WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Bahayakah Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi? Berikut Penjelasannya!

Bahayakah-Benjolan-di-Belakang-Telinga-Pada-Bayi?-Berikut-Penjelasannya!

[ 14/03/2020 09:19:49 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Bahayakah Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi? Berikut Penjelasannya!" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:19:49, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Bahayakah Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi? Berikut Penjelasannya!:

Lalu apakah benjolan  yang ada di belakang telinga berbahaya?

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Bahayakah Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi? Berikut Penjelasannya!" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Anak Terlambat Bicara? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Dalam keadaan normal kelenjar getah being tidak akan teraba, apak tetapi jika kelenjar getah bening telah melampaui ukuran 1 cm, maka hal ini dicurigai akan berefek  pada kesehatan si kecil. Jika Anda menemukan benjolan di belakang telinga maupun di tubuh si kecil lainnya maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak. Khususnya jika pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening dibarengi dengan keadaan lainnya, seperti demam, penurunan berat badan, batuk, flu hingga pilek. Karena hal ini dikhawatirkan dapat mengakibatkan keadaan kesehatan si kecil semakin memburuk dan membahayakan kesehatannya.

Namun sedangkan menurut dr Rini Purnamasari, SpA, dari Divisi Hematologi Onkologi Anak RSUD Tangerang mengatakan bahwa pembesaran kelenjar getah bening biasanya dikarenakan oleh infeksi virus TBC. Sedangkan kemungkinan membesar karena kanker kelenjar getah bening itu hanya memiliki persentase yang kecil.

Menurut dr Meta, apakah benjolan yang ada di belakang telinga tersebut  berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya atau tidak ialah tergantung dari apa yang mengakibatkan benjolan itu sendiri. Untuk benjolan yang dikarenakan oleh gangguan organ lainnya, benjolan tersebut dapat hilang dengan sendirinya jika gangguan yang mengakibatkannya sudah diatasi.

dr Meta juga menjelaskan bahwa penanganan yang tepat buat mengatasi masalah ini ialah dengan cara mengobati gangguan maupun masalah pada organ yang mempengaruhi dan mengakibatkan kelenjar getah bening tersebut membengkak. Jika organ yang terganggu sudah dapat diatasi dan sembuh, maka aktivitas dari kelenjar getah bening tersebut akan berkurang, dan benjolan di belakang telinga tersebut pun akan mengecil dengan sendirinya.

Pembesaran kelenjar getah bening tersebut  dan benjolan di telinga dapat dikarenakan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu adanya gangguan pada bagian tubuh di sekitar telinga, contohnya di rambut, kepala, leher maupun di rambut. Umumnya kelenjar tersebut terdapat pada lipatan paha, jantung, leher dan juga ketiak. Dan jika dibiarkan, pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening tersebut dapat mengakibatkan masalah yang lebih serius dan membahayakan.

Seperti yang dijelaskan dr Meta Hanindita, SpA dari RS Dr Soetomo Surabaya, benjolan yang terdapat dibelakang telinga maupun kepala pada balita kemungkinan besar ialah kelenjar bening yang sedang aktif. Kelenjar getah bening sendiri berfungsi buat memproduksi sel-sel darah putih yang berguna buat melawan dan memerangi mikroorganisme yang membahayakan bagi tubuh si kecil.

Setiap orang tua tentu saja menginginkan anak yang cerdas dan juga sehat. Akan tetapi tak jarang para orang tua menemukan benjolan-benjolan kecil seperti biji kacang hijau dibelakang telinga. Tentu saja keadaan ini membuat para orang tua khawatir dan panik. Apakah benjolan di belakang telinga pada anak tersebut membahayakan?

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini