WHAT'S NEW?
Loading...

Letnan Anderson Tawanan Perang: Perawat dan Dokter Indonesia Ramah Sekali| Bloggout

Medianers ~ Letnan Bruce Anderson, tentara Sekutu asal Australia merupakan tawanan perang tentara pejuang kemerdekaan Indonesia dalam masa penjajahan (1932-1947). Anderson bersama anak buahnya terperangkap di wilayah perbatasan Kota Surabaya. Hanya Anderson yg selamat dan jadi tawanan perang, lalu dirawat oleh Perawat Indonesia.

Kisah Letnan Anderson ini pernah diterbitkan oleh nationalgeographic.co.id  (2014) yang bersumber dari buku otobiografi Muriel Stuart Walker, berjudulRevolt in Paradise, yang terbit pertama kali di New York pada 1960. Muriel Stuart Walker yang mencintai Indonesia dan mendukung kemerdekaan republik Indonesia juga memiliki nama asli nusantara, yaitu  K'tut Tantri. Bukunya juga dialih bahasakan dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dengan judul Revolusi di Nusa Damai pada 1982 dan 2006.

Pada ketika penyergapan oleh gerlyawan Indonesia, nyaris seluruh anak buah Anderson terbunuh, & hanya Anderson yg berhasil lolos dari kepungan. Tetapi, dia berhasil ditemukan balik , lalu jadi tawanan perang & diobati serta dirawat luka yg ada ditubuhnya di tempat tinggal sakit di Mojokerto oleh tim Dokter & Perawat.

Anderson, selama jadi tawanan perang terkesan akan Dokter dan Perawat Indonesia, dia mengaku pada buku Muriel Stuart Walker, bahwa, ?Belum pernah aku diperlakukan sebaik di loka ini! Para Dokter & Perawat di sini ramah sekali.?

Bahkan Anderson mendapatkan pengalaman menarik selama dirawat oleh Perawat Indonesia dimasa zaman penjajahan, ”perawat-perawat yang manis-manis dan pandai berbahasa Inggris biasa masuk kemari dan mengajakku mengobrol,” tambahnya.(AW)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini