WHAT'S NEW?
Loading...

Tips Berobat/ Berkonsultasi di PoliKlinik Agar Memuaskan| Bloggout

Berobat atau berkonsultasi menggunakan Dokter di Poliklinik kadang-kadang tidak memuaskan. Menunggu antrian begitu usang, saat giliran anda tiba, Perawat/Bidan hanya mengukur tensi, timbang berat badan, mencatat keluhan. Sedangkan Dokter sedikit bertanya tentang keluhan & melakukan inspeksi pisik, kemudian memberi resep buat di tebus.

Padahal, anda jua butuh penerangan tentang bepergian penyakit, penyebab, komplikasi, & apakah penyakit itu menular atau tidak? Bagaimana dengan pantangan atau embargo selama menjalani therapi? Dan, apa saja yg baik dikonsumsi supaya badan kembali fit. Penulis yakin, poly hal yang ingin anda tanyakan.

Kejadian di atas rata-rata dialami pasien, mengingat pasien yang dilayani Dokter/Perawat/Bidan begitu banyak. Ada juga Rumah Sakit membatasi kunjungan Poliklinik, misal ditargetkan 30 pasien  perhari. Tujuan Rumah Sakit, agar waktu pasien untuk berkonsultasi dengan dokter lebih lama, dengan harapan pasien akan puas mengajukan bermacam pertanyaan.

Namun, usaha buat membatasi itu permanen sia-sia, berhubung tenaga dokter ahli sangat terbatas. Sehingga terkesan tergesa-gesa melayani pasien. Anggapan penulis mungkin benar, mungkin pula salah , yang jelas menjadi pasien, anda wajib gigih bertanya, supaya mendapatkan pelayanan terbaik.

Anda bisa memanfaatkan waktu se-efektif mungkin saat konsultasi, ada baiknya ikutiTips Berobat/Berkonsultasi di PoliKlinik Agar Memuaskan, caranya sebagai- berikut:

1. Siapkan Daftar Pertanyaan

Sebelum anda mengunjungi poliklinik, siapkan beberapa daftar pertanyaan yg akan diajukan pada Dokter/Perawat/Bidan terlebih dahulu. Agar nir lupa, pertanyaan sebaiknya pada catat. Usahakan pertanyaan herbi penyakit yang anda derita. Pertanyaan jangan melenceng yang tidak ada kaitannya menggunakan kesehatan anda.

2.  Cari Informasi Awal

Sebelum mengunjungi Poliklinik, terdapat baiknya cari dulu kabar awal, terkait apa yg akan anda keluhkan. Misal, cari warta lewat internet, kitab , & tanya pada petugas kesehatan yg anda kenal, lewat telpon. Agar pertanyaan yg akan diajukan, sinkron menggunakan keluhan yg anda rasakan.

3. Pelajari Alur Pelayanan Poliklinik

Saat berada di Rumah Sakit, pelajari alur pelayanan Polikinik, umumnya di tempel dalam dinding atau papan pengumuman. Jika nir ditemukan, saat mendaftar/ beli karcis, tanya pada petugas yang melayani tadi mengenai alur pelayanan. Agar anda tidak galau waktu, membeli obat, periksa labor, atau galat ruangan tunggu.

4. Cari Pendapat Kedua

Saat nama anda di panggil Perawat. Anda akan di Anamnesa, Perawat akan menanyakan apa yang dirasakan? dimana saja yang sakit,dll. Lalu  Tensi anda diperiksa, berat badan, tinggi badan, dll. Pada saat itu, ada kesempatan silahkan ajukan beberapa pertanyaan pada Perawat tersebut, terkait penyakit anda. Tujuan untuk mendapatkan second opinion (pendapat kedua). Jika Perawatnya tidak mampu menjawab, tidak usah dipaksakan. Simpan dulu pertanyaanya untuk di ajukan pada dokter yang akan mengobati.

Lima. Keluhkan Apa yang anda rasakan, & dengar setiap penjelasan.

Ketika giliran anda masuk ruang periksa Dokter. Keluhkan apa yg anda rasakan. Biasanya dokter, sambil menulis mengajukan beberapa pertanyaan. Lalu, meminta anda berbaring di atas loka tidur buat diperiksa. Setelah selesai inspeksi, sebelum resep dituliskan. Anda berhak mengajukan pertanyaan yg sudah dicatat tadi. Jangan ragu, ajukan saja beberapa pertanyaan. Jika anda nir bertanya, dokter menduga anda telah memahami tentang penyakit yang diderita.

6. Beberapa model pertanyaan yang mampu diajukan

  • Dok, Apa diagnosa penyakit saya? ( Catat diangnosa penyakit anda)
  • Dok, Apa penyebabnya?
  • Dok, Apakah penyakit tersebut menular?
  • Jika menular, bagaimana cara mengatasinya?
  • Jika tidak, Apa saja Komplikasinya?
  • Selain mengkonsumsi obat, apa saja jenis makanan yang harus saya konsumsi dan apa saja jenis makanan pantangan?
  • Jika anda mendapatkan form pemeriksaan labor. Maka ajukan pertanyaan tentang fungsi dan tujuan dari  pemeriksaan labor per itemnya dengan seksama. (Jangan cemas ajukan pertanyaan, dokter juga manusia kok).

7. Cari Informasi Lanjut

Setelah anda menebus resep di Apotik. Silahkan gali informasi lebih lanjut di rumah/ warnet. Masukan diagnosa penyakit yang anda catat tadi  pada mesin browser internet. Baca dan pahami dengan seksama. Tujuannya adalah apa yang disampaikan dokter di poli klinik semakin anda pahami melalui bahan bacaan.

Semoga Bermanfaat,

Salam, Nurman.

16 Maret, Payakumbuh- Sumatera Barat.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini