WHAT'S NEW?
Loading...

Sebagian mimpi tercapai di awal tahun 2013| Bloggout

"Apa! Istri saya hamil lagi dok?" Seakan nir percaya. Kaget mendengar diagnosa dokter. Belum genap 2 bulan istri aku nifas, tepatnya lepas tiga November 2012 melahirkan putri sulung kami di Rumah sakit. Kok mampu hamil lagi pada saat dekat?. Nafas aku sesak terengah-engah.

Astagfirullah al adzim! Rupanya mimpi, aku terbangun pukul 04.00 wib, baru 4 jam tahun 2013 mengitari ketika.

Saya menyeka muka sambil duduk, mengatakan dalam hati, "bila yang kuasa berkehendak, nir ada yang nir mungkin, apapun mampu terjadi diluar kuasa manusia." Istri hamil, itu merupakan anugerah terindah dari yg maha kuasa.

Saya bangunkan istri dari tidurnya yang lelap. " Bunda! Ayah bermimpi", saya ceritakan tentang mimpi yang saya alami barusan. Istri saya menanggapi, " itu rahmat yah. Insyaallah, Ayah akan ketiban rezeki". "Alhamdulillah", jawab saya seketika,  "tapi rahmat dan rezeki berupa apa ya nda? Rasanya nggak mungkin bunda hamil lagi dalam waktu yang singkat ini". "Entah, Bunda juga tidak tau", ulas sang istri.

Sahabat! Mimpi bisa saja mempunyai arti, & mimpi mungkin jua sebagai "bunga tidur". Apakah mimpi mampu terwujud di alam konkret? Saya nir tau persis, serta bagaimana mimpi itu mampu mensugesti kehidupan yang sebenarnya.

***

Alih-alih membahas mimpi, terdapat baiknya teman lanjutkan membaca, tentang virtual saya semenjak 2009 silam. Dimana saya bermimpi 'merajut' tulisan sebagai buku yang layak dibaca banyak orang. Akan namun, aku benar-benar bingung bagaimana cara merealisasikan impian tu. Dari mana dimulai & apa saja yg wajib disiapkan?

Impian membuat buku saya endapkan jauh di dalam hati. Suatu saat, ingin mimpi itu tercapai. Seakan mimpi itu akan  tinggal mimpi, apabila saya tidak rajin menulis. Membuat buku tanpa menulis, sesuatu impian yang sia-sia, sama saja bualan besar. Maka itu, saya berlatih terus-menerus secara otodidak, latihan lewat blog gratisan.

2009 hingga 2010 saya mempublikasikan sebanyak 114 artikel di blog personal, & tahun 2011 terjadi peningkatan menjadi 127 artikel. Saya tuliskan apa saja yang menarik minat. Apakah tulisan yang saya publikasikan galat ejaannya, atau penulisannya, saya tidak peduli, saya hanya menulis. Ingin menulis, & menulis setiap terdapat kesempatan.

Tiba saatnya evaluasi, kalau hanya menulis di blog, kapan tulisan aku dibaca sang orang yang nir punya akses internet? Dan, kapan tulisan saya dibaca sang orang yg 'hanya' senang baca koran sambil ngopi? Serta, kapan tulisan aku masuk daftar penerbit?

Yah, 2 pertanyaan mendasar yg sebagai tantangan.

Alhamdulillah, pertanyaan tentang tulisan koran terjawab. Tulisan aku pernah diterbitkan pada harian Singgalang, baik di rubrik opini, maupun di rubrik "Liek galamaidanquot;. Kemudian opini yg saya kirim, pernah jua pada terbitkan 1 kali pada Tabloid Ners, Referensi global kesehatan. Di kembali itu, pernah juga tiga kali opini yang aku kirim nir diterbitkan oleh koran harian pagi lokal Sumbar yang lainnya. Rasanya relatif sudah, sebagai bahan penilaian goresan pena di koran. Saya memfokuskan diri kembali buat terus menulis di blog.

Lalu, Bagaimana impian menciptakan kitab ?

Inilah pertanyaan mendasar yang belum mampu saya jawab. Impian membuat buku bagi saya bak 'si bisu barasian'. " Ia (si bisu) bermimpi begitu indah, memasuki surga, melihat malaikat, menyaksikan bidadari mandi di sebuah telaga" Tapi apa daya, mimpi itu tidak bisa ia ceritakan secara verbal kepada orang lain, hanya bisa disimpan tentang keindahan bidadari mandi di telaga dalam hati. Hanya dalam hati, sebatas mimpi.

***

Pembaca yg saya muliakan,

Sejatinya aku bukanlah lelaki pemimpi tulen. Tapi, buat memiliki buku karangan sendiri memang terbawa mimpi. Saya keliru seseorang pengagum gaya tulisannya Syaifoel Hardy, beliau penulis, editor dan motivator yang ketika ini bertempat tinggal di Qatar. Selain itu, dia pula CEO Indonesian Nursing Trainers, sekaligus inisiator lahirnya ebook "Enjoy Nursing, Kisah sukses Indonesian Nurses dari Lima benuadanquot;.

Ebook yg beliau inisiasi, melibatkan 30 orang penulis yg tersebar di lima benua. Lebih khusus, penulis di ebook yg saya maksud, saat ini tinggal, kuliah & bekerja, pada Amerika, Belanda, Australia, Jepang, Qatar, Saudi Arabia, Irak,Kuwait, dan sebagian kontributor bertempat tinggal pada tanah air tercinta.

Sebanyak 30 orang penulis yang berkontribusi, alhamdulillah. Salah satu antara lain, terdapat nama aku , Nurman. Dengan sekelumit kisah praktik (hal 51-59, ebook). Diterima oleh pak Syaifoel Hardy untuk bergabung menggunakan penulis hebat lainnya, yg menciptakan aku 'iri' dengan kisahnya menjadi Perawat pada negeri seberang.

Meskipun naskah saya baku, kurang menggigit, dibanding yg lainnya, yg sarat pengalaman, tantangan & perjuangan, sebagai akibatnya tulisannya begitu mempesona, indah dibaca, & sanggup membangkitkan gairah. Saya permanen bersyukur, ini adalah kado terindah di awal tahun.

Saat peluncuran ebook, (1/1/2013) Pak Syaifoel Hardy, & Mas Sugeng Riyadi menjadi layout naskah membeberkan, "bahwa ebook akan diterbitkan sebagai kitab versi cetak, planning bulan April mendatang."

Mungkin saja pendapat istri saya sahih, tentang arti mimpi semalam, bahwa "jika bermimpi istri mengalami kehamilan, tanda akan ketiban rezekidanquot;. Rezeki pada artian, sebagian cita-cita akan tercapai pada ketika dekat. Keinginan naskah menjadi buku!

Sebagian virtual tercapai. Merupakan langkah mini menuju mimpi besar . Menjadi penulis tunggal pada satu kitab . Yah, itulah mimpi aku sesungguhnya.

Payakumbuh-Sumatera Barat, 01 Januari 2013.

Nurman.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini