WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Anak Terlambat Bicara? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Anak-Terlambat-Bicara?-Inilah-Penyebab-dan-Cara-Mengatasinya!

[ 14/03/2020 09:19:45 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Anak Terlambat Bicara? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:19:45, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Anak Terlambat Bicara? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!:

Cara mengatasi anak terlambat bicara

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Anak Terlambat Bicara? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Sawi dan Kangkung?

Artikel lainnya makanan sehat buat anak balita.

Nah itulah beberapa faktor dan cara mengatasi anak terlambat bicara yang dapat Anda coba.

Berikutnya ialah dengan cara berkonsultasi dengan dokter anak. Dokter anak tentu saja dapat memberikan Anda solusi seperti apa saja hal yang harus dilakukan para orang tua buat membuat anaknya dapat berbicara sesuai dengan umurnya.

Konsultasikan dengan dokter anak

Saran dr Tri Gunadi, A.Md. OT., S.Psi jangan menerima kata-kata yang tidak jelas dari anak. Jika anak menginginkan sesuatu hanya dengan menunjuk, sampaikan padanya bahwa ia harus mengucapkan benda yang diinginkan. Jangan langsung memberi anak barang yang ia inginkan kalau anak hanya nunjuk-nujuk.

Jangan terima kata yang tidak jelas

Cara mengatasi anak terlambat bicara berikutnya ialah dengan memberikannya kesempatan buat berinteraksi. Interaksi dapat dilakukan dengan cara bermain dengan Anda maupun dengan teman-temannya. Kegiatan yang satu ini tentu saja dapat memberikan motivasi buat si kecil agar berlajar berbicara. Karena bermain dengan teman-teman sebayanya juga membutuhkan kemampuan komunikasi verbal.

Memberikan anak kesempatan buat berinteraksi

Yang ke-2 ialah dengan cara memberikannya stimulasi. Stimulasi yang dapat diberikan ialah dengan mengajaknya berkomunikasi mestipun anak belum bisa berbicara dengan baik. berkomunikasi dapat dilakukan dengan cara mengajak anak buat bernyanyi maupun membacakan dongeng buatnya.

Memberikannya stimulasi

Cara yang pertama ialah dengan cara menjauhkan bocah dari televisi dan juga gadget. Anak yang sering menonton televisi dan bermain gadget akan menjadi pendengar yang pasif. Ketika anak menonton televisi maupun bermain gadget ia hanya menerima tanpa mencerna dan memproses informasi yang ada. Oleh karena itu jauhkan dulu anak dari TV maupun gadget. Selain dapat menghambat berbicara, menonton televisi yang tidak sesuai dengan umur anak juga dapat mengakibatkan anak traumatis dengan tayangan yang ia tonton.

Jauhkan anak dari televisi dan gadget

Umumnya keterlambatan anak dalam berbicara dapat dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, gangguan pada pendengaran, minimnya komunikasi, faktor televisi serta adanya hambatan perkembangan otak anak itu sendiri. Lalu bagaimana cara mengatasi anak terlambat bicara? Berikut ulasannya!

walaupun segala hal dapat dipelajari, akan tetapi perkembangan anak butuh dukungan dan stimulasi dari para orang tua buat mensuport tumbuh kembang anak itu sendiri. Tahukah Anda bahwa orang tua merupakan salah satu sarana buat mengoptimalkan kecerdasan anak.

Saat usia 12 bulan ke atas, seorang anak sudah mulai dapat mengucapkan beberapa kata-kata yang dapat ditangkap oleh setiap orang. Seorang anak yang sudah berumur 18 bulan atau lebih biasanya juga sudah dapat mengucapkan 10 hingga 15 kata. Namun dalam beberapa kasus ada beberapa anak terlambat bicara. Tentu saja hal ini dapat membuat para orang tua panik dan khawatir.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini