WHAT'S NEW?
Loading...

RSUD dr Adnaan WD Sediakan Cairan Cuci Tangan Steril Dalam Rangka Pengendalian Infeksi Nasokomial| Bloggout

Medianers ~ Setiap apel pagi di RSUD dr Adnaan WD, pihak manajemen selalu meminta masing-masing unit bergiliran yang diwakili 3 orang staf/ petugas untuk mendemonstrasikan 7 tahap cuci tangan sesuai standar badan kesehatan dunia (WHO).

Kebijakan tersebut dilaksanakan bertujuan membiasakan petugas kesehatan mencuci tangan dengan benar, sebagaimana kampanye yang digalakan badan kesehatan dunia, " save lives, clean your hands ." Maknanya setiap orang wajib menjaga kebersihan tangannya untuk mencegah penyebaran penyakit.

Tangan, menjadi indera anggota gerak adalah sering bersentuhan dengan benda apapun. Tahukah anda berapa jumlah bakteri yang terdapat pada tangan? Menurut WHO, dalam orang normal terdapat 39-460 ribu bakteri yang terdapat ditangan anda, dengan berbagai macam jenis bakteri yang mampu mendatangkan penyakit bila hubungan & tertelan melalui kuliner.

Prosedur Cuci Tangan pada Rumah Sakit

Menyadari pentingnya pengendalian infeksi nasokomial, yaitu infeksi sekunder yg didapat pada tempat tinggal sakit, lantaran hubungan menggunakan orang lain, baik menggunakan petugas maupun menggunakan famili, sesama pasien. Lalu bagaimana mencegahnya?

Setiap pada dinding depan pintu masuk ruangan/ bangsal pada RSUD dr Adnaan WD, harus menyediakan cairan kimia pemberantas bakteri, cairan ditempel. Tujuannya mempermudah semua pengunjung dan petugas Rumah Sakit mencuci tangannya menggunakan cairan kimia tersebut.

Kenapa diletakan pada pintu masuk? Agar, baik petugas, juga pengunjung mencuci tangan sebelum masuk & sehabis keluar ruangan atau sebelum & setelah hubungan dengan pasien. Jangan hingga membawa bakteri berdasarkan luar yang sanggup menginfeksi orang lain, atau sebaliknya membawa bakteri dari dalam ruangan dan menginfeksi orang luar jika bersentuhan.

Prosedur demikian, telah diterapkan di RSUD dr Adnaan WD. Jika anda berkunjung ke Rumah Sakit milik daerah Kota Payakumbuh ini, jangan lupa mencuci tangan dengan cairan yang terpajang di dinding pintu masuk, bentuk kemasannya seperti gambar di atas. Gunakan cuci tangan tersebut saat masuk dan keluar ruangan, demi keselamatan anda dan orang lain. (AntonWijaya)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini