WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Macam-macam Penyakit Pada Telinga | Bloggout

Macam-macam-Penyakit-Pada-Telinga

[ 14/03/2020 09:10:58 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Macam-macam Penyakit Pada Telinga" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:10:58, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Macam-macam Penyakit Pada Telinga:

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Macam-macam Penyakit Pada Telinga" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Macam-macam Penyakit Pada Tulang

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam penyakit pada telinga. Artikel lainnya artikel mengenai Tips membersihkan telinga yang aman.

Otitis media ialah penyakit yang mengakibatkan telinga bagian tengah mengalami peradangan. Penyakit ini biasanya dikarenakan oleh adanya infeksi disaluran pernapasan seperti di tenggorokan. Virus dan bakteri faktor infeksi tersebut akan menyebar dan melewati saluran eustachius. Sehingga hal ini akan mengakibatkan gangguan berupa peradangan, pembengkakan saluran hingga gangguan pendengaran.

Otitis media

Penyakit pada telinga berikutnya ialah labirinitits. Faktor utama dari penyakit ini ialah gegar otak, alergi dan juga infeksi. Beberapa gejala yang mungkin ditimbulkan akibat penyakit ini ialah vertigo, mual, muntah, pendengaran berjurang dan juga telinga berdengung.

Labirintitis

Perikondritis sebetulnya hampir sama dengan othematoma yaitu penyakit talinga yang menyerang tulang rawan telinga. Namun yang membedakan ialah othematoma dikarenakan oleh genetis sedangkan perikondritis dikarenakan oleh adanya infeksi. Infeksi tersebut dapat dikarenakan karena bisul yang pecah di telinga, luka maupun gigitan serangga. Penyakit ini biasanya disertai dengan keluarnya nanah dan juga pendarahan di telinga penderita.

Perikondritis

Penyakit pada telinga berikutnya ialah meniere. Meniere merupakan penyakit pada telinnga yang menyerang bagian dalam alat indera ini. Hal ini terjadi karena kantung endolimfatikus mengalami pembengkakan akibat penumpukan cairan yang ada di dalam telinga. Gejala awal yang perlu Anda waspadai ialah tinnitus atau telinga berdengung, gangguan pendengaran serta kepala terasa pusing. Biasanya penyakit ini hanya menyerang satu telinga saja, walau tidak menutup kemungkinan jika ke-2 telinga juga dapat terserang meniere.

Meniere

Yang ke-2 ialah neuroma akustikus, ini ialah penyakit tumor yang menyerang sarap penghubung telinga dengan otak. Gejala awal seseorang yang mengalami penyakit neuroma akustikus ialah gangguan pendengaran, telinga berdengung dan juga hilangnya keseimbangan karena penyakit ini juga menyerang otak.

Neuroma akustikus

Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit bunga kol, penyakit ini dikarenakan oleh kelainan genetis. Penderita penyakit othematoma tidak memiliki aurikel dan kanal auditori sejak lahir. Penyakit pada telinga yang satu ini ditandai dengan adanya gangguan tulang rawan pada daun telinga dan biasanya disertai pendarahan. Akibat munculnya jaringan yang berlebih pada daun telinga, othematoma mengakibatkan bentuk telinga penderita ikut mengalami perubahan.

Othematoma

Beberapa penyakit pada telinga

Telinga merupakan salah satu indera manusia yang sangat sensitif dan mudah terserang oleh penyakit. Oleh karena itu sangat penting mengetahui cara membersihkan telinga dan juga macam-macam penyakit pada telinga. Hal ini berguna saat terserang salah satu penyakit telinga, Anda dapat memberikan pertolongan pertama pada telinga, sehingga rasa sakit yang dirasakan tidak berkelanjutan. Beberapa penyakit yang menyerang telinga dapat mengakibatkan ketulian beberapa bahkan ketulian total atau permanen. Berikut ialah macam-macam penyakit pada telinga yang wajib Anda ketahui.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini