WHAT'S NEW?
Loading...

Mari Mengenal Penyebab dan Tanda-tanda Cerebral Palsy Pada Anak | Bloggout

Inilah-Penyebab-dan-Tanda-tanda-Cerebral-Palsy-Pada-Anak

[ 14/03/2020 09:22:02 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Inilah Penyebab dan Tanda-tanda Cerebral Palsy Pada Anak" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:22:02, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Inilah Penyebab dan Tanda-tanda Cerebral Palsy Pada Anak:

Waspadailah faktor cerebral pasly berikut ini

  1. Pada saat bayi lahir, tubuhnya terlihat lemah dan terkulai. Hal ini merupakan salah satu tanda adanya kelinan motorik yang amat umum dan paling mudah diketahui.
  2. Tubuh bayi yang mengalami CP cenderung kaku tak seperti bayi normal lainnya. Tak hanya itu saja, bayi juga dapat menangis dalam jangka waktu yang cukup lama atau sebaliknya bisa sangat diam dan bahkan tidak menangis maupun tersenyum.
  3. Wajah bayi terlihat aneh. Tanda berikutnya ialah wajah bayi terlihat aneh. Hal ini dikarenakan adanya kelemahan otot pada wajah. Bayi juga tidak dapat mengontrol dan kesusahan buat menelan.
  4. Salah satu anak faktor anak terlambat bicara mungkin saja karena ia menderita penyakit ini. Hal ini karena cerebral palsy menyerang saraf motorik anak dan otot pada bayi.
  5. Selama tumbuh dan kembangnya, seorang bayi yang terkena Cp akan lambat dalam menegakkan kepala, susah duduk dan juga bergerak. Tak hanya itu saja, bayi penderita cerebral palsy juga sangat jarang menggunakan ke-2 tangannya.
  6. Bayi normal yang diangkat ke atas, posisi kepala dan punggungnya akan segaris. Akan tetapi bayi penderita CP akan terkulai ke bawah sehingga antara kepala dan kaki seakan-akan membentuk huruf U.
  • Terapi wicara
  • Terapi fisik
  • Terapi okupasi

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Inilah Penyebab dan Tanda-tanda Cerebral Palsy Pada Anak" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Berdahak?

Nah itulah beberapa faktor dan tanda-tanda cerebral palsy pada anak.

Namun tak hanya itu saja, pembedahan mungkin saja diperlukan buat mengurangi kejang otot atau kelainan tulang. Biasanya, pembedahan tersebut meliputi bedah ortopedi dan juga pemotongan saraf.

Selain itu, ada juga beberapa terapi yang dapat dilakukan buat meningkatkan fungsional anak, terapi tersebut meliputi:

Umumnya cerbral palsy tidak dapat disembuhkan dan merupakan kelainan seumur hidup. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan buat mengurangi ketegangan otot buat mengingkatkan kemampuan fungsional. Salah satunya yaitu dengan cara mengonsumsi obat. Pemilihan obat sendiri tergantung pada apakah masalah hanya mempengaruhi otot-otot tertentu atau seluruh tubuh.

Pengobatan cerebral palsy

Tips menghindari resiko faktor cerebral palsy pada anak berikutnya ialah dengan mengambil dan melakukan tindakan  apapun yang diperlukan buat memastikan agar Anda tidak termasuk ke dalam kelompok seorang ibu hamil yang memiliki resiko melahirkan prematur,  seperti ter[a[ar karbon monoksida, infeksi dan lainnya. Dokter kandungan pastinya akan merekomendasikan istirahat total di tempat tidur jika Anda memiliki faktor tersebut.

Melakukan tindakan pencegahan

Yang ke-2 ialah dengan cara rutin memerikasakan diri ke dokter kandungan di awal kehamilan buat mengurangi resiko bayi lahir prematur. Memeriksakan diri secara teratur ke dokter juga dapat membuat Anda mengetahui bagaimana perkembangan dan kesehatan Anda dan janin.

Rutin mengecekkan diri

Cara yang pertama ialah dengan mengikuti gaya hidup sehat. Selama kehamilan, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin, gizi dan nutrisi, berolahraga serta istirahat yang cukup. Hal ini sangat berguna buat mencegah bayi Anda lahir dengan berat badan rendah atau prematur. Seperti yang Anda ketahui bayi prematur sangat rentan mengalami jenis penyakit yang satu ini. tak hanya itu saja, ibu hamil  juga harus menghindari minuman beralkohol, rokok hingga narkoba.

Mengikuti gaya hidup sehat

Cara menghindari faktor resiko cerebral palsy

Setelah mengetahui faktor dan tanda-tanda Cerebral Palsy pada anak, berikut ialah beberapa tips menghindari resiko faktor cerebral palsy paling efektif.

Nah itulah beberapa faktor cerebral palsy yang perlu diketahui, lantas apa saja tanda-tandanya? Bayi yang menderita penyakit ini biasanya mulai tampak saat bayi tidak menunjukkan perkembangan  yang sederhana, seperti, menggenggam, menganggkat kepala dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut tanda-tandanya:

Penyebab cerebral palsy pada anak berikutnya ialah karena penyakit kuning. Penyakit kuning dikarenakan karena bilirubin yang berlebihan dalam darah. ini karena hati bayi baru lahir belum bisa bekerja sesuai dengan efektif. Dan jika tidak segera diatasi penyakit kuning dapat merusak sel-sel otak.

Sakit kuning parah pada bayi

Yang ke-2 ialah karena ketidakcocokan Rh antara ibu dan bayi. Dalam keadaan ini tubuh ibu memproduksi antibodi yang dapat menghancurkan sel darah janin. Hal ini juga merupakan salah satu faktor penyakit kuning hingga kerusakan otak pada bayi.

Ketidakcocokan Rh

Yang pertama ialah karena infeksi selama kehamilan. Beberapa infeksi yang memiliki potensi besar dalam penyakit ini ialah toksoplasmosis, cytomegalovirus dan juga rubella. Selain itu mungkin ada beberapa infeksi lain yang mungkin tidak terdeteksi yang dapat mengakibatkan perkembangan otak janin.

Infeksi selama kehamilan

Cerebral Palsy (CP) ialah kelumpuhan otak besar yang ditandai dengan buruknya pengendalian otot, kelumpuhan serta gangguan fungsi saraf lainnya. CP biasanya terjadi pada 1 hingga 2 dari 1.000 bayi. Akan tetapi bayi prematurlah yang sangat rentan mengalami hal ini. lantas apa yang mengakibatkan cerebral palsy? Berikut ialah faktor cerebral palsy pada anak yang perlu diwaspadai.

0 comments:

Post a Comment