WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah Manfaat Dari Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh | Bloggout

Manfaat-Vitamin-A-Bagi-Kesehatan-Tubuh

[ 14/03/2020 09:22:48 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:22:48, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh:

Khasiat Vitamin A yang Perlu Anda Ketahui

Akibat Kekurangan vitamin A

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Tips Mencegah Keropos Tulang

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Anda bahwa vitamin A memiliki peranan yang sangat penting terhadap pertumbuhan tulang. Dalam proses pembentukannya tulang dan epitel membutuhkan vitamin A. Vitamin A yang Anda konsumsi berfungsi buat mensintesis protin yang dapat membentuk sel-sel baru pada tulang dan gigi. Seseorang yang kekurangan vitamin A ia akan mengidap penyakit jaringan ikat. Penyakit yang satu ini dikarenakan karena kurangnya kolagen.

Menghambat pertumbuhan

Berkutnya ialah dapat mengakibatkan penyakit kulit. tubuh yang kekurangan vitamin A dapat mengurangi kemampuan sel-sel kelenjar buat memproduksi mucus. Jika dibiarkan maka pada saat regenerasi, kulit akan digantikan oleh sel-sel epitel yang bersisik dan kering. Tentu saja hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan kasar. Kekurangan vitamin A dalam tubuh juga dapat mengakibatkan luka yang susah sembuh pada saat terjadi luka.

Menyebabkan penyakit kulit

Akibat kurang vitamin A yang ke-2 ialah dapat mengakibatkan penyakit pada sistem pencernaan. Usus memiliki peranan penting dalam proses pencernaan khususnya sebagai tempat penyerapan air. sementara vitamin A sendiri memilikipengaruh yang cukup besar dalam menjaga dinding-dinding usus agar tetap berfungsi secara normal. Jika tubuh kekurangan vitamin A tentu saja penyerapan air dalam usus akan terganggu. Jika tidak segera diatasi hal ini dapat mengakibatkan infeksi pada kandung kemih akibat penyerapan air di dalam usus yang kurang optimal.

Penyakit pencernaan

Seperti yang kita ketahui salah satu manfaat vitamin A ialah buat menjaga kesehatan mata. Jika tubuh kekurangan vitamin yang satu ini tentu saja dapat membuat kesehatan mata terganggu.  Salah satu gejala awal dari kekurangan vitamin A ialah mata kering (xeropthalmia) yang merupakan keadaan di mana kelainan pada selaput lendir mata dan selaput bening mata.

Masalah pada penglihatan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuan yang berasal dari Amerika, mengatakan bahwa vitamin A dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Adapun yang berperan sebagai penghambat sel kanker tersebut ialah asam retionat atau retinol.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat vitamin A berikutnya ialah buat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, Dimana vitamin A merupakan vitamin yang sangat mudah larut didalam tubuh. Maka dengan begitu vitamin A sangat bagus buat dijadikan sumber makanan yang mampu membantu tumbuh kembang janin. Di antaranya bisa membantu dalam perkembangan organ mata, organ tulang, dan kesehatan kulit janin.

Mengoptimalkan Perkembangan Janin

Vitamin A juga dikenal sebagai beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan tersebut berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dikarenakan oleh polusi dan juga berasal dari oksidasi tubuh. oleh sebab itulah mengapa suber vitamin A sangat dibutuhkan bagi tubuh buat menunjang keadaan kesehatan.

Sebagai Antioksidan

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan mata, vitamin A juga baik buat menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan retinil palmitat di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki peranan buat mencegah infeksi yang dikarenakan oleh virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan lainnya.

Meningkatkan Sistem Kebebalan Tubuh

Peranan utama vitamin A atau senyawa retinol ini ialah menjaga kesehatan mata. Mungkin bagi Anda hal ini tentu sudah tidak asing lagi. Selain itu sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa faktor adanya kebutaan itu sendiri karena dikarenakan karena minimnya asupan vitamun A bagi tubuh. Oeh karena itu biasakanlah buat banyak mengonsumsi makanan yang memiliki sumber vitamin A seperti yang sudah disebutkan di atas.

Menjaga Kesehatan Mata

Ada banyak sumber vitamin A di antaranya wortel, bayam, cabai merah, sawi, brokoli, paprika, tomat, kacang panjang, dan kangkung. Selain itu buat kandungan vitamin A yang berasal dari sumber binatangi ialah daging bebek, daging ayam, hati ayam, hati sapi, ginjal domba, telur, susu, keju dan bernagai ikan laut salah satunya ialah ikan cakalang dan ikan gabus. Nah sesudah mengetahui sumber makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin A, berikut ini langsung saja kita bahas mengenai manfaat vitamin A. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

Vitamin A memiliki peranan atau manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Namun sebelum kita membahas mengenai manfaat tersebut, lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis makanan apa saja yang memiliki kandungan vitamin A.

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin A memiliki banyak senyawa di dalamnya antara lain retinol, retinil aselat dan masih banyak lagi lainnya. Dari semua kandungan senyawa tersebut hanya senyawa retinol saja lah yang sangat identik dengan vitamin A dibanding senyawa lainnya. walaupun seperti itu tetap saja semua kandungan tersebut berperan baik bagi kesehatan tubuh kita salah satunya ialah kesehatan mata.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini