WHAT'S NEW?
Loading...

Infeksi Kandung Kemih atau ISK| Bloggout

Medianers ~Apa itu Infeksi kandung kemih? Yaitu infeksi karena bakteri dalam kandung kemih. Beberapa orang menyebut infeksi kandung kemih sama dengan infeksi saluran kemih (ISK) atau sistitis.

Infeksi-kandung-kemih

Hal ini mengacu pada infeksi bakteri di mana saja pada saluran kemih, seperti kandung kemih, ginjal, ureter, atau uretra. Sementara sebagian besar perkara infeksi kandung kemih terjadi secara datang-tiba (akut), yang lain sanggup kambuh selama jangka panjang (kronis). Pengobatan dini adalah kunci buat mencegah penyebaran infeksi.

Apa Penyebab Infeksi Kandung kemih?

Penyebab infeksi kandung kemih adalah bakteri yg masuk melalui uretra & melakukan perjalanan ke kandung kemih. Biasanya, tubuh menghilangkan bakteri dengan membuang keluar ketika buang air mini . Khusus Pria kelenjar prostat berperan melindungi dari agresi infeksi, yg mengeluarkan hormon pelindung sebagai proteksi terhadap bakteri. Namun, kadang-kadang bakteri bisa menempel dalam dinding kandung kemih dan berkembang biak dengan cepat. Ini pada luar kendali tubuh buat menghancurkan mereka, yg akhirnya menyebabkan infeksi kandung kemih.

Menurut National Institute of Diabetes dan Pencernaan dan Penyakit Ginjal (NIDDK), sebagian besar infeksi kandung kemih disebabkan oleh Escherichia coli (E. coli). Bakteri ini secara alami hadir dalam usus besar. Infeksi dapat terjadi jika terlalu banyak bakteri dalam tubuh yang tidak keluar melalui buang air kecil.

Chlamydia dan Mycoplasma adalah bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi. Namun, tidak seperti E. coli, ini biasanya ditularkan hanya melalui hubungan seksual, dan mereka mempengaruhi organ reproduksi selain kandung kemih.

Siapa saja orang yg beresiko terkena infeksi kandung kemih?

Siapapun bisa berpotensi terkena infeksi kandung kemih, namun perempuan lebih rentan buat terinfeksi, daripada pria, lantaran wanita memiliki uretra (saluran pipis) pendek, sebagai akibatnya akses ke kandung kemih mudah bagi bakteri buat dicapai. Uretra perempuan jua terletak dekat dengan rektum dibanding uretra pria. Ini berarti jarak yg lebih pendek bagi bakteri buat bermigrasi.

Faktor-faktor lain termasuk: usia lanjut imobilitas, asupan cairan yang kurang berdasarkan kebutuhan tubuh, obstruksi kandung kemih, yg merupakan penyumbatan di kandung kemih, atau kelainan saluran kemih, yg ditimbulkan oleh stigma lahir atau cedera, yg merupakan kesulitan mengosongkan kandung kemih dan komplikasi pemasangan kateter.

Apa saja tanda & gejala Infeksi kandung kemih?

Gejala infeksi kandung kemih bervariasi tergantung pada beratnya. Anda akan segera melihat perubahan ketika buang air kecil. Beberapa gejala yang paling umum antara lain:

  • urin keruh atau berdarah
  • kencing lebih sering dari biasanya
  • urin berbau busuk
  • rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil
  • sering mengalami buang air kecil
  • kram di perut bagian bawah atau punggung bawah
  • infeksi kandung kemih juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Nyeri ini berhubungan dengan nyeri pada ginjal. Tidak seperti sakit punggung otot, Anda mungkin mengalami rasa sakit di kedua sisi punggung atau bagian tengah punggung. Gejala demikian berarti infeksi kandung kemih cenderung menyebar ke ginjal. Jika infeksi infeksi menyebar ke ginjal juga dapat mengakibatkan demam.
Bagaimana cara Infeksi kandung kemih Didiagnosis?

Seorang dokter dapat mendiagnosis infeksi kandung kemih Anda menggunakan melakukan urinalisis. Ini merupakan tes yg dilakukan pada sampel urin buat menyelidiki keberadaan: sel darah putih, sel darah merah, dan bahan kimia lain yang ada pada urin.

Jika terdapat infeksi dalam kandung kemih , Dokter Anda mungkin jua melakukan kultur urin, yg adalah tes buat menentukan jenis bakteri pada urin. Setelah jenis bakteri diketahui, pengujian bakteri buat sensitivitas antibiotik dilakukan buat menentukan apa antibiotik terbaik buat memberantas bakteri tersebut.

Pengobatan & Perawatan pada Infeksi kandung kemih

Infeksi kandung kemih diobati menggunakan obat-obatan yg bisa membunuh bakteri (antibiotik) dan obat penghilang rasa sakit. Perawatan pada rumah pula bisa membantu meringankan gejala & menyembuhkan infeksi dengan mengkonsumsi obat antibiotik oral.

Perawatan pada tempat tinggal sebaiknya banyak minum air putih, bertujuan menyiram bakteri keluar berdasarkan kandung kemih, tapi air yg terbaik. Selain air putih usahakan pula minum juz mengandung banyak vitamin C atau minum juz cranberry buat menaikkan kadar asam pada urin, yang membantu buat membunuh bakteri. Manfaat lain menurut juz cranberry adalah bahwa dapat mencegah bakteri melekat pada dinding kandung kemih.

Bisakah Infeksi kandung kemih Dicegah?

Perubahan gaya hayati berikut dapat membantu mengurangi atau menghilangkan terjadinya infeksi kandung kemih, antara lain:

  • Minum enam sampai delapan gelas air putih sehari, tapi berkonsultasi dengan dokter Anda tentang jumlah yang benar cairan untuk minum jika Anda memiliki gagal ginjal
  • Bersihkan dari depan ke belakang setelah buang air kecil bagi perempuan
  • Buang air kecil sebelum dan setelah aktivitas seksual
Kebanyakan infeksi kandung kemih hilang dalam waktu 48 jam. Namun infeksi kandung kemih yang tidak dapat pengobatan yang baik, mungkin akan menimbulkan komplikasi lain, bahkan infeksi menyebar ke ginjal. Semakin awal Anda mencari pengobatan, semakin kecil kemungkinan infeksi akan menyebar. (AW/ Source: healthline.Com)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini