WHAT'S NEW?
Loading...

Pengobatan dan Pencegahan Gout

Pengobatan dan Pencegahan Gout

Apakah gout itu?

Gout disebabkan oleh kelimpahan asam urat dalam tubuh Anda. Kelebihan ini mungkin karena fakta bahwa tubuh menghasilkan terlalu banyak asam. Istilah "gout " secara luas digunakan untuk menggambarkan spektrum penyakit ini dari akut ke kronis.

Orang yang menderita gout biasanya menderita gejala yang mempengaruhi kaki, seperti pembengkakan, nyeri, dan kemerahan, terutama di sendi belakang jempol kaki. Gout akut menyebabkan kejang sporadis dan dapat mempengaruhi hampir semua sendi utama tungkai, dengan sendi kecil tangan dan kaki yang paling sering terpengaruh.

Pada gout kronis, pembengkakan parah yang disebut Tophi dapat terbentuk pada sendi. Tophi ini terdiri dari asam urat dan dapat menjadi sangat besar, sampai ke titik menerobos kulit.

Orang yang menderita asam urat biasanya menjalani satu atau lebih dari perawatan berikut untuk mengelola kondisi mereka.

Metode pengobatan gout secara tradisional

Pengobatan gout bertujuan untuk mengurangi baik rasa sakit dan peradangan kejang individu, atau frekuensi kejang. Perawatan tradisional meliputi perubahan pola makan dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Perubahan pola makan

Penyesuaian nutrisi adalah salah satu cara terpenting untuk mengurangi jumlah serangan gout akut. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mengurangi tingkat asam urat dalam darah.

Perubahan pola makan berikut ini dapat mengurangi gejala gout:

  • Kurangi atau Hilangkan alkohol, terutama bir.
  • Minum banyak air atau minuman ringan lainnya.
  • Makan lebih rendah lemak atau rendah lemak produk susu.
  • Hindari makanan kemurnian tinggi, termasuk jeroan (ginjal, hati, dan Veal Brie) dan ikan berminyak (sarden, teri, dan ikan haring).
  • Batasi daging yang mendukung protein nabati seperti kacang dan polong-polongan.
  • Makan karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, buah-buahan dan sayuran, daripada permen manis dan karbohidrat olahan seperti roti putih.

Penanganan Medis

Berikut ini adalah gambaran singkat dari berbagai kelas obat yang digunakan untuk mengobati gout:


  • Obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS), kortikosteroid, dan Colchisin mengurangi rasa sakit dan peradangan yang berhubungan dengan serangan gout akut.
  • Inhibitor xanthine oksidase, seperti Allopurinol, mengurangi jumlah asam urat yang dihasilkan oleh tubuh.
  • Probenesid meningkatkan kemampuan ginjal untuk menghilangkan asam urat dari darah.


Obat gout

Selama serangan gout akut, prioritas utama dari pengobatan adalah untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Ada tiga kategori obat yang digunakan untuk ini: NSAID dan kortikosteroid Kolkisin. Dua jenis obat lain diambil setiap hari untuk mencegah serangan gout masa depan: inhibitor xanthine oksidase dan probenesid.

NSAID 

Obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS) mengurangi rasa sakit dan peradangan. Banyak NSAID tersedia over-the-counter dalam dosis rendah dan over-the-counter dalam dosis yang lebih tinggi. Mereka dapat menyebabkan efek samping pencernaan seperti mual, diare, dan ulkus lambung. Dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau hati.

NSAID umumnya digunakan untuk gout termasuk
  • Aspirin (Pufferin)
  • celecoxib (Celebrex)
  • Ibuprofen (Advil)
  • Indomethacin (Indocin)
  • Ketoprofen
  • Naproxen (Aleve)

Colchicine

Colchicine (Colcrys) adalah obat yang terutama digunakan untuk mengobati gout. Ini mencegah pembentukan kristal asam urat dalam tubuh. Jika diambil segera setelah onset gejala gout akut, secara efektif dapat mencegah rasa sakit dan pembengkakan. Terkadang hal ini juga diresepkan untuk penggunaan sehari-hari untuk mencegah serangan di masa depan.

Namun, kolkisin juga menyebabkan efek samping seperti mual, muntah dan diare. Hal ini biasanya diresepkan untuk orang yang tidak dapat mengambil NSAID.

Kortikosteroid

Kortikosteroid sangat efektif dalam mengurangi peradangan. Mereka dapat diambil secara lisan atau disuntikkan intravena langsung ke sendi yang terkena. Mereka memiliki efek samping yang serius ketika diambil selama jangka waktu yang panjang:


  • Diabetes
  • Osteoporosis
  • tekanan darah meningkat
  • Katarak
  • peningkatan risiko infeksi
  • Keropos tulang (Avascular necrosis), terutama pada sendi pinggul dan bahu

Untuk alasan ini, mereka biasanya hanya digunakan oleh orang yang tidak dapat mengambil NSAID atau Colchicin. Kortikosteroid yang digunakan untuk gout termasuk


  • Deksametason (DexPak)
  • Methylprednisolone (Medrol)
  • Prednisone (Omnipred)
  • Prednisone (Rayos)
  • Triamcinolone (Aristo span)

Xanthine oksidase inhibitor



Xanthine oksidase inhibitor mengurangi jumlah asam urat yang dihasilkan oleh tubuh.

Namun, obat ini dapat menyebabkan serangan gout akut pada awal administrasi. Mereka juga dapat memperburuk serangan akut jika diambil selama serangan. Untuk alasan ini, orang dengan gout sering diresepkan pengobatan singkat colchicine pada awal mengambil xanthine oksidase inhibitor.

Efek samping dari obat ini termasuk ruam dan mual.

Ada dua inhibitor xanthine oksidase utama yang digunakan untuk gout:


  • Allopurinol (Lopurin, Zyloprim)
  • febuxostat (Ulorid)

Probenesid

Probenesid (Probalan) adalah obat yang membantu ginjal lebih efektif menghilangkan asam urat dari darah. Efek samping termasuk ruam, sakit perut, dan batu ginjal.

Pengobatan alternatif untuk gout

Pengobatan alternatif untuk gout bertujuan baik untuk menghilangkan rasa sakit selama kejang, atau mengurangi kadar asam urat dan mungkin mencegah kejang. Seperti banyak pengobatan alternatif untuk setiap penyakit atau penderitaan, pendapat sering dibagi tentang seberapa baik perawatan tersebut bekerja. Penelitian sering minimal dibandingkan dengan perawatan medis tradisional untuk gout.

Namun, banyak orang telah berhasil dalam mengobati banyak penyakit dan kondisi, termasuk gout, dengan pengobatan alternatif. Sebelum mencoba pengobatan gout alternatif, Anda harus selalu berbicara dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa metode yang aman dan cocok untuk Anda.

Makanan, herbal dan suplemen

Berikut ini menunjukkan setidaknya beberapa janji gout.

Kopi. Menurut Mayo Clinic, ada bukti bahwa minum jumlah yang moderat kopi sehari dapat mengurangi risiko gout.

Antioksidan adalah buah-buahan yang kaya. Buah berwarna gelap seperti Blackberry, blueberry, anggur, raspberries, dan ceri terutama dapat membantu menjaga asam urat terkendali.

Vitamin C. memakan jumlah vitamin C yang moderat juga dikaitkan dengan kadar asam urat. Namun, dosis yang sangat tinggi vitamin sebenarnya dapat meningkatkan kadar asam urat.

Suplemen diet lainnya. Ada juga suplemen herbal yang secara efektif dapat mengurangi peradangan, termasuk devil's cakar, Bromelain, dan kunyit. Meskipun mereka belum secara khusus dipelajari untuk gout, mereka dapat membantu dengan pembengkakan dan rasa sakit yang terkait dengan serangan.

Akupunktur

Dalam teknik ini, yang merupakan bentuk pengobatan tradisional Cina, jarum sangat tipis ditempatkan pada titik pada tubuh. Telah terbukti efektif dalam mengobati berbagai jenis nyeri kronis. Belum ada penelitian tentang akupunktur dan gout, tetapi sifat analgesik mereka yang menjanjikan.

Kompres panas dan dingin

Beralih antara kompres panas tiga menit dan kompres dingin 30 detik di area yang terkena dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi saat serangan gout.
Pencegahan gout
Pada kebanyakan orang, serangan akut pertama gout terjadi tanpa peringatan, dan tidak ada gejala lain dari kandungan asam urat tinggi. Upaya pencegahan gout berfokus pada pencegahan serangan gout masa depan atau mengurangi keparahan mereka.

Obat
Baik inhibitor xanthine oksidase dan probenesid mencegah serangan gout dengan mengurangi jumlah asam urat dalam darah. Dokter mungkin juga meresepkan NSAID atau Colchicin yang akan diambil setiap hari untuk membuat serangan masa depan kurang menyakitkan.

Perubahan dalam diet
Selain itu, pemantauan yang cermat terhadap diet dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Dokter dan ahli gizi Anda dapat membantu Anda membuat rencana khusus, tetapi berikut adalah beberapa perubahan yang paling umum untuk membuat:

Minum lebih banyak air dan cairan non-alkohol lainnya.
Minum alkohol lebih sedikit, terutama bir.
Makan lebih sedikit daging.
Batasi daging dan makanan laut dengan kemurnian tinggi.
Batasi gula ditambahkan dan minuman berkarbonasi.
Meningkatkan asupan buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Beberapa jenis encok gout digambarkan sebagai sumber arthritis akrab dan oleh karena itu dapat direkomendasikan untuk mengambil keuntungan dari perubahan diet yang sama seperti untuk pasien dengan arthritis, seperti penolakan produk gluten, tepung dan susu.

Menjaga berat badan yang sehat
Selain itu, perubahan pola makan juga dapat memiliki tujuan mengurangi berat badan. Obesitas adalah faktor risiko untuk gout. Menjaga berat badan yang sehat dengan diet seimbang dan olahraga teratur dapat membantu mencegah serangan gout.

0 comments:

Post a Comment