WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi | Bloggout

Penyebab-dan-Cara-Mengatasi-Kolik-Pada-Bayi

[ 14/03/2020 09:11:44 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:11:44, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi:

Inilah cara mengatasi kolik paling mujarab

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Demikianlah ulasan mengenai faktor dan cara mengatasi kolik pada bayi. Artikel lainnya artikel mengenai Penyebab dan cara mengatasi penyakit kuning pada bayi.

Jika ingin memberikan obat-obatan tertentu pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Sehingga penanganan tersebut dapat membuat bayi lebih baik.

Berikan obat

Memandikan bayi dengan air hangat juga bisa membantunya buat mengatasi kolik. Air hangat dapat membuat bayi lebih nyaman dan juga rileks.

Memandikan bayi

Jika Anda berada di dalam ruangan, tak ada salahnya buat membawa bayi Anda buat berjalan-jalan. Pemandangan sekitar, bau dan nada dapat mengalihkan perhatian si kecil. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan karena tidak bagus buat bayi.

Mencoba keadaan baru

Memijat atau menggosok perut bayi dengan lembut juga bisa membantu buat mengeluarkan gas yang ada di dalam perut bayi. Caranya, letakkan bayi di lutut yang sudah diberikan alas. Letakkan bayi dengan posisi perut berada di bawah dan Anda bisa memijat punggungnya dengan lembut.

Memijat bayi

Ketika bayi menangis pastikan Anda tidak memberikannya makanan. Berikan makan atau susu pada bayi sebelum ia kelaparan dan menangis. Karena memberikan makanan saat bayi menangis dapat mengakibatkan udara masuk ke dalam perut bayi. Ketika minum susu, Anda bisa mematikan lampu kamar dan menyetel musik klasik buat bayi agar ia lebih tenang.

Jangan memberikan makanan saat bayi menangis

Bersendawa ialah salah satu cara terbaik buat mengatasi kolik pada bayi. Hal ini dikarenakan sendawa bisa membantu mengeluarkan udara dalam perut bayi. Cara paling mudah buat membuat bayi bersendawa ialah merubah posisi saat bayi minum susu.

Membuat bayi bersendawa

Cara mengatasi kolik berikutnya ialah dengan cara memberikan susu botol dengan posisi tegak. Jika si kecil minum susu formula Anda bisa memegang bayi Anda lebih tegak sepanjang menyusui agar susu formula atau Air susu ibu dapat lancar masuk ke dalam perut bayi. Jika bayi memiliki kebiasaan meringkuk atau membungkuk dapat mengakibatkan udara masuk ke dalam perut dan bercampur makanan.

Memberikan susu botol dengan posisi tegak

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, salah satu faktor kolik ialah alergi dengan protein susu sapi. Jika si kecil menyusu pada Anda sebaiknya hindarilah makanan tersebut. Sebab saat ia alergi terhadap susu sapi, maka Air susu ibu yang ia konsumsi tentu saja mengandung protein susu sapi. Hal inilah yang pada akhirnya akan mengakibatkan kolik. Sedangan seorang bayi yang tidak memperoleh Air susu ibu, Anda dapat memberikan susu formula lainnya seperti susu kedelai.

Hindari makanan yang mengandung susu sapi

Cara mengatasi kolik pada bayi berikutnya ialah dengan cara memberikan probiotik. Sebuah studi menyatakan bahwa memberikan probiotik pada bayi yang mengalami kolik, hal ini cukup efektif buat mengurangi gejala kolik. Akan tetapi pemberian probiotik harus sesuai dengan saran dokter, oleh sebab itu jika Anda ingin memberikan probiotik sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu.

Berikan probiotik

Jika bayi tidak minum Air susu ibu, maka hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memperhatikan botol susu yang ia gunakan. Perhatikan lubang pada empeng, sebab kalau lubang empeng kecil susu yang terhisap hanya sedikit dan justru bayi akan menelan udara yang berlebih. Dan jika udara tersebut masuk tentu saja hal ini dapat mengakibatkan perut bayi kembung.

Perhatikan botol susu

Cara yang pertama ialah dengan menyusui bayi. Pastikan Anda menyusui bayi dengan posisi yang benar. Karena saat menyusui dengan cara yang salah, selain Air susu ibu yang masuk kurang, hal ini memungkinkan bayi akan menelan udara yang berlebihan. Tak hanya itu saja, lamanya menyusui juga harus diperhatikan. Jika bayi menyusu hanya sebentar, sama saja bayi meminum susu awal yang mengandung laktosa. Padahal laktosa yang berlebih dapat mengakibatkan gangguan penyerapan laktosa sehingga hal ini mengakibatkan perut bayi semakin nyeri.

Berikan Air susu ibu

Hingga saat ini faktor kolik belum diketahui secara pasti, akan tetapi beberapa ahli menyatakan bahwa faktornya ialah sistem pencernaan yang belum sempurna, alergi protein susu sapi, rendahnya aktivitas laktase serta keadaan refluks. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ialah cara megatasi kolik pada bayi.

biasanya seorang bayi menangis ialah hal wajar saat ia merasa lapar, tak nyaman, takut dan masih banyak lagi faktor bayi menangis, salah satunya yaitu kolik. Kolik biasanya terjadi pada bayi berumur 5 bulan ke bawah. Lantas apa itu kolik? Kolik merupakan nyeri perut hebat pada bayi yang mengakibatkan si kecil menangis secara terus menerus. Jika hal ini tidak segera diatasi tentu saja dapat menyiksa bayi. Beberapa tanda jika bayi mengalami kolik ialah menangis terus-menerus, perutnya mengeras, tangan bayi mengepal, kening mengerut serta wajahnya agak kemerahan.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini