpinan IPANI di taraf sentra dan wilayah. Membangun jejaring yang kuat dengan kawan yg dapat mendukung upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anak.Serta memfasilitasi perawat anak buat melakukan praktik keperawatan yg berkualitas. Dan, memfasilitasi percepatan pengakuan sertifikasi perawat anak & proteksi aturan bagi anggota.Seraya, mewujudkan terlaksananya pendidikan berkelanjutan dan penelitian."

IPANI dipimpin oleh kepala generik bernama Dr.Nani Nurhaeni,MN. Ia terpilih masa priode (2015-2018). Sebelumnya IPANI dipimpin oleh Syahridal, S.Kp, MARS.

Pada masa priode kepengurusan HIPKABI (2005-2009) Ngadinah, AMK terpilih menjadi kepala umum saat Munas pertama pada Hotel Borobudur, Jakarta dan Munas ke dua, di Hotel Sahit Surabaya, Juli 2009, Suyatno, SKM dipercaya menjadi kepala generik masa bakti (2009-2014). Dan, Munas ke-3, Juni 2013, di Hotel Grasia Semarang,terpilih Ns.Anthoneta Paliama,SKp,SpKV menjadi kepala generik priode (2013-2018).

HIPKABi mempunyai visi sebagai "Menjadi organisasi profesi perawat kamar bedah profesional yang berstandar internasional." Dan, memiliki misi " Mengembangkan profesionalisme perawat kamar bedah dalam menaruh pelayanan di kamar bedah yang berstandar internasional. Mengembangkan kemampuan SDM perawat kamar bedah melalui penelitian, pendidikan & pelatihan berkelanjutan yg berbasis kompetensi. Menggalang kebersamaan antar anggota melalui aktivitas ilmiah. Serta, mengupayakan banyak sekali usaha dalam memandirikan organisasi buat menaikkan kesejahteraan anggota. Dan, mendukung program pemerintah pada bidang kesehatan & berperan aktif dalam aktivitas sosial kemasyarakatan.

Tujuan Organisasi HIPGABI adalah buat menghimpun & menyatukan semua perawat Indonesia yang bekerja dalam departemen keperawatan gawat darurat & bala di Indonesia. Meningkatkan mutu pendidikan & pelayanan keperawatan gawat darurat dan bala dalam meningkatkan derajat kesehatan warga . Mengembangkan karier & prestasi kerja perawat gawat darurat dan bencana sehingga bisa menaikkan kesejahteraan perawat gawat darurat dan bencana di Indonesia. Memfasilitasi dan melindungi anggota dalam memakai hak politik & aturan. Serta mempertinggi hubungan kerjasama dengan organisasi, forum & institusi lain baik pada pada negeri juga di luar negeri.

Kemudian, masih banyak organisasi spesialisasi Perawat yang tidak dapat medianers ulas satu-persatu, dinatarannya: INKAVIN (Ikatan Ners Kardiovaskuler Indonesia), HIPMEBI (Himpunan Perawat Medikal Bedah Indonesia), HIPEGI yakni singkatan dari Himpunan Perawat Endoskopi Gastrointestinal Indonesia. HIPPI (Himpunan Perawat Pengendali Infeksi Indonesia), dan IPEMI (Ikatan Perawat Maternitas Indonesia) dan IPOTI (Ikatan Perawat Orthopedi dan Traumatologi Indonesia. Serta HIPERCCI ( Himpunan Perawat Critical Care Indonesia). Himpunan Perawat Manajer Indonesia (HPMI). Dan, baru-baru ini lahirnya HIPANI (Himpunan Perawat Anestesi Indonesia) sebagai bentuk pengganti IPAI yang telah berubah haluan.

Terkait organisasi sayap PPNI ini, kemungkinan akan terus berkembang & bertambah sesuai peminatan Perawat di Indonesia. Organisasi profesi berkembang cendrung dibarengi bertambahnya spesialisasi perawat. Organisasi sayap ini hadir buat memperkuat, memperkokoh dan mempertinggi profesionalisme Perawat dibidang keahliannya masing-masing. Semoga spesialisasi Perawat dan organisasi sayap PPNI semakin baik dikemudian hari, yang akhirnya berimplikasi semakin membaiknya pelayanan kesehatan di Indonesia.( Editor : Nurman/ Dihimpun menurut berbagai situs)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini