WHAT'S NEW?
Loading...

Latihan Ukom Perawat tentang Perawatan Nyeri Luka Bakar| Bloggout

Medianers ~ Pasien perempuan berusia 35 tahun diantar ke IGD dengan ambulance setelah mengalami luka bakar derajat IIB pada daerah wajah, dada, perut dan kedua tangan akibat ledakan kompor gas 30 menit yang lalu. Sekilas, klien tampak meringis menahan nyeri, sesak nafas dan nadi meningkat.

Pertanyaan soal, apakah masalah keperawatan prioritas pasien tersebut?

Pilihan jawaban

  1. Nyeri
  2. Gangguan integritas kulit
  3. Penurunan curah jantung
  4. Resiko Defisit volume cairan
  5. Resiko Ketidakefektifan bersihan jalan nafas

Rasional jawaban:

Rasional 1 : Nyeri adalah keliru satu kasus keperawatan dalam pasien luka bakar derajat II akan tetapi bukan adalah prioritas pertama.

Rasional 2 : Gangguan integritas kulit adalah perkara keperawatan yg akan ditangani pada pasien luka bakar sesudah kasus kondisi akut & mengancam nyawa teratasi.

Rasional 3 : Penurunan curah jantung merupakan masalah yang terjadi akibat deficit volume cairan. Jadi penanganan resusitasi cairan akan membantu mengatasi perkara ini.

Rasional 4 : Resiko atau actual defisit vol- ume cairan merupakan keliru satu masalah prioritas dalam pasien luka bakar berat sesudah syok inhalasi.

Rasional 5 : Ketidakefektifan bersihan jalan nafas adalah kasus utama dalam pasien luka bakar dengan cedera inhalasi yg ditandai dengan luka bakar dalam daerah paras, bulu hidung dan alis terbakar, sputum berwarna jelaga serta bunyi parau. Lantaran data diatas belum dijelaskan, berdasarkan menurut klinis awal & riwayat kejadian, perkara masih resiko.

Kunci Jawaban: Nomor lima

Referensi :

1. Curtis, K., Ramsden, C., & Friendship, J.,(Eds).(2007). Emergency And Trauma Nursing. Philadelphia: Mosby.

2. NANDA International Inc. (2014). Nursing Diagnoses: Definitions & Classifications 2015 - 2017 (10th ed.). Oxford, UK: Wiley Blackwell.

Sumber : Buku Pedoman Persiapan Uji Kompetensi Nasional Program Studi Profesi Ners. Diterbitkan berupa versi pdf oleh Panitia Nasional Uji Kompetensi, Ristekdikti, tahun 2018.

Baca juga : Ukom Perawat dan Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC Paru dalam Keluarga

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini