WHAT'S NEW?
Loading...

Bagaimana Anda mencegah karies pada anak?

mencegah karies pada anak

Jika kita berpikir tentang penyakit menular yang paling umum pada anak, karies biasanya tidak masuk pada daftar. Namun, lebih dari separuh anak mengalaminya. Pada kenyataannya, karies pada anak bertanggung jawab atas hilangnya lebih dari 51.000.000 jam sekolah. Beberapa ahli menyebut karies sebagai pandemi diam, tetapi tidak sepenuhnya diam. Penelitian telah menunjukkan bahwa sakit gigi adalah sama dengan kaki yang patah atau lengan.

Untungnya, karies dapat dicegah. Anda hanya perlu mengetahui alasan bagi mereka untuk mengetahui bagaimana menghindarinya. Karies dapat terjadi pada setiap orang, bahkan seorang yang berusia satu tahun yang hanya memiliki satu gigi. Hal ini juga berdampak pada anak dengan paparan gula tinggi, terutama pada produk seperti soda, cokelat, dan permen. Anak yang kurang menyikat dan paparan fluorida, serta anak dengan menyikat miskin, juga rentan terhadap karies.

Berikut adalah beberapa strategi yang paling efektif untuk mencegah karies pada anak.


1. Mereka datang dengan satu rutinitas menyikat gigi mereka. Anak biasanya merespon positif untuk rutin menyikat. Seorang anak menyikat gigi mereka secara teratur dapat membawanya dengan mereka ke dewasa sampai masa remaja. Hal yang biasa dilakukan anak pada awalnya menolak, tetapi kebanyakan dari mereka akhirnya harus menyerah dengan penguatan konsisten dan konstan.

2. Membantu anak di bawah usia 8 tahun ketika menyikat gigi mereka dan menjaga mereka sampai usia 11. Biasanya, meskipun Anda sudah bisa mengikat sepatu Anda, 8 tahun masih tidak memiliki keterampilan untuk secara efektif membersihkan gigi mereka. Adalah penting bahwa orang tua telah mengambil perawatan untuk memastikan bahwa partikel makanan tidak tertinggal di belakang karena mereka dapat menyebabkan kerusakan gigi. Bahkan jika anak itu sudah mampu membersihkan diri mereka sendiri, orang tua harus tetap terus melakukan pengawasan untuk memastikan mereka bekerja dengan baik.

3. Kunjungi dokter gigi secara teratur. Janji dokter gigi pediatrik sama pentingnya dengan janji orang dewasa. Hal ini membantu menegaskan bahwa kesehatan mulut penting bagi kesehatan secara keseluruhan dan memberikan waktu yang ideal untuk mempelajari tanda awal karies. Dokter gigi juga dapat memberikan strategi orang tua untuk merawat gigi anak mereka, serta tips tentang topik seperti ngemil dan cedera gigi.

4. Odol dengan fluorida. Jika anak Anda berusia dua tahun, mintalah mereka menggunakan pasta gigi fluorida. Menempel jumlah yang direkomendasikan kemasan dan biarkan fluorida menempel pada gigi Anda untuk lebih melindungi mereka. Dokter gigi dapat mulai menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk anak di bawah usia dua tahun, tetapi biasanya ada petunjuk yang lebih spesifik untuk hal ini.

5. Batasi asupan gula Anda. Jumlah gula dalam makanan dan minuman anak dikaitkan dengan peningkatan karies kasus. Ada banyak cara sederhana untuk mengurangi mereka. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang jenis diet anak Anda butuhkan, berbicara dengan dokter gigi Anda.

6. Perilaku yang baik, mengajar. Salah satu hal yang paling menonjol yang dapat dilakukan orang tua untuk kesehatan mulut anak mereka adalah untuk mengurus anak mereka sendiri. Seorang anak yang melihat bahwa orangtua mereka menghargai gigi mereka bahkan lebih dan memperkuat nilai mereka. Membuat perawatan lisan acara keluarga, dan membiarkan anak-anak melihat bahwa tidak seluruh keluarga pergi ke tempat tidur tanpa terlebih dahulu menyikat gigi mereka.

Karies dapat menyebabkan hari dan malam yang panjang dengan rasa sakit, kinerja sekolah yang buruk, dan bahkan masalah perilaku pada beberapa anak. Ikuti tips yang tercantum di atas dan bantu anak Anda menghindari infeksi, kehilangan gigi, dan bahkan rawat inap karena karies. Sekarang berbicara dengan dokter gigi pediatrik terkemuka di daerah Anda yang dapat memberikan Tips tambahan untuk mencegah karies pada anak.

0 comments:

Post a Comment