WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah Manfaat Dari Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh | Bloggout

Manfaat-Vitamin-B-Kompleks-Bagi-Kesehatan-Tubuh

[ 14/03/2020 09:22:23 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:22:23, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh:

  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Daging dan olahan binatang
  • Kacang-kacangan

Manfaat Vitamin B Kompleks yang Harus Anda Ketahui

Menjaga Kadar Kolesterol yang Sehat

Menjaga Pencernaan

Memproduksi Energi

Menjaga sistem saraf dan tubuh

Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Kelebihan vitamin B kompleks

  • Komplikasi jantung dan hati
  • Diabetes
  • Asam urat
  • Masalah kulit
  • Kekurangan vitamin B komplek
  • Gangguan pada penglihatan
  • Mual dan muntah
  • Memperparah penyakit maag
  • Mengganggu kerja hati

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Bagaimana Cara Mengobati Wasir yang Belum Mengeluarkan Darah?

Demikianlah ulasan tentang manfaat vitamin B kompleks buat kesehatan.

Jika Anda sedang menjalankan proses kemoterapi, kekurangan vitamin B kompleks juga dapat mengakibatkan terganggunya obat-obatan yang Anda konsumsi.

Sedangkan jika tubuh kekurangn vitamin B komplek dapat mengakibatkan gangguan, antara lain :

Namun sebaiknya dalam mengonsumsi vitamin B jangan terlalu berlebihan. Karena kelebihan mengonsumsi vitamin B kompleks dapat mengakibatkan berbagai macam efek samping. Yaitu:

Vitamin B komplek juga sangat penting buat DNA, RNA dan juga reproduksi sel tubuh. kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat mengakibatkan kuku mudah pecah, rambut rontok,  berjerawat, kulit kering dan kusam.

Manfaat vitamin B kompleks berikutnya ialah dapat menjaga sistem saraf dan tubuh agar tetap sehat. Vitamin B 1, B6 dan B12 berguna buat mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar. Vitamin B5 memiliki peranan agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik buat memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf. Sedangkan vitamin B9 (asam folat) sangat penting bagi ibu hamil. Bagi ibu hamil asam folat mencegah bayi lahir cacat, mencegah stres dan juga cemas.

Energi digunakan olah setiap manusia buat mengerjakan segala aktivitas mereka. Untuk mendapatkan hal ini tubuh membutuhkan vitamin B kompleks. Hal ini karena vitamin B1 digunakan oleh tubuh buat membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan vitamin B lainnya seperti vitamin B2, B3, B5,B6 dan juga B7. Sehingga jika seseorang kekurangan vitamin ini ia akan merasa lesu, mudah lelah dan tak bersemangat.

Kegunaan dari vitamin B kompleks berikutnya ialah menjaga pencernaan. Pencernaan yang baik tentunya dapat mencegah tubuh terhindar dari penyakit seperti konstipasi, wasir dan juga BAB tidak lancar. Vitamin B yang berguna buat mengatasi hal ini ialah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan juga vitamin B6. Selain itu, vitamin tersebut juga bisa membantu pemecahan lemak, karbohirat, protein serta dapat membatu produksi asam klorida (HCL).

Seperti yang Anda ketahui kolesterol ada 2 macam yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Jika Anda sering mengonsumsi jenis vitamin ini maka kolesterol LDL dalam tubuh akan berkurang, sedangkan kolesterol HDL akan tetap terjaga. Sehingga hal ini akan bisa membantu Anda buat mencegah pengerasan pembuluh darah dan menurunkan resiko penyakit seperti, tekanan darah tinggi, jantung dan stroke.

Lantas apa saja manfaatny? Nah, berikut ialah kegunaan dari vitamin B komplek bagi kesehatan tubuh.

Vitamin B juga dapat diperoleh dari jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang merupakan sumber vitamin B terbaik ialah kacang almond, kacang tanah dan juga kacang mete.

Daging merah merupakan sumber dari vitamin B yang amat lengkap bagi tubuh. tak hanya itu saja kandungan zat kreatin dalam daging merah bisa membantu vitamin B buat mengolah karbohidrat menjadi energi, mencegah kekurangan gizi serta dapat menjaga sistem kesehatan mental. Olahan binatang lainnya yang mengandung vitamin B ialah dada ayam, ikan sarden, ikan salmon, susu sapi dan juga telur.

Selain sayuran, buah-buahan juga merupakan makanan kaya akan vitamin salah satunya yaitu vitamin B kompleks. Tak hanya dapat dikonsumsi secara langsung saja, buah-buahan juga sangat sedap saat dibuat jus maupun sebagai bahan makanan lainnya. Buah-buahan yang merupakan sumber vitamin B kompleks ialah alpukat, apel, melon, pisang dan juga bluberi.

Yang pertama ialah sayuran. Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran memiliki banyak vitamin yang baik buat menjaga kesehatan tubuh. Daftar sayuran yang kaya akan vitamin B Kompleks antara lain asparagus, kale, sawi hijau, bayam, terong, rebung, jamur, lobak, jagung, mentimun, buncis, brokoli, wortel dan juga seledri.

Daftar makanan sumber dari vitamin B Kompleks

Tubuh seseorang tidak dapat memproduksi vitamin B kompleks secara alami. Oleh karena itu, buat mencukupi asupan nutrisi ini Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Sebelum membahas mengenai manfaat vitamin B kompleks, berikut ialah daftar makanan sumber vitamin B kompleks.

Pada awalnya vitamin B hanya ditemukan dalam bentuk tunggal seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin E. Namun sesudah diteliti oleh para ilmuan nutrisi vitamin B kompleks terdiri dari beberapa vitamin yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6,B7, B9 dan juga B12. Sebagian besar vitamin B komplek dapat larut dalam air kecuali vitamin B12. Yang artinya, jika vitamin tersebut berlebihan maka sisanya akan dikeluarkan melalui urin maupun keringat.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini