WHAT'S NEW?
Loading...

Mandi di Air Terjun Batu Basurek Bisa Hilangkan Penyakit| Bloggout

Ia berdua kelihatan kedinginan sehabis mandi di bawah deburan air terjun batu basurek, yang terletak di bukit sirih, korong Ladang Rimbo, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging,  Kabupaten Padang Pariaman,Sumbar.

Sembari kedinginan, bapak itu menyeruput kopi buatan istri Ali Akbar, pedagang yang satu-satunya buka ketika itu di pinggir air terjun. " Ngopi Nak" tawar bapak tersebut pada penulis.

Singkat cerita, kedatangan bapak tersebut mandi ke air terjun batu basurek buat menghilangkan penyakit yg ada pada btg tubuhnya. Secara psikologis, seusai mandi ia merasa segar, dan rasa sakit di tubuhnya hilang seketika, demikian yang ia rasakan.

Jika ditelaah secara ilmiah apa yang terkandung di pada air terjun batu basurek perlu penelitian, apakah sahih ada senyawa kimia yang mampu menghilangkan penyakit atau sekedar sugesti, sebagai akibatnya seorang merasa bisa sembuh.

Kepercayaan beberapa masyarakat setempat, mandi di aliran sungai atau di bawah air terjun batu basurek mampu hilangkan berbagai macam penyakit.

Hal demikian dirasakan jua sang Ajo Ali, " Setelah mandi disini badan akan terasa segar, rangkik-rangkik badan akan hilang." Ungkapnya pada medianers.

Hal senada jua disampaikan Ali Akbar, pedagang yang menggalas pada pinggir air terjun batu basurek, " Mandi disini bisa hilangkan penyakit, terdapat yg mau dioperasi beberapa hari lampau, setelah mandi & minum air yang mengalir pada dinding itu (sembari memilih tebing) penyakitnya jadi hilang, dan nir jadi operasi." Jelasnya dalam penulis.

Setiap malam minggu, sekitar pukul 01.00 wib, Ali Akbar & istrinya telah berangkat berdasarkan tempat tinggal menuju air terjun batu basurek, karena pagi kurang lebih pukul 04.00 wib warga lokal mulai banyak berkunjung buat mandi.

Jadi bila beliau kesiangan membuka membuka lapak yg akan dia 'galas' maka omset akan berkurang, karena pengunjung pagi buta sudah ramai.

Diakhir pekan, sabtu dan minggu selalu ramai, Ali Akbar mengaku dagangannya mampu laris sebanyak 500.000 hingga 700 ribu rupiah. Demikian pula pedagang lainnya, dagangan mereka cukup laris anggun di hari libur.

"Diakhir pekan dan di hari libur, air terjun batu basurek selalu ramai dikunjungi dari pagi hingga sore. Namun, semenjak dua bulan belakangan terjadi penurunan kunjungan wisatawan. "Mungkin lantaran demam isu hujan, jalan becek & menuju kesini susah, makanya pengunjung enggan tiba," kata Ali Akbar.

Terkait mengapa nama air terjun Batu Basurek tadi di beri nama 'batu basurek', penulis tanyakan dalam Ali Akbar. Beliau menyampaikan, " Batu Basurek adalah nama lembah ini, sedangkan batu basurek itu sendiri nir sanggup dilihat menggunakan kasat mata." Ungkapnya.

Ali Akbar menambahkan, "dari cerita warga sekitar, bahwa Batu Basurek itu pernah ditemukan oleh seseorang pemuda yang tersesat, ia melihat bahwa ada batu basurek pada sekitaran air terjun ini," jelasnya.

Tetapi apa suara surat (surek) yang tertulis di batu nir bisa beliau jelaskan. Tapi semenjak cerita itu beredar dari ekspresi ke verbal, air terjun basurek dianggap sakti sebagai akibatnya sanggup menyembuhkan aneka macam macam penyakit.

Apakah ini mitos atau berita, butuh penelusuran lebih lanjut, tetapi cerita yang beredar, rakyat lokal cukup percaya akan hal demikian bahwa batu basurek itu terdapat & keterangan tetapi nir sanggup dibuktikan. Kira-kira begitu cerita sejarah mengapa air terjun yg terletak di bukit siriah, pada tempat hutan lindung Kabupaten Padang Pariaman ini bernama Air terjun Batu Basurek.

Terlepas dari cerita atau opini yang belum dibuktikan, air terjun batu basurek telah membuat perubahan akbar di Kecamatan Sungai Geringging, terutama pada Korong Ladang Rimbo & Lambeh. Batu basurek membawa berkah ekonomi, adalah destinasi wisata baru, dan masih 'perawan' yang patut anda 'gagahi'.(Nurman).

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini