WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Selain untuk Sayur, Inilah Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Selain-untuk-Sayur,-Inilah-Manfaat-Labu-Siam-untuk-Kesehatan

[ 14/03/2020 09:19:37 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Selain untuk Sayur, Inilah Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:19:37, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Selain untuk Sayur, Inilah Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan:

Khasiat labu siam lengkap dengan kandungan nutrisinya

  1. Siapkan satu buah labu siam, cuci hingga bersih dan kupas. Setelah itu potong labu siam dengan bentuk memanjang, bersihkan dan tiriskan.
  2. Siapkan campuran seperti udang dan bersihkan dan siapkan bumbu seperti cabai merah, lengkuas, kunyit, gula, garam, kemiri dan bawang merah serta bawang putih. Haluskan bumbu.
  3. Setelah itu tumis bumbu hingga harum lalu masukkan labu siam dan udang. Masukkan santan dan tunggu hingga mendidih.
  4. Sajikan dengan nasi hangat maupun dengan lontong.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Selain untuk Sayur, Inilah Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Daftar Makanan Penyebab Sering Buang Air Kecil

Demikianlah ulasan mengenai manfaat labu siam buat kesehatan.

Namun Anda jangan khawatir, karena efek tersebut hanya terjadi sementara. Sehingga Anda harus mencuci tangan hingga bersih sesudah mengupasnya. Tak usah takut dengan efek samping yang ditimbulkan, karena pengolahan dengan cara yang tepat dan takaran yang pas labu siam memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

walaupun memiliki manfaat, labu siam juga memiliki efek samping jika disajikan dalam takaran yang berlebihan. Ketika mengupas labu siam, ada hal yang harus Anda perhatikan, yaitu getah yang ada di kulitnya dapat mengakibatkan rasa gatal pada tangan maupun jari. Tak hanya itu saja tangan yang memegang labu siam juga dapat mengalami mati rasa. Hal ini karena getah dalam labu siam mengandung sejenis zat yang bersifat anestesi.

Efek samping labu siam

Saran penyajian labu siam

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang berguna buat memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu sangat penting sekali buat menjaga kesehatan jantung. Selain berolahraga yang mengurangi makanan berkolesterol, mengonsumsi labu siam juga dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan vitamin C dalam sayuran ini sangat berguna sebagai antioksidan buat mencegah penyakit yang dikarenakan oleh radikal bebas, salah satunya yaitu penyakit jantung.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat labu siam buat kesehatan tubuh berikutnya ialah mencegah anemia. Anemia atau kurang darah dikarenakan karena seseorang kekurangan vitamin B2 dan zat besi. Namun Jangan khawatir, karena Anda bisa mencegah anemia dengan cara mengonsumsi labu siam. Labu siam kaya akan vitamin B2 dan zat besi yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh yang dapat mencegah penyakit tersebut.

Mencegah anemia

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga salah satu masalah kesehatan yang berbahaya. Karena jika tidak diatasi penyakit ini dapat memicu penyakit jantung hingga stroke. Sebuah penelitian di Pedue University menyatakan bahwa teh herbal yang dibuat dari daun labu siam mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu saja teh tersebut juga dapat mengatasi pengerasan pembuluh darah arteri, melarutkan batu ginjal hingga mengobati ateroskleroris.

Menurunkan hipertensi

Kanker merupakan penyakit yang sangat membahayakan. Karena gejalanya yang tiba-tiba sehingga susah buat dideteksi. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit ini mulailah mengaplikasikan gaya hidup sehat. Selain berolahraga, mengonsumsi makanan sehat bergizi juga dapat  mencegah penyakit ini.  Labu siam kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik buat menjaga kekebalan tubuh dari penyakit ini.

Anti kanker

Manfaat labu siam berikutnya ialah dapat menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan labu siam tidak mengandung lemak jenuh serta labu siam juga memiliki jumlah kalori yang sedikit. Oleh karena itu sayuran ini tentu saja sangat bagus dikonsumsi oleh penserita kolesterol tinggi. Tak hanya itu saja labu siam juga salah satu makanan terbaik buat penderita tipes.

Menurunkan kolesterol

Seperti yang Anda ketahui labu siam kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam labu siam pastinya dapat mengatasi dan mencegah Anda sembelit atau susah buang air besar. Mulailah buat menambahkan labu siam ke dalam menu makanan Anda buat memenuhi asupan serat yang diperlukan oleh tubuh.

Mengatasi dan mencegah sembelit

Manfaat yang pertama ialah dapat mencegah bayi lahir cacat. Bagi ibu hamil tentu saja tak ada salahnya buat mengonsumsi sayuran ini. Karena kandungan vitamin B kompleks yaitu asam folat memiliki fungsi penting dalam mencegah bayi lahir cacat. Dalam 100 gra, labu siam mengandung 23% kebutuhan folat yang dianjurkan.

Mencegah bayi lahir cacat

Beberapa kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam labu siam antara lain, vitamin A, B, C, E, K, serat, karbohidrat, sodium, protein, asam folat, zat besi, magnesium, zinc, selenium, mangan dan masih banyak lagi. Lantas apa saja manfaat labu siam buat kesehatan? Berikut ulasannya.

Labu siam ialah salah satu jenis sayuran yang terkadang dikonsumsi oleh setiap orang. sama seperti namanya, labu siam sendiri merupakan sayuran yang berasal dari Siam, Thailand. Umumnya bentuk dari labu siam hampir mirip seperti buah pear. Sayuran yang sering disebut dengan nama Jiang di wilayah Jawa ini juga memiliki beberapa manfaat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Florida, Amerika menyatakan bahwa labu siam kaya akan vitamin. Vitamin dalam sayuran ini tentu saja sangat bagus buat menjaga kesehatan tubuh.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini