WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Alami Untuk Mengurangi Asam Urat Dalam Tubuh


Asam urat merupakan produk kotoran natural dari pencernaan makanan yang memiliki Purine.  Purin datang dalam konsentrasi tinggi dalam beberapa makanan, seperti:

  • Beberapa jenis daging
  • Sarden
  • Kacang kering
  • Bir


Purin juga terbentuk dan dihancurkan dalam tubuh Anda.

Biasanya tubuh Anda menyaring asam urat melalui ginjal dan urin Anda. Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak purin dalam diet Anda, atau jika tubuh Anda tidak dapat menyingkirkan produk sampingan ini cukup cepat, asam urat dapat membangun dalam darah Anda.

Baca Juga : Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business Dengan Mudah

Kadar asam urat tinggi disebut hyperuricemia. Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut gout, yang menyebabkan nyeri sendi mana kristal urin menumpuk. Hal ini juga dapat menyebabkan darah dan urin Anda menjadi terlalu asam.

Asam urat dapat menumpuk dalam tubuh Anda karena berbagai alasan. Beberapa alasan ini termasuk:


  • Makanan
  • Genetika
  • Obesitas atau kelebihan berat badan


Beberapa gangguan kesehatan juga dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi:


  • Penyakit ginjal
  • Diabetes
  • Hipotiroidisme
  • beberapa jenis kanker atau kemoterapi
  • Psoriasis


Baca terus untuk mengetahui bagaimana secara alami menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Membatasi makanan kaya purin


Anda dapat membatasi sumber asam urat dalam diet Anda. Makanan yang kaya akan purin termasuk beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat ketika dicerna.

Hindari atau kurangi konsumsi makanan seperti

  • Daging jerohan
  • Daging babi
  • Ikan dan makanan laut
  • Kerang
  • Ram
  • Daging sapi
  • Kembang kol
  • kacang polong
  • kacang kering
  • Jamur

Hindari gula

Produk manis


Sementara asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan protein tinggi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga mungkin menyebabkan kemungkinan. Di antara makanan yang gula ditambahkan ke, termasuk gula putih, sirup jagung, dan sirup jagung tinggi fruktosa.

Gula fruktosa adalah jenis utama gula sederhana dalam makanan olahan dan halus. Para peneliti telah menemukan bahwa jenis gula, khususnya, dapat menyebabkan tingkat tinggi asam urat.

Periksa label makanan untuk menambahkan gula. Mengkonsumsi lebih banyak makanan dan kurang halus, dikemas makanan juga dapat membantu Anda menghindari gula sambil memberikan diet sehat.

Minuman manis

Minuman manis, soda, dan bahkan jus buah segar terkonsentrasi dengan fruktosa dan gula yang mengandung glukosa.

Anda juga harus diingat bahwa sirup jagung tinggi fruktosa mengandung campuran fruktosa dan glukosa, biasanya dengan 55 persen fruktosa dan 42 persen glukosa. Ini adalah sekitar rasio 50 persen fruktosa untuk 50 glukosa persen dalam gula meja.

Fruktosa dari gula halus dalam jus atau makanan lain dicerna lebih cepat daripada gula dari makanan yang memiliki komposisi alami dan harus dipecah dalam tubuh. Penyerapan cepat gula halus menyebabkan kadar gula darah yang lebih tinggi, serta jumlah yang lebih tinggi dari asam urat.

Ganti minuman manis dengan air yang disaring dan koktail dengan kandungan serat yang tinggi.

Minum lebih banyak air

Minum banyak cairan membantu ginjal Anda flush asam urat lebih cepat. Selalu menjaga botol air dengan Anda. Mengatur alarm per jam yang akan mengingatkan Anda untuk minum beberapa SIPS.

Hindari alkohol

Minum alkohol dapat menyebabkan dehidrasi yang lebih parah. Hal ini juga dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi. Hal ini karena ginjal Anda harus terlebih dahulu menyaring produk yang terbentuk dalam darah karena alkohol, bukan asam urat dan limbah lainnya.

Beberapa jenis minuman beralkohol, seperti bir, juga memiliki kandungan purin yang tinggi.

Slim

Seiring dengan diet Anda, pound ekstra dapat meningkatkan kadar asam urat. Sel lemak menghasilkan lebih banyak asam urat daripada sel otot. Selain itu, membawa pound ekstra membuat sulit bagi ginjal untuk menghilangkan asam urat. Kehilangan berat badan terlalu cepat juga dapat mempengaruhi kadar asam urat.

Jika Anda kelebihan berat badan, yang terbaik adalah untuk menghindari Diet trendi dan Diet crash. Bicaralah dengan ahli gizi tentang diet sehat dan rencana penurunan berat badan yang dapat Anda menempel. Dokter Anda dapat merekomendasikan tujuan berat badan yang sehat untuk jenis tubuh Anda.

Menyeimbangkan tingkat insulin Anda

Periksa tingkat gula darah Anda ketika Anda mengunjungi dokter. Hal ini penting bahkan jika Anda tidak memiliki diabetes.

Orang dewasa dengan diabetes tipe 2 mungkin memiliki terlalu banyak insulin dalam aliran darah mereka. Hormon ini diperlukan untuk mengangkut gula dari darah Anda ke sel Anda, di mana ia dapat mengontrol fungsi tubuh. Namun, terlalu banyak insulin menyebabkan kelebihan asam urat dalam tubuh, serta berat badan.

Orang dengan kondisi yang disebut prediabetes mungkin juga memiliki kadar insulin yang tinggi dan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Dokter Anda juga harus memeriksa kadar insulin serum Anda jika Anda mencurigai resistensi insulin selain kadar gula darah Anda.

Tambahkan lebih banyak serat untuk diet Anda

Jika Anda makan lebih banyak serat, membantu tubuh Anda menyingkirkan asam urat. Serat juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin. Mereka juga cenderung meningkatkan kenyang, yang membantu mengurangi risiko makan berlebihan.

Tambahkan setidaknya 5 untuk 10 gram serat larut per hari dengan makanan penuh, seperti seluruh makanan menambahkan:


  • buah segar, beku atau kering
  • sayuran segar atau beku
  • Oat
  • Nutlets
  • Jelai


Menghilangkan stres

Stres, kebiasaan tidur yang buruk, dan latihan terlalu sedikit dapat meningkatkan peradangan. Peradangan dapat menyebabkan tingkat tinggi asam urat.

Berlatih teknik sadar seperti latihan pernapasan dan yoga untuk membantu Anda mengelola tingkat stres Anda. Ambil bagian dalam kursus atau gunakan aplikasi yang mengingatkan Anda untuk bernapas dan meregangkan beberapa kali sehari.

Praktek tidur yang baik, misalnya:

Hindari layar digital selama dua sampai tiga jam sebelum tidur
Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
Menghindari kafein setelah makan siang
Bicaralah dengan dokter atau dokter Anda jika Anda menderita insomnia atau kesulitan tidur.

Periksa obat-obatan dan suplemen

Beberapa obat dan suplemen juga dapat menyebabkan asam urat untuk terbentuk dalam darah. Ini termasuk:


  • Aspirin
  • Vitamin B-3 (niacin)
  • Diuretik
  • obat imunosupresif
  • obat kemoterapi

Jika Anda perlu mengambil salah satu obat ini dan Anda memiliki hyperuricemia, dokter Anda dapat menemukan alternatif yang baik dengan Anda.

Pendapatan

Diet, olahraga, dan perubahan gaya hidup sehat lainnya dapat meningkatkan gout dan penyakit lain yang disebabkan oleh kadar asam urat tinggi. Namun, Anda tidak dapat selalu mengganti perawatan medis yang diperlukan.

Ambil semua obat yang diresepkan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Kombinasi yang tepat dari diet, olahraga, dan obat-obatan dapat membantu menjaga gejala di bawah kontrol.

Mungkin tampak bahwa Anda perlu untuk menghindari banyak makanan untuk menurunkan kadar asam urat Anda. Cara terbaik untuk membatasi makanan ini adalah untuk membuat rencana makan mingguan. Bicaralah dengan ahli diet atau ahli gizi Anda untuk mendapatkan bantuan dalam membuat rencana makan yang paling tepat untuk Anda.

Dalam daftar belanja Anda, membuat daftar makanan Anda harus makan, bukan makanan Anda tidak bisa makan. Tetap berpegang pada daftar ketika Anda berbelanja. Anda juga dapat bergabung dengan kelompok dukungan online untuk orang dengan penyakit yang berhubungan dengan asam urat untuk mendapatkan lebih banyak ide tentang cara memasak makanan terbaik untuk diri sendiri.



0 comments:

Post a Comment