WHAT'S NEW?
Loading...

Kapan Sebaiknya Cuci Tangan (Hand hygiene) ?| Bloggout

Medianers ~ Cuci tangan (hand hygiene) adalah suatu upaya atau tindakan membersihkan tangan, baik dengan menggunakan sabun antiseptik di bawah air mengalir atau dengan menggunakan handrub berbasis alkohol dengan langkah-langkah yang sistematik sesuai urutan, sehingga dapat mengurangi jumlah bakteri yang berada pada tangan.

Tujuan hand hygiene adalah menurunkan resiko infeksi karena sering kontak antara petugas dan pasien. Selain itu, hand hygiene bertujuan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit sebab Mikroorganisme juga sering berpindah seiring dengan adanya kontak antara petugas kesehatan dengan alat, pasien bahkan dengan petugas kesehatan lain.

Siapa saja yang harus Cuci Tangan (Hand hygiene)?

WHO menyarankan buat setiap orang atau petugas yg tersebut dibawah ini buat selalu mematuhi mekanisme hand hygiene, yaitu :

  1. Setiap orang yang kontak langsung dengan pasien seperti: dokter, perawat dan petugas kesehatan lainnya (fisioterapi, laboratorium).
  2. Setiap orang yang kontak dengan pasien, meskipun tidak langsung seperti : ahli gizi, farmasi dan petugas tehnik.
  3. Setiap personil yang berkontribusi dengan prosedur yang dilakukan terhadap pasien
  4. Setiap orang yang bekerja di lingkungan rumah sakit
  5. WHO (World Health Organization)menganjurkan five moment of hand hygiene (5 waktu cuci tangan), yang merupakan petunjuk waktu kapan petugas harus melakukan hand hygiene.

Kapan Sebaiknya Cuci Tangan (Hand hygiene)?

Cuci tangan sebaiknya dilakukan lima ketika (momen), saat yg dimaksud serta sebab, silahkan simak dalam tabel pada bawah ini:

1 Sebelum kontak menggunakan pasien

Kapan ? Bersihkan tangan sebelum menyentuh pasien Kenapa ? Untuk melindungi pasien dari bakteri patogen yg ada pada tangan petugas.

Dua Sebelum melakukan tindakan aseptik

Kapan ? Bersihkan tangan segera sebelum melakukan tindakan aseptik Kenapa ? Buat melindungi pasien berdasarkan bakteri patogen, termasuk yg asal bagian atas tubuh pasien sendiri, memasuki bagian pada tubuh.

3 Setelah hubungan dengan cairan tubuh pasien

Kapan ? Bersihkan tangan setelah kontak atau resiko hubungan dengan cairan tubuh pasien ( dan sesudah melepas sarung tangan) Kenapa ? Untuk melindungi petugas kesehatan dan area sekelilingnya bebas dari bakteri patogen yg asal menurut pasien.

4 Setelah kontak dengan pasien

Kapan ? Bersihkan tangan sesudah menyentuh pasien, sesaat sehabis meninggalkan pasien Kenapa ? Buat melindungi petugas kesehatan dan area sekelilingnya bebas dari bakteri patogen yg berasal dari pasien.

Lima Setelah hubungan dengan area sekitar pasien

Kapan ? Bersihkan tangan selesainya menyentuh objek atau furniture yang ada di lebih kurang pasien waktu meninggalkan pasien, walaupun tidak menyentuh pasien Kenapa ? Buat melindungi petugas kesehatan & area sekelilingnya bebas dari bakteri patogen yang berasal dari pasien.

Terkait:

Demikianlah tentangSiapa saja yang harus cuci tangan (Hand hygiene) dankapan sebaiknya cuci tangan (Hand hygiene) dilakukan.( AntonWijaya)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini